Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Malaysia, Terbaru Siksa Neraka

Film Siksa Neraka dilarang tayang di Malaysia dan Brunei

Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Malaysia, Terbaru Siksa Neraka

Film Siksa Neraka sempat direncanakan tayang di Malaysia dan Brunei Darussalam setelah kesuksesannya meraup lebih dari 2 juta penonton di Tanah Air. Sayangnya, rencana tersebut urung terwujud.

Pasalnya, alih-alih menarik minat seperti di Indonesia, film garapan Anggy Umbara tersebut justru dilarang tayang di negeri tetangga.

Siksa Neraka bukan satu-satunya film Indonesia yang mengalami pencekalan di Negeri Jiran. Berikut daftar film Indonesia yang pernah dilarang tayang di Malaysia.

1. Rumah Dara (2009)

Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Malaysia, Terbaru Siksa Nerakafilm Indonesia yang dilarang tayang di Malaysia (Dok. IMDb)

Rumah Dara (2009) menjadi salah satu film Indonesia yang dicekal di Malaysia. Alasannya, karena film yang dibintangi oleh Shareefa Danish dan Julie Estelle ini dianggap bertentangan dengan sensor film Malaysia. 

Padahal sebelumnya, Rumah Dara sudah lebih dulu diputar di Singapura, Amerika Utara, dan Korea, lho. Digarap oleh Kimo Stamboel, film genre horor ini menceritakan sekelompok pemuda yang terjebak di rumah pembunuh misterius bernama Dara.

2. The Raid 2: Berandal (2014)

Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Malaysia, Terbaru Siksa Nerakafilm Indonesia yang dilarang tayang di Malaysia (Dok. Wikipedia)

Meski berhasil meraih kesuksesan di pasar Amerika, The Raid 2: Berandal (2014) nyatanya juga mengalami pencekalan di Malaysia. Film yang dibintangi oleh Iko Uwais ini sempat akan dirilis di bioskop Malaysia pada 27 Maret 2014.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Namun hal itu urung terwujud, karena pemerintah Malaysia melarang penayangan sekuel The Raid (2011) tersebut. Meski tak diketahui secara pasti soal penyebabnya, tetapi penggemar menebak, saratnya adegan kekerasan menjadi salah satu pemicunya.

Film The Raid 2: Berandal mengisahkan tentang balas dendam Iko Uwais sebagai Rama terhadap Bejo (Alex Abbad) yang telah membunuh kakaknya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan New Normal, Film Korea Antologi Thriller

3. Siksa Neraka (2023)

Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Malaysia, Terbaru Siksa Nerakafilm Indonesia yang dilarang tayang di Malaysia (Instagram.com/antennaentertainments)

Terkini, ada film Siksa Neraka yang baru mengalami pencekalan di Malaysia. Hal ini diketahui dari unggahan Instagram Antenna Entertainment, platform distribusi yang diketahui kerap menayangkan film-film Indonesia ke Malaysia dan Brunei Darussalam.

Akun tersebut mengumumkan secara singkat perihal dilarangnya penayangan Siksa Neraka di Malaysia dan Brunei Darussalam, tanpa menyertakan alasannya.

"Kepada yang menunggu - Siksa Neraka dilarang tayang di Malaysia & Brunei," begitu bunyi caption Antenna Entertainment untuk poster Siksa Neraka dengan tulisan 'Banned' yang diunggah pada Senin (8/1/2024). Sementara di sisi lain, pihak Dee Company selaku rumah produksi film Siksa Neraka belum menyampaikan pernyataan resmi.

Sontak, hal ini langsung menjadi perbincangan hangat. Sejumlah netizen menduga gambaran neraka dan berbagai penyiksaan di film menjadi salah satu alasan di balik pelarangan yang terjadi.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Film Siksa Neraka, Ngerinya Bikin Tobat!