Big Hit Bantah Klaim Plagiarisme Lagu Seven Milik Jungkook

Big Hit Entertainment membantah klaim adanya plagiarisme pada lagu Seven milik Jungkook. Lagu Seven dicurigai mirip lagu Time of Mask

Big Hit Bantah Klaim Plagiarisme Lagu Seven Milik Jungkook
image

JawaPos.com–Big Hit Entertainment merilis sebuah peryataan yang membantah klaim adanya plagiarisme pada lagu Seven milik Jungkook. Sebelumnya muncul kabar bahwa lagu debut solo Jungkook dicurigai melakukan plagiarisme.

Sebuah outlet berita asal Korea Selatan, Ten Asia menerbitkan sebuah berita yang mencurigai bahwa lagu Seven milik Jungkook meminjam urutan skala dari lagu sebuah girl grup K-pop Fin.K.L yang rilis pada 2002.

Single kolaborasi Jungkook BTS dengan Latto itu dicurigai meminjam urutan skala yang sama pada sebuah lagu yang rilis 2002 berjudul Time of Mask. Pada berita yang beredar, komposer lagu Time of Mask Yang Joon-young meminta produser Big Hit melakukan evaluasi kedua lagu tersebut.

Baca Juga: 12 Film Indonesia Akan Tayang di BIFF Ke-28 dalam Program Spesial Kebangkitan Sinema Indonesia

Dilansir dari NME, Selasa (22/8), pihak agensi Jungkook BTS, Big Hit Music membantah klaim plagiarisme tersebut. Dalam sebuah pernyataan label yang juga menaungi TXT tersebut menyampaikan bahwa klaim pelanggaran hak cipta tersebut tidak benar.

”Klaim pelanggaran hak cipta terkait Seven milik Jungkook tidak benar. Seven adalah lagu yang dibuat melalui kolaborasi lima komposer asing,” tulis Big Hit dalam sebuah pernyataan kepada My Daily.

Big Hit juga menambahkan bahwa lagu yang diciptakan lima komposer asing itu tidak ada kaitannya dengan lagu dari Korea Selatan yang telah dirilis 24 tahun lalu. Klaim sepihak dan menuduh adanya plagiarisme tersebut dianggap tidak memenuhi kriteria apa pun seperti kesamaan substansial yang dituduhkan.

Baca Juga: Dilaporkan Sunyoto-Syarah Kasus Penipuan, Mario Teguh Siap Klarifikasi ke Penyidik

Lagu Seven milik Jungkook BTS tersebut merupakan lagu debut solo yang rilis pada 14 Juli. Sejak dirilis lagu tersebut sukses menduduki nomor satu di Billboard Hot 100 lebih dari dua minggu, menyusul anggota BTS yang lain Jimin. Jungkook BTS rencananya merilis mini album pada November.