Film Pernikahan Dini 1987 Diadaptasi Jadi Serial Disney+

Pernikahan Dini menjadi serial Indonesia terbaru yang mengusung genre drama remaja.

Film Pernikahan Dini 1987 Diadaptasi Jadi Serial Disney+
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Pernikahan Dini menjadi serial Indonesia terbaru yang mengusung genre drama remaja. Serial ini diadaptasi dari film berjudul sama dengan cerita legendaris yang dibintangi Gladys Soewandhi dan dirilis pada 1987.

Benni Setiawan mengungkapkan adaptasi ini memiliki perbedaan yang cukup kontras dibandingkan versi film. Sutradara itu bahkan menyebut kesamaan Pernikahan Dini versi serial dengan versi film hanya terdapat pada premis dan karakter Dini.

Ia kemudian menjelaskan sebagian besar perbedaan itu berkaitan dengan penokohan, konflik, hingga adanya media sosial sebagai bagian dari perubahan zaman.

"Premis dari serial ini tetap sama dengan yang lama, yaitu tentang seorang gadis yang menikah di usia dini. Namun, tokoh dan problematika [berbeda]," ujar Benni dalam konferensi pers Pernikahan Dini di Jakarta Pusat, Kamis (21/9).

"Tentunya juga diadaptasi dengan cara kekinian, seperti ketika sosial media juga ikut berperan penting dalam hal-hal seperti edukasi seks bebas," lanjutnya.

Manoj Punjabi selaku produser pun mengungkapkan hal serupa. Ia juga menjelaskan cerita Pernikahan Dini yang diadaptasi itu termasuk Intellectual Property (IP) populer dan ikonis.

[Gambas:Video CNN]

IP tersebut hingga kini telah diadaptasi menjadi berbagai versi, mulai dari film rilisan 1987 hingga sinetron rilisan 2001 yang dibintangi oleh Agnes Monica serta Sahrul Gunawan.

Manoj Punjabi melalui MD Entertainment lalu menggarap cerita itu menjadi serial yang akan terdiri dari 10 episdoe. Ia mengatakan proyek Pernikahan Dini semula sempat disiapkan untuk diproduksi sebagai film, tetapi berujung digarap dalam format serial.

"Saya merasa [Pernikahan Dini] punya cerita sangat relatable. Ini juga IP yang sangat lama dan pernah di layar lebar era 1980-an, pernah digarap film, pernah digarap serial [sinetron]," ujar Manoj.

"Kami sempat ada pilihan film layar lebar atau menjadi serial. Kami putuskan untuk serial dengan pemeran dan sutradara yang pas," lanjutnya.

Pernikahan Dini menampilkan Megan Domani sebagai Dini, sang karakter utama. Serial tersebut mengisahkan kehidupan Dini yang dikenal tekun dan aktif di sekolah, serta orang tua serba mapan dan penuh perhatian.

Kehidupan Dini berubah drastis ketika mendapati dirinya hamil setelah pergi ke sebuah pesta. Insiden itu dengan cepat mengubah nasib Dini sekaligus mengancam masa depannya.

Ia harus berhadapan dengan amarah dan kekecewaan orang tua yang selama ini menaruh perhatian penuh terhadap dirinya. Dini juga berada di tengah-tengah Vincent (Randy Martin) dan Rayi (Giulio Parengkuan), dua siswa yang mengaku bertanggung jawab atas kehamilan tersebut.

Selain ketiga pemeran utama itu, serial ini turut dibintangi Rianti Cartwright, Ferdy Tahier, Renaga Tahier, Ratu Rafa, Christie Arranda, hingga Jessica Shaina.

Pernikahan Dini tayang setiap Sabtu mulai 23 September di Disney+ Hotstar.

(frl/end)