Film Indonesia Bakal Kembali Dikirim untuk Berkompetisi di Oscar 2024

Komite Seleksi Oscar Indonesia akan kembali mengirim film Indonesia untuk ikut kompetisi di ajang Piala Oscar 2024.

Film Indonesia Bakal Kembali Dikirim untuk Berkompetisi di Oscar 2024
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Komite Seleksi Oscar Indonesia dari Pengurus Persaturan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) akan kembali mengirim film Indonesia untuk ikut kompetisi di ajang Piala Oscar 2024.

Ketua Umum PPFI Deddy Mizwar berharap dengan keikutsertaan Indonesia, maka film Indonesia bisa mulai diperhitungkan oleh dunia.

"Misi kita tidak hanya untuk memboyong Oscar, melainkan juga meletakkan film Indonesia di dalam peta film dunia," kata Deddy Mizwar di Jakarta, seperti diberitakan Antara, Senin (31/7).

Komite Seleksi Oscar Indonesia terdiri dari sembilan orang yang bekerja di industri perfilman. Mereka dipilih berdasasrkan kemampuan individu.

Kesembilan anggota tersebut adalah Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Sha Ine Febriyanti, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, dan Nur Hidayat.

Tim juri nanti bertugas untuk menyeleksi dan menetapkan satu film Indonesia yang bakal dikirim untuk mewakili Indonesia dalam ajang Oscar 20204 untuk kategori Best International Feature Film.

[Gambas:Video CNN]

Zairin Zain selaku Sekjen PPFI dan Ketua Panitia Seleksi Oscar menjelaskan bahwa film yang berhak mengikuti seleksi merupakan film yang tayang antara 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023. Selain itu, film itu harus telah dinyatakan lulus sensor dari Lembaga Sensor Film (LSF).

"Syarat lainnya adalah film harus telah dipertunjukkan secara publik di bioskop komersil sekurang-kurangnya tujuh hari berturut-turut," jelas Zairin Zain.

Meski demikian, belum diketahui film Indonesia mana yang bakal masuk daftar Komite Seleksi Oscar Indonesia untuk dilakukan seleksi.

Sebelumnya, Komite Seleksi Oscar Indonesia juga melakukan seleksi untuk memilih film Indonesia yang dikirim ke ajang Piala Oscar 2023. Tahun lalu, film yang terpilih adalah Ngeri-Ngeri Sedap karya sutradara Bene Dion.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 menyampaikan Ngeri-Ngeri Sedap adalah film Indonesia kedua ke Oscar yang bergenre komedi setelah Nagabonar (1986).

Sayangnya, Ngeri-Ngeri Sedap yang mewakili Indonesia gagal masuk daftar pendek Piala Oscar 2023 untuk kategori Best Internasional Feature Film.

Saat itu ada 15 dari 92 negara yang maju ke putaran pemungutan suara dan berhak bersaing untuk masuk nominasi Oscar 2023.

(pra)

[Gambas:Video CNN]