Sinopsis Film Bumi Manusia: Kisah Romansa Minke dan Annelies yang Berliku

Film Bumi Manusia akan tayang di Bioskop Trans TV Kamis 17 Agustus 2023 malam. Simak sinopsis Bumi Manusia yang diangkat dari buku karya Pramoedya Ananta Toer.

Sinopsis Film Bumi Manusia: Kisah Romansa Minke dan Annelies yang Berliku
image

Daftar Isi

Bandung -

Film Bumi Manusia dijadwalkan tayang di Bioskop Trans TV hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 pukul 21.00 WIB. Film ini dirilis pada tahun 2019 berdasarkan dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Bumi Manusia disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi banyak artis ternama antara lain Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti.

Sinopsis Film Bumi Manusia

Minke adalah R.M Tirto Adhi Soerjo, tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia, dikenal juga sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia.

Suatu hari di Surabaya, Minke diajak Robert Suurhof mampir ke rumah keluarga Mellema, Boerderij Buitenzorg di Wonokromo.

Kedatangan Minke disambut penuh kecurigaan oleh Robert Mellema, padahal ia menyambut Suurhof dengan penuh keakraban. Sementara adiknya Annelies Mellema serta ibunya Ontosoroh menerima Minke dengan gembira.

Lama kelamaan Minke mulai menjalin hubungan mesra dengan Annelies dan Ontosoroh, walau Annelies sempat merasa belum terbiasa dengan Minke.

Suatu saat, Annelies menceritakan kehidupan ibunya, Sanikem, yang kemudian mengganti namanya menjadi Ontosoroh. Minke terilhami dan menulis artikel di koran Surabaya dengan nama samaran Max Tollenaar. Tapi malam harinya, Minke tiba-tiba ditangkap polisi karena tulisannya tempo hari yang lalu.

Minke akhirnya kembali ke rumah dan disambut dengan kemarahan ayahnya karena berhubungan dengan Annelies; hubungan itu dinilai ayahnya meninggalkan budaya dan tradisi Jawa.

Di lain sisi, Magda yang merupakan guru Minke menyatakan keingintahuannya akan Max Tollenaar, yang kemudian dibocorkan Suurhof, tetapi Magda justru memuji kepiawaian Minke dalam menulis.

Suurhof yang merasa tidak terima dengan pujian Magda, langsung menghina Minke dan kemudian Panji Darman, yang dibalas dengan pukulan Panji.

Kepulangannya ke Wonokromo juga menambah perkara yang sudah lama mengganggu hatinya, yakni adanya jurang pemisah antara kaum yang "terperintah" (bumiputra) dan "memerintah" (Eropa), serta hubungannya dengan Annelies.

Tiba-tiba, Annelies yang berkeliling pertanian pingsan, sehingga Annelies dirawat Martinet. Minke tidur sekamar dan bersetubuh dengan Annelies. Keesokan harinya, Minke mengaku kepada Martinet bahwa Minke bukanlah orang pertama yang menyetubuhi Annelies karena sebelumnya Robert pernah memperkosa Annelies. Lalu bagaimana kelanjutan cinta keduanya?

Jadwal Acara Trans TV Hari Ini, Kamis 17 Agustus 2023

Simak aksinya di Bioskop Trans TV yang bakal tayang Kamis (17/8/2023) pukul 21.00 WIB, hanya di Trans TV.

05:00 Islam Itu Indah
06:30 Insert Pagi
07:30 CNN Indonesia Good Morning
08:30 Pagi-pagi Ambyar
09:45 HUT RI KE-78 Terus Melaju untuk Indonesia Maju
10:45 Insert
12:30 Brownis (Obrolan Manis)
14:00 Rumpi (NO SECRET)
15:00 Insert Today
16:00 CNN Indonesia News Update
16:30 Dream Box Indonesia
17:30 Bikin Laper
18:30 Insert Story
19:30 Dunia Punya Cerita
20:15 Tanpa Batas
21:00 Bioskop Trans TV Spesial Kemerdekaan: Bumi Manusia
23:00 Bioskop Trans TV: USS Indianapolis: Men of Courage
01:00 Sinema Dinihari
03.00 CNN Connected

Detikers bisa menyaksikannya di layar kaca, streaming di www.transtv.co.id, melalui aplikasi detikcom, atau belangganan TransVision. Jangan sampai ketinggalan ya!

Simak Video "Festival Pecunan Meriahkan HUT ke-78 RI di Majalengka"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/tey)