Film Indonesia dari Timur Menceritakan Kisah Nyata Sepak Bola Papua

Indonesia dari Timur bawa sinopsis menarik. Indonesia dari Timur ialah film karya terbaru Ari Sihasale tentang kisah nyata atlet asal Papua.

Film Indonesia dari Timur Menceritakan Kisah Nyata Sepak Bola Papua
image

Indonesia dari Timur mengangkat sinopsis tentang dunia sepak bola. Dalam film terbaru ini, penonton akan menyaksikan perjuangan para atlet. Kisah dalam film Indonesia ini menggambarkan karakter masyarakat Indonesia bagian Timur dalam mencapai tujuan.

Baca juga: Sinopsis Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, Berkisah Mitologi Jawa

Alenia Pictures bekerjasama dengan Bhinneka Multi Media dalam mengadaptasi kisah nyata yang berasal dari Papua ke dalam sebuah film. Terdorong niat untuk menghadirkan semangat persatuan, pilihan jatuh pada narasi film yang terinspirasi dari perjalanan tim sepak bola putri dan putra Papua yang meraih kemenangan. Yaitu, sebagai juara dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

Film Indonesia dari Timur dan Sinopsisnya

Mengambil inspirasi dari peristiwa nyata, Indonesia dari Timur menggambarkan semangat dan solidaritas bangsa melalui dunia sepak bola. Cerita film ini mengikuti perjalanan Edu, seorang pilot senior yang melayani rute perintis di Papua. 

Suatu hari, Simon, pemilik perusahaan penerbangan, memberikan tugas pada Edu untuk membentuk sebuah tim sepak bola. Tim ini akan melakukan persiapan demi kompetisi prestisius sebagai bagian dari perjalanan mereka.

Awalnya, Edu enggan menerima tanggung jawab tersebut. Meski demikian, akhirnya ia menyetujui permintaan itu dengan syarat tertentu. Simon menjanjikan Edu kesempatan untuk memimpin anak perusahaan yang akan ia bentuk. 

Namun, sebelum posisi tersebut resmi diberikan, Edu harus berhasil mendirikan sebuah klub sepak bola remaja yang mendapat sponsor perusahaan milik Simon.

Mereka juga berkeinginan untuk menemukan dan membimbing bakat-bakat muda Papua yang belum mendapat pendampingan. Anak perusahaan Simon miliki bertekad untuk meningkatkan prestasi tim sepak bola tersebut. Bahkan, menjadikannya sebagai satu-satunya entitas yang mampu menjaga dan memelihara simbol harga diri masyarakat Papua.

Sayangnya, upaya yang Edu lakukan menghadapi hambatan ketika pemain-pemain tim sepak bola yang Coach John asuh merasa kecewa. Hadiah yang dijanjikan dari kemenangan turnamen sebelumnya tidak kunjung sponsor berikan. Bahkan, setelah turnamen selesai. Kekecewaan ini menjadi penyebab para pemain memutuskan untuk pergi ke arah yang belum pasti.

Informasi Film

Film Indonesia dari Timur merupakan produksi Alenia Pictures dan bekerja sama dengan Bhinneka Multi Media. Karya ini adalah hasil kolaborasi dari dua sineas Indonesia, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Sihasale.

Baca juga: Mendung Tanpo Udan Mengisahkan Lika Liku Cinta Erick Estrada

Mengutip dari akun Instagram Alenia, @alenia259, film tersebut telah menggelar penayangan perdana pada Sabtu, 9 Desember 2023, di XXI Epicentrum, Karet Kuningan, Jakarta. Meskipun begitu, informasi mengenai tanggal resmi penayangan seluruh bioskop belum ada pengumuman.

Video resmi trailer film Indonesia dari Timur telah meluncur melalui saluran YouTube Alenia Pictures pada tanggal 4 Desember 2023.

Film terbaru ini menghadirkan sebuah karya yang menarik untuk para pecinta film nasional dan penggemar sepak bola tanah air dari berbagai kalangan dan usia. 

Dengan balutan nuansa keindahan alam Papua, eksekutif produser, Helmalia Putri, menyatakan film ini tidak hanya menyajikan cerita tentang sepak bola. Tetapi juga menggambarkan kehangatan keluarga, kebersamaan, dan kesetiaan. Keberhasilan film ini diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda Indonesia.

Menghadirkan Para Bintang Film Kenamaan

Ari Sihasale menyutradarai film ini dan turut berperan dalamnya bersama Ibnu Jamil, Donny Alamsyah, Marcelino Lefrandt, serta Dinda Ghania.

Tidak hanya melibatkan sejumlah artis populer, film Indonesia dari Timur juga menampilkan beberapa bakat muda sepak bola asal Papua. Seperti Yesaya Kogoya, Richardo Youwe, Yulianus Yual, Karel Fonataba, dan Michael Twenty.

Latar Belakang Produksi Film

Nia Sihasale mengungkapkan bahwa ia melibatkan beberapa bintang muda sepak bola Papua untuk bermain dalam film Indonesia Dari Timur. Mereka mengambil peran sebagai atlet sepak bola Papua dalam cerita film ini. 

Sutradara Ari Sihasale secara intens berkonsultasi dengan tokoh-tokoh asli yang menginspirasi kisah film ini, termasuk Eduard Ivakdalam. Ia adalah seorang anggota tim sepak bola PON Papua. Menariknya, Ari Sihasale juga turut berperan sebagai Eduard dalam film tersebut.

Ari menceritakan bahwa sejak 2016, mereka aktif berkegiatan dengan masyarakat setempat. Terutama dalam latihan sepak bola pagi hari bersama kakak Edu Kemudian, latihan akting pada sore hari bersama kakak Arswendy. 

Dalam pandangan Ari, semua anak memiliki bakat, dan ia bersyukur. Karena bintang-bintang sepak bola Papua tersebut mampu memberikan penampilan yang memuaskan dalam film terbarunya ini.

Dalam menghadirkan sinopsis film Indonesia dari Timur, Ari Sihasale menekankan pentingnya keaslian adegan pertandingan sepak bola, menjalani konsultasi intensif dengan Coach Edu.

Baca juga: Sinopsis Melukis Luka, Kisah Cinta Art Dealer dan Pelukis

Ari merasa bersyukur karena memiliki kedekatan dengan masyarakat Papua sejak 2016. Terutama ketika memproduseri film Denias, Senandung di Atas Awan untuk wilayah tersebut. Arswendy Beningswara Nasution, pelatih akting, terlibat dalam melatih bintang-bintang sepak bola Papua yang tidak berpengalaman dalam dunia akting sebelumnya. (R10/HR-Online)