Bangga! Film Autobiography Jadi Perwakilan Indonesia di Piala Oscar 2024

Film Autobiography jadi wakil Indonesia untuk Piala Oscar 2024.

Bangga! Film Autobiography Jadi Perwakilan Indonesia di Piala Oscar 2024
image

Kabar membanggakan datang dari salah satu sineas tanah air yakni sutradara Makbul Mubarak. Karya film terbarunya yang berjudul Autobiography akan segera melenggang ke ajang penghargaan film paling bergengsi di dunia yaitu di acara Academy Awards atau lebih populer dengan sebutan Piala Oscar.

"Autobiography jadi perwakilan Indonesia di Piala Oscar 2024," tulis Makbul Mubarak melalui Instagram pribadinya @maakbul pada Rabu (13/9/2023).

Di ajang tersebut Autobiography masuk dalam jajaran kategori Best International Feature Film. Mengutip informasi dari Antara News, Autobiography berhasil lolos seleksi oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia setelah tim Komsel melakukan peninjauan dengan menonton film tersebut dan beberapa film Indonesia unggulan lainnya kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diadakan di Studio XXI Plaza Senayan pada Senin 11 September lalu.

Pada proses seleksi nasional itu setidaknya terdapat 100 judul film Indonesia yang tayang dalam kurun waktu 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023 dan hanya ada satu judul film yang dapat dipilih oleh panitia Komsel.

Autobiography diumumkan terpilih sebagai perwakilan film Indonesia di Piala Oscar ke-96 yang akan diadakan pada 10 Maret 2024 mendatang di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Pratama Arhan Bucin, Azizah Salsha Malah Disebut Tega ke Suami Cuma Gegara Tak Lakukan Hal Ini

Indonesia telah berpartisipasi dalam ajang Oscar sejak tahun 1987. Film Ngeri-Ngeri Sedap juga dipilih menjadi perwakilan Indonesia di piala Oscar tahun ini. Sayangnya, film besutan sutradara Bene Dion itu gagal masuk dalam jajaran 5 nominasi teratas untuk kategori International Feature Film. Hingga kini, belum ada film Indonesia yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Film Autobiography menceritakan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Rakib (diperankan Kevin Ardilova) dan jenderal purnawirawan bernama Purna (Arswendy Bening Swara) yang mencari makna dari sebuah keluarga dan kepercayaan.

Film yang diproduksi oleh KawanKawan Media tersebut juga berhasil menyabet banyak penghargaan di kancah nasional maupun internasional. Salah satunya yaitu sebagai pemenang Skenario Asli Terbaik di FFI 2022.

Film thriller yang juga membicarakan relasi antara ayah dan anak tersebut juga dapat kamu nikmati melalui layanan streaming Prime Video loh!

Kita doakan semoga Autobiography berhasil memenangkan piala Oscar 2024 ya.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS