8 Film Netflix tentang Pesawat Jatuh, Diadaptasi dari Kisah Nyata, Salah Satunya dari Indonesia

Rekomendasi film Netflix tentang pesawat jatuh yang diadapatasi dari kisah nyata, salah satunya saat pesawat Lion Air jatuh.

TEMPO.CO, Jakarta - Platform streaming online Netflix memiliki banyak koleksi film dari berbagai genre untuk menghibur para penggunanya. Salah satu film yang dapat memberikan cerita dan atmosfer menegangkan adalah tentang pesawat jatuh. Bahkan, beberapa film Netflix ini adalah film dokumenter dari kejadian kecelakaan pesawat di dunia nyata.

Berikut beberapa rekomendasi film Netflix mengenai pesawat jatuh yang bisa Anda tonton. 

1. Alive (1993)

Film Netflix tentang pesawat jatuh yang pertama adalah Alive. Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang kecelakaan pesawat yang ditumpangi pemain rugby Uruguay. Pada 13 Oktober 1972, sebuah pesawat mengalami kecelakaan di Pegunungan Andes yang menelan korban jiwa sebanyak 29 orang. Meski begitu, 16 orang lainnya berhasil selamat dan harus bertahan hidup di keadaan yang sulit.

2. Flight (2012)

imagePoster film Flight. Foto: Netflix.
Flight adalah film Netflix yang bercerita tentang pilot berpengalaman bernama Whip Whitaker yang bekerja di sebuah maskapai penerbangan. Dengan kemampuan dan pengalamannya, Whip berhasil mendaratkan darurat yang hampir jatuh karena mengalami bencana di udara. Dengan demikian, Whip juga menyelamatkan hampir semua penumpangnya. Namun setelah ditelusuri lebih dalam, Whip ternyata adalah seorang pecandu alkohol dan nikotin. Akibatnya dia terancam mendapatkan hukuman penjara. 

3. Cast Away (2000)

Cast Away merupakan film yang menceritakan tentang peristiwa setelah pesawat jatuh. Chuck Noland harus terdampar di pulau terpencil karena pesawat yang ditumpanginya jatuh di perairan Laut Pasifik. Akibatnya dia harus bertahan hidup seadanya sambil menunggu bantuan datang. 

4. Sully (2016)

imagePoster film Sully. Foto: Netflix.
Sully menceritakan tentang pilot bernama Chesley ‘Sully’ Sullenberger yang harus mendaratkan pesawat secara darurat. Namun, alih-alih mendaratkan pesawatnya di tanah lapang, Sully justru mendaratkan pesawatnya di Sungai Hudson. Hal ini terjadi karena mesin pesawatnya yang tiba-tiba dirusak oleh kawanan burung. Uniknya, film ini diadaptasi dari kisah nyata pada 2009 silam di New York.

5. Aftermath (2017)

Aftermath menjadi film Netflix tentang pesawat jatuh yang diangkat dari kisah nyata selanjutnya. Film ini  bercerita tentang laki-laki bernama Roman yang ingin balas dendam atas kematian anak dan istrinya dalam kecelakaan pesawat kargo karena kesalahan seseorang. Untuk menjalankan misinya tersebut, Roman pun melakukan berbagai penyelidikan sendiri.

6. Downfall: The Cast Against Boeing (2022)

imagePoster film Downfall: The Cast Against Boeing. Foto: Netflix.

Downfall: The Cast Against Boeing adalah film Netflix tentang pesawat jatuh dalam bentuk dokumenter. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada Oktober 2018 lalu dan Ethiopian Airliner ET-302 pada Maret 2019 . Film ini mencoba mengungkap apa yang terjadi di balik kecelakaan tersebut dengan menampilkan informasi yang belum diketahui publik.

7. MH370: The Plane That Disappeared (2023)

Film Netflix tentang pesawat jatuh yang selanjutnya adalah MH370: The Plane That Disappeared. Film dokumenter ini menceritakan misteri di balik hilangnya pesawat MH370 yang berangkat dari Malaysia menuju China. Menggali salah satu misteri modern terbesar, film ini akan mendalami tiga teori paling kontroversial tentang jatuhnya pesawat yang mengangkut 239 penumpang tersebut.

VIVIA AGARTHA F | RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Daftar Film dan Serial Terbaru Netflix Maret 2023, Ada Dokumenter Tragedi Pesawat MH370

 Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.