Artis Indonesia Darurat Asuransi, Gelantungan di Pohon Tanpa Jaminan

PARFI selaku asosiasi artis film mengaku pernah menyarankan para aktor dan aktris untuk punya asuransi, tapi ada yang mau ada yang enggak.

Artis Indonesia Darurat Asuransi, Gelantungan di Pohon Tanpa Jaminan
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepemilikan asuransi di kalangan artis baru-baru ini menjadi perbincangan seiring dengan kabar keluarga Indra Bekti kesulitan membayar biaya pengobatan presenter itu di rumah sakit.

Kondisi itu turut disorot oleh Evry Joe selaku Ketua Humas Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI). Menurutnya, kesadaran tentang pentingnya asuransi di kalangan pelaku industri film Indonesia juga masih rendah.

"Itu problem dari dulu, kita itu sangat minim dengan informasi asuransi. Enggak seperti artis atau pekerja seni luar negeri, mereka itu sudah di-backup oleh asuransi," tutur Evry Joe kepada CNNIndonesia.com, Rabu (4/1).

"Bayangkan, film kolosal yang aktornya tergantung di pohon atau pakai sling itu enggak ada asuransi. Sampai dulu ada artis yang jatuh dan meninggal, hanya dibawa pulang," lanjutnya.

PARFI selaku salah satu asosiasi yang menaungi artis film di Indonesia disebut sempat beberapa kali memberi imbauan kepada para pelaku industri untuk memiliki asuransi.

Indra BektiKepemilikan asuransi di kalangan artis baru-baru ini menjadi perbincangan seiring dengan kabar keluarga Indra Bekti kesulitan membayar biaya pengobatan presenter itu di rumah sakit. (Detikcom/Hanif Hawari)

Namun, ajakan itu tidak serta merta mendapat respons positif dari kalangan artis lantaran hanya ada sebagian yang memutuskan mengambil asuransi. Di sisi lain, persoalan asuransi juga disebabkan karena pendapatan sejumlah aktor yang belum memadai.

"Kita pernah menyarankan untuk berasuransi, kerja sama dengan bank. Tapi repotnya itu, ada yang mau ada yang enggak," ucap Evry.

"Jadi kesadaran itu susah karena menyangkut pendapatan, karena enggak semua artis memiliki pendapatan yang memadai. Boro-boro memadai, standardisasi aja enggak ada," lanjutnya.

Evry kemudian berharap agar rumah produksi hingga stasiun televisi yang menaungi para artis memiliki kesadaran untuk menyediakan asuransi.

Di sisi lain, dia juga mendesak agar badan pemerintahan yang menaungi sektor perfilman ikut terlibat dalam persoalan ini.

Lanjut ke sebelah..

PARFI: Pemerintah Kadang Hanya Memayungi Doang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA