Berlibur ke Luar Negeri? Ikuti 4 Kiat Ini agar Perjalananmu Lancar

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang - Perjalanan ke luar negeri adalah momen yang patut dicoba sekali seumur hidup. Selain keseruan yang akan kamu alami, ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan, seperti wawasan budaya dan seni. Namun, persiapan untuk

Berlibur ke Luar Negeri? Ikuti 4 Kiat Ini agar Perjalananmu Lancar
imageIlustrasi tips liburan ke luar negeri agar perjalanan lancar. (Foto: GenPI/Presmedia.id)

" data-medium-file="https://presmedia.id/wp-content/uploads/2023/09/Ilustrasi-tips-liburan-ke-luar-negeri-agar-perjalanan-lancar-300x200.jpg" data-large-file="https://presmedia.id/wp-content/uploads/2023/09/Ilustrasi-tips-liburan-ke-luar-negeri-agar-perjalanan-lancar.jpg" class="size-publisher-md wp-image-75691" data-src="https://presmedia.id/wp-content/uploads/2023/09/Ilustrasi-tips-liburan-ke-luar-negeri-agar-perjalanan-lancar-357x210.jpg?crop=1" alt="Ilustrasi tips liburan ke luar negeri agar perjalanan lancar. (Foto: GenPI/Presmedia.id)" width="357" height="210" srcset="https://i0.wp.com/presmedia.id/wp-content/uploads/2023/09/Ilustrasi-tips-liburan-ke-luar-negeri-agar-perjalanan-lancar.jpg?resize=357%2C210&ssl=1 357w, https://i0.wp.com/presmedia.id/wp-content/uploads/2023/09/Ilustrasi-tips-liburan-ke-luar-negeri-agar-perjalanan-lancar.jpg?zoom=2&resize=357%2C210&ssl=1 714w" sizes="(max-width: 357px) 100vw, 357px">
Ilustrasi tips liburan ke luar negeri agar perjalanan lancar. (Foto: GenPI/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Perjalanan ke luar negeri adalah momen yang patut dicoba sekali seumur hidup. Selain keseruan yang akan kamu alami, ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan, seperti wawasan budaya dan seni. Namun, persiapan untuk perjalanan ke luar negeri tentu berbeda dengan berlibur di dalam negeri.

Selain mengurus aspek keuangan, kamu juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan visa, yang memerlukan pengurusan jauh sebelum tanggal keberangkatanmu.

Berikut adalah empat kiat perjalanan ke luar negeri yang akan membantumu menghindari berbagai kerumitan dikutip dari GenPI.co. Ayo simak!

  1. Urus Dokumen dengan Cermat

Berbeda dengan perjalanan lokal, ketika kamu berencana untuk pergi ke luar negeri, ada beberapa dokumen penting yang harus kamu urus terlebih dahulu.

Dokumen yang paling esensial adalah paspor, karena ini adalah syarat utama untuk memasuki negara lain. Namun, di beberapa negara, kamu juga akan memerlukan visa.

Penting untuk diingat bahwa proses pembuatan paspor dan visa tidak instan dan memerlukan waktu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengurus semua dokumen ini dengan baik jauh-jauh hari, idealnya minimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatanmu.

  1. Pertimbangkan Gabung dalam Group Tour

Jika kamu merasa malas atau bingung merencanakan itinerary perjalanan, bergabung dalam group tour bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, pastikan untuk melakukan penelitian mendalam terlebih dahulu tentang group tour yang akan kamu pilih.

Penting untuk memastikan bahwa group tour tersebut sesuai dengan ekspektasi kamu dan teman-temanmu, sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Pastikan juga bahwa travel agent yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik.

Related Posts

Selain itu, bergabung dalam group tour juga bisa menjadi pertimbangan menarik jika kamu ingin mencoba solo traveling.

  1. Persiapkan Keuangan dengan Teliti

Menyiapkan anggaran perjalanan adalah satu hal, namun kamu juga perlu mempersiapkan mata uang negara tujuan dan cara bertransaksi selama di sana. Sebelum berangkat, pastikan untuk mengunjungi bank dan memastikan bahwa rekeningmu dapat digunakan di luar negeri.

Selain itu, kamu dapat menukarkan sedikit uang dalam mata uang negara tujuanmu di money changer atau bank setempat sebagai cadangan tunai. Jangan lupa untuk mencatat nomor kartu kredit dan informasi kontak bank kamu dalam kasus darurat.

  1. Pelajari Budaya dan Etika Lokal

Sebelum berangkat, luangkan waktu untuk mempelajari tentang budaya, adat istiadat, dan etika di negara tujuanmu. Ini akan membantumu menghormati penduduk lokal dan membuat pengalaman perjalananmu lebih bermakna.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui bahasa setempat atau beberapa frasa dasar yang bisa membantumu berkomunikasi dengan penduduk lokal. Hal ini dapat menciptakan ikatan yang lebih baik dengan orang-orang di negara tujuanmu.

Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, kamu dapat mempersiapkan perjalanan luar negerimu dengan baik dan menjadikannya pengalaman yang lancar dan tak terlupakan. Selamat berlibur!

Penulis: Presmedia
Editor  : Albet