Bunuh Muhammad Naufal Zidan Juniornya di UI, Pelaku Terinspirasi Film

Altafasalya Ardnika Basya mengaku melakukan pembunuhan terhadap adik tingkatnya di UI Muhammad Naufal Zidan karena terinspirasi film

Bunuh Muhammad Naufal Zidan Juniornya di UI, Pelaku Terinspirasi Film
image

JawaPos.com–Altafasalya Ardnika Basya mengaku bahwa pembunuhan yang dilakukan terhadap adik tingkatnya di Universitas Indonesia (UI) Muhammad Naufal Zidan karena terinspirasi dari film Narcos

”Saya nonton film Narcos,” ujarnya kepada wartawan di Mapolres Depok, Sabtu (5/8). 

Narcos merupakan film yang diluncurkan pada 2015. Film tersebut menceritakan tentang kisah nyata dari kartel narkoba di Kolombia yang terkenal kejam dan berkuasa. 

Baca Juga: Pembunuh Mahasiswi UI Ngaku Pernah Mimpi Dibunuh Korban dan Disaksikan Orang Banyak

Altaf mengaku pembunuhan yang dilakukannya tak dilandasi masalah balas dendam. ”Bukan karena dendam,” ucap dia.

”Saya tidak ada masalah dengan korban, tidak ada dendam karena saya sudah putus asa juga. Rencana baru muncul pas saya nganter pulang di hari Rabu sebelum kejadian,” tutur Altaf.

Sebelumnya, peristiwa pembunuhan menimpa mahasiswa Fakultas Sastra Rusia Universitas Indonesia (UI) bernama Muhammad Naufal Zidan, 19. Dia ditemukan tewas di kosnya di wilayah Kukusan, Beji, Kota Depok.

Baca Juga: Muhammad Naufal Zidan, Mahasiswa UI Korban Pembunuhan Senior Ternyata Punya Mimpi Besar Jadi Doktor

Wakasatreskrim Polres Metro Kota Depok AKP Nirwan Pohan mengatakan, kasus tersebut dilaporkan ke Polres pada Jumat (4/8) pukul 10.00 WIB. Mayat ditemukan dalam kondisi mengenaskan terbungkus plastik sampah dua lapis.

”Mayat terbungkus dalam plastik hitam, di bawah kolong tempat tidur. Dalam kamar itu berantakan, tapi terlihat sempat dibersihkan,” kata Nirwan di Polres Metro Depok, Jawa Barat, Jumat (4/8).

Setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), penyidik meminta keterangan sejumlah saksi. Hasil penyelidikan membuahkan hasil dengan menangkap pelaku Altafasalya Ardnika Basya, 23, dalam waktu 3 jam.

Baca Juga: Terlihat Ramah, Tetangga Kontrakan Awalnya Tak Yakin Mahasiswa UI Altafasalya Ardnika Basya Bunuh Adik Kelas

Pelaku diketahui senior korban di kampus. ”Korban adik kelas satu jurusan di Fakultas Sastra Rusia. Korban dan pelaku berteman dan saling mengenal,” imbuh Nirwan.

Berdasar pemeriksaan, korban diduga tewas pada Rabu (2/8). Saat itu, korban tidak bisa dihubungi keluarganya. Kemudian keluarga mengirim orang untuk mengecek korban di kosnya. Saat pintu dibuka, korban ditemukan tak bernyawa di dalam kantong plastik di kolong tempat tidur.