Bikin Film Cinta Segitiga Berlatar Dunia Militer, 'ADAGIUM' Libatkan TNI di Riset Skenario dan Proses Syuting

Pihak TNI dilibatkan sejak riset untuk penulisan skenario. Hal tersebut guna memastikan adegan dan penceritaan memang sesuai dengan kenyataan.

Bikin Film Cinta Segitiga Berlatar Dunia Militer, 'ADAGIUM' Libatkan TNI di Riset Skenario dan Proses Syuting

Kapanlagi.com - Rumah produksi Brainstrominc bersiap merilis film bertajuk ADAGIUM yang disutradarai oleh Rizal Mantovani. Sajian bergenre romance action tersebut menyatukan kisah cinta segitiga dengan dunia kemiliteran yang jarang dieksplorasi.

Pihak TNI rupanya dilibatkan sejak riset untuk penulisan skenario. Hal tersebut guna memastikan apa yang tersaji dalam adegan dan penceritaan memang sesuai dengan kenyataan.

"Mereka membantu dari proses riset. Jadi waktu bikin ceritanya, kita banyak bertanya sama mereka, kita banyak nanya dan mereka menjelaskan. Kalau waktu syuting udah nggak nanya lagi karena sudah dilakukan saat riset," kata Rizal ditemui di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022).

•

1. Kesulitan Selama Syuting

image

Selama proses syuting Rizal Mantovani memang dibantu kehadiran anggota TNI yang dampingi menjelaskan beberapa hal teknis seperti bagaimana menggunakan senjata. Namun ia tetap merasa kesulitan ketika ada adegan-adegan yang harus sesuai keseharian para prajurit.

"(Syuting) sulit banget. Bukan soal alat karena yang memegang adalah aktornya, alat dan segala macam sudah dikasih penjelasan dari beberapa instansi yang mendampingi saya. Yang sulit itu protokolnya. Cara salute, berbaris, menyambut atasan, itu harus sesuai biar orang angkatan ketika menonton nggak melihat ada yang salah. Itu yang saya pelajari. Dan apa yang ada di film ini, itulah yang benar," papar Rizal.

2. Tidak Menggurui Penonton

image

Meski membawa semangat nasionalisme, Rizal Mantovani tidak menyajikan ADAGIUM sebagai film yang berat dan menggurui. Karena baginya, rasa cinta tanah air harus datang secara alami dari diri penontonnya.

"Kadang-kadang kita bikin film nasionalisme disampaikan dengan cara tertentu akan preachy. Ini kita cari cara gimana nggak seperti itu. Karena nasionalisme itu harus tumbuh, nggak bisa disuapin. Ini tuh drama cinta persahabatan. Di mana dalam persahabatan ketika berada dalam konflik akan membuat mereka kuat," terang Rizal.

ADAGIUM akan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 26 Januari 2023. Film ini dibintangi Jihane Almira, Pangeran Lantang, Angga Asyafriena, Teuku Rifnu Wikana, Mike Lucock, Hans de Kraker serta Dennis Adhiswara.

Sudah baca yang ini, belum?