Duta Festival Film Indonesia Majukan Industri Film Indonesia

Kelima Duta Festival Film Indonesia 2023 ditunjuk oleh Ketua Komite FFI 2023 untuk memajukan industri perfilman Indonesia.

Duta Festival Film Indonesia Majukan Industri Film Indonesia
image

Dua pelaku sineas Indonesia, yaitu Laura Basuki dan Chicco Kurniawan telah dinobatkan sebagai Duta Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Pada peran barunya ini mereka berdua berharap bisa majukan industri film Indonesia. 

“Aku sebagai duta punya misi sendiri, rasanya ingin bikin banyak orang percaya sama film Indonesia karena banyak banget kultur tentang Indonesia yang aku sendiri bahkan nggak tahu dan sangat menarik untuk ditonton,” ujar Chicco, pada Rabu (26/7). 

Ia juga menuturkan bahwa di era sekarang banyak ladang bisnis industri film lokal yang dapat digarap sehingga menghadirkan karya-karya berkualitas yang sangat sayang apabila terlewatkan. 

“Banyak banget film yang diproduksi tahun ini. Rasanya sayang kalau nggak ditonton, sementara kita semua sudah mau memajukan dan meningkatkan kualitas perfilman Indonesia. Jadi, coba ditonton dulu, ya,” jelasnya. 

Sementara, menurut pendapat partner dari Chicco, yakni Laura Basuki menilai bahwa selama satu dekade terakhir ini banyak sutradara baru yang bermunculan dan kerap menghadirkan ide-ide kreatif dan cemerlang terhadap karyanya. 

Laura mengatakan, dirinya mencermati bahwa genre film-film yang tayang sebelum pandemi masih terkesan kurang  bervariasi atau sama saja seperti tidak ada perubahan. 

“Setelah pandemi, banyak skrip yang bagus banget terutama tiga tahun ke belakang ini. Jadi, aku melihat hal ini sangat menjanjikan untuk dunia film kita ke depan,” ungkap Laura. 

Selain itu, baik Laura maupun Chicco kembali menceritakan seputar awal mereka dinobatkan sebagai Duta FFI 2023 yang melibatkan Ketua Komite Film Festival Indonesia (FFI) periode 2021-2023, yaitu Reza Rahadian. 

Pada awalnya Laura masih merasa bingung mempresentasikan sebuah hal yang besar seperti FFI kepada khalayak. Begitupun yang dirasakan oleh Chicco Kurniawan yang merasa ingin membantu dan menutup periode tahun kepemimpinan dari Reza rahadian dengan baik.

Selain Laura dan Chicco, ternyata masih ada 3 nama lagi yang ditunjuk oleh Komite Duta FFI 2023. Ketiga seniman peran yang ditunjuk ini, terdiri dari Christine Hakim, Putri Marino, dan Lukman Sardi. Jadi total Duta Festival Film Indonesia 2023 berjumlah lima orang. 

Kelimanya diikat dalam sebuah tema, yaitu CITRA. Nama tersebut diambil sesuai dengan pencapaian Piala Citra yang telah mereka catatkan dalam industri layar lebar di Tanah Air.