Festival Film Indonesia 2023 Umumkan Para Nomine, Budi Pekerti Borong 17 Nominasi

Dalam pengumuman daring nominasi pada Sabtu (14/10) sore di Museum Nasional, film besutan Wregas Bhanuteja itu berhasil mencatatkan 17 nomin

Festival Film Indonesia 2023 Umumkan Para Nomine, Budi Pekerti Borong 17 Nominasi
image

JawaPos.com – Budi Pekerti sukses menguasai nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Dalam pengumuman daring nominasi pada Sabtu (14/10) sore di Museum Nasional, film besutan Wregas Bhanuteja itu berhasil mencatatkan 17 nominasi.

Di kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik, film itu bahkan sukses masuk lewat dua nama: Dwi Sasono dan Omara Esteghlal.

Capaian itu dirayakan para cast dan kru dengan mengunggah foto-foto di balik layar. ’’Borongan’’ nominasi itu pun tampaknya bakal menarik calon penonton. Sebab, di tanah air, Budi Pekerti baru tayang pada 2 November mendatang. Film tersebut lebih dulu tayang di Festival Film Internasional Toronto atau TIFF 2023 bulan lalu.

Baca Juga: Gulf Kanawut Siap Jumpa Fans Kali Pertama di Indonesia

Di premiere globalnya, Budi Pekerti mendapat apresiasi. Dalam video reaksi yang diunggah di akun resmi film, banyak penonton yang menilai film itu punya topik yang relevan dan memilukan. Khususnya tentang interaksi di dunia maya.

Selain Budi PekertiLike & Share ikut mencatat belasan nominasi di FFI 2023. Proyek besutan Gina S. Noer itu masuk di total 11 kategori.

Gina menyatakan, nominasi itu ibarat bonus baginya serta ’’keluarga besar’’ film tersebut. ’’Menurut saya, hubungan baik yang tumbuh selama proses filmmaking adalah kemenangan paling sejati para pencerita,’’ ungkapnya.

Baca Juga: Joe Jonas-Sophie Turner Batalkan Perceraian

FFI 2023 juga menjadi pintu buat film genre. Banyak film di luar genre drama, komedi, maupun horor yang berhasil masuk kategori nonteknis. The Big 4, proyek Netflix bergenre laga komedi, mampu mencatat 11 nominasi.

Sementara itu, film misteri-aksi adaptasi novel 24 Jam Bersama Gaspar ada di sembilan nominasi. Disusul Sleep Call –film suspense thriller berlatar pinjaman online– dengan tiga nominasi.

Kabid Penjurian FFI Garin Nugroho menegaskan, pihaknya berkomitmen melaksanakan acara secara terbuka, berkeadilan, dan profesional dari awal hingga akhir. Penilaiannya pun masih melanjutkan sistem hybrid antara voting dan penjurian tahap akhir. ’’Harapan kami, festival ini bisa memperkokoh bangunan perfilman Indonesia yang dituntut tumbuh dinamis seiring perkembangan zaman,’’ ucapnya. 

Baca Juga: Jungkook Geser Rekor Spotify Miley Cyrus