Ada MCS, Warga Makassar Bisa Akses Layanan BPJS Kesehatan Tanpa Antre

BREAKINGNEWS : Selain memudahkan dari segi jarak dan waktu, Kamil mengaku MCS juga memberikan pelayanan langsung dan efektif sesuai kebutuhan masyarakat.

Ada MCS, Warga Makassar Bisa Akses Layanan BPJS Kesehatan Tanpa Antre
image
Jakarta -

BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan layanan. Salah satunya melalui Mobile Customer Service (MCS) yang hadir di berbagai wilayah, termasuk Dinas Sosial Kota Makassar.

Kehadiran layanan ini pun telah dirasakan oleh masyarakat, seperti halnya salah satu peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Pegawai Negeri Sipil (PPU PNS), Kamil Kamaruddin (35). Menurutnya layanan jemput bola tersebut mudah dijangkau tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

"BPJS Kesehatan hadir dua kali seminggu di kantor Dinas Sosial Kota Makassar sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanannya sekaligus mengurus administrasi di sini, masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi karena sudah ada mobil MCS di pelataran kantor kami dan terjadwal, jadi bisa diketahui kapan datangnya," kata Kamil dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).

Selain memudahkan dari segi jarak dan waktu, Kamil mengaku MCS juga memberikan pelayanan langsung dan efektif sesuai kebutuhan masyarakat yang terkendala biaya untuk transportasi ke kantor BPJS Kesehatan.

"Beragam kendala dan masalah kepesertaan muncul mulai dari data kependudukan yang tidak valid serta perlu disinkronkan dengan sistem kepesertaan BPJS Kesehatan, agar kartu JKN-nya dapat digunakan. Pentingnya masyarakat yang latar pendidikannya ada yang kurang dan usia yang sudah renta, namun tidak ada sanak keluarga yang mengantar tentunya menjadi hal yang sangat membantu karena BPJS Kesehatan hadir langsung disini," jelas Kamil.

Lebih lanjut, Kamil mengatakan selain masyarakat, petugas Dinsos Kota Makassar juga merasakan kemudahan dalam mengakses informasi dan pemberian pelayanan masyarakat.

"Bukan hanya itu warga yang berdomisili di sekitar kantor Dinsos Kota Makassar, keuntungannya bagi kami jadi efisiensi waktu dan memperpendek jarak pelayanan, tidak perlu lagi jauh-jauh untuk melakukan konfirmasi data dan kendala pada kepesertaan Program JKN," katanya.

Selain Kamil, ibu rumah tangga asal Kecamatan Tamalate, Hajria (30), juga merasakan kemudahan yang sama. Ia menyebut sangat terbantu dengan pelayanan MCS yang hadir di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar. Sebab, pelayanan yang diperolehnya pada MCS sama dengan saat dirinya ke kantor Cabang BPJS Kesehatan.

"Saya tau ada pelayanan mobil MCS dari petugas dinas sosial, katanya kalau mau mengurus besok bisa datang lagi karena ada dari Petugas BPJS Kesehatan," pungkas Hajria.

Lihat juga video 'Hati-hati! Nunggak Iuran BPJS Kesehatan Bisa Kena Denda Rp 30 Juta':

[Gambas:Video 20detik]

(akn/ega)