9 Rekomendasi Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Sesat

Dokumenter tentang sekte sesat menjadi tayangan yang menarik dan banyak diminati. Simak rekomendasi film dan serialnya berikut ini!

9 Rekomendasi Film dan Serial Dokumenter tentang Sekte Sesat
Jakarta, CNN Indonesia --

Dokumenter tentang sekte sesat menjadi tayangan yang menarik dan banyak diminati. Itu karena tayangan dokumenter atau disebut juga docuseries mampu mengajak penonton melihat seperti apa kegiatan atau ritual aneh yang sebenarnya mereka lakukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, sekte adalah kelompok orang yang mempunyai kepercayaan atau pandangan agama yang berbeda pandangan atau tidak lazim.

Mereka memiliki kepercayaan yang sama tetapi melenceng dari nilai-nilai moral atau agama pada umumnya.

Kelompok ini biasanya dipimpin oleh seorang pemimpin yang memiliki kemampuan untuk membuat pengikutnya menjalankan standar atau aturannya.

Tak sekadar pemujaan, beberapa kasus dari sekte ini juga mengejutkan, tak masuk akal, bahkan tak segan merenggut nyawa orang.

Sejumlah sineas berhasil mendokumentasikan kisah sekte sesat menjadi film dan docuseries. Simak rekomendasi tayangan dokumenter tentang sekte sesat berikut.

1. Children of God (1994)

Rilis pada 1994, Children of God merupakan film dokumenter sensasional yang mengungkap horor kultus agama. Film garapan John Smithson ini menceritakan tentang hal-hal yang dialami kelompok Children of God pada 1970 dan 1980-an di Amerika Serikat dan Eropa.

Sebagai pemimpin sekte, David Berg melakukan pelecehan, manipulasi, dan seks yang melewati batas persetujuan. Kejahatan di kultus ini menciptakan banyak korban.

2. Wild Wild Country (2017)

Wild Wild Country (2017)Rekomendasi film dan serial dokumenter tentang sekte sesat, salah satunya Wild Wild Country (Arsip Netflix via Imdb)

Wild Wild Country merupakan docuseries garapan Maclain Way Chapman Way yang menceritakan tentang guru kontroversial asal India bernama Bhagwan Shree Rajneesh dan para pengikutnya di permukiman Rajneeshpuram.

Bhagwan memiliki pola meditasi yang dituding destruktif sebab mengajarkan kebebasan seks secara ekstrem. Meski demikian, ia meraih banyak simpati dan pengikut.

3. Jonestown: The Women Behind The Massacre (2018)

Dokumenter berjudul Jonestown: The Women Behind The Massacre ini mengisahkan tentang kasus komunitas kultus yang paling mematikan dalam sejarah.

Film dokumenter yang disutradarai oleh Nicole Rittenmeyer ini mengisahkan pengikut Jim Jones yang berpartisipasi dalam bunuh diri massal di sebuah komunitas baru di Guyana bernama Peoples Temple.

4. Helter Skelter: An American Myth (2020)

Dokumenter tentang sekte sesat berikutnya adalah karya sutradara Lesley Chilcott berjudul Helter Skelter: An American Myth. Docuseries ini menceritakan tentang perjalanan keluarga Manson, kultus hippie, dan pembunuh massal.

Manson sendiri adalah seorang supremasi kulit putih. Ia berharap dapat memicu perang ras melalui pembunuhan ini.

5. House of Secret: The Burari Deaths (2021)

House of Secret: The Burari Deaths (2021)Rekomendasi film dan serial dokumenter tentang sekte sesat, salah satunya House of Secret: The BurariDeaths (Yamini Pictures via imdb)

House of Secret: The Burari Deaths merupakan serial dokumenter yang bercerita tentang tragedi yang menggemparkan India pada 2018. Serial ini digarap oleh Anubhav Chopra dan Leena Yadav.

Dokumenter ini mengisahkan tentang kematian tragis 11 anggota keluarga di rumahnya. Diduga keluarga tersebut melakukan bunuh diri massal. Kasus ini sangat misterius sebab barang bukti yang ada sangat minim.

6. Keep Sweet: Pray and Obey (2022)

Dokumenter tentang sekte sesat berikutnya adalah Keep Sweet: Pray and Obey. Film dokumenter tentang sekte Mormon ini disutradarai oleh Rachel Dretzin dan Grace McNally.

Sekte ini mendukung poligami dengan menganut pepatah semakin banyak istri, maka semakin banyak pula anak yang akan membuat orang tua mendapat tempat layak saat sudah tutup usia.

Sebagai pemimpin sekte, Warren Jeffs menjadikannya sebagai tempat menghasilkan uang, kekuasaan, dan perbudakan seksual.

7. Sins of Our Mother (2022)

Sins of Our Mother adalah serial dokumenter tiga episode garapan Skye Borgman. Docuseries ini menceritakan tentang seorang ibu bernama Lori Vallow Daybell yang diduga menjadi dalang kematian dua anak kandungnya.

Lori bekerja sama dengan suaminya yakni Chad Daybell yang merupakan seorang pemimpin sekte sesat yang percaya hari kiamat sudah dekat.

8. In The Name of God A Holy Betrayal (2023)

Poster dokumenter In the Name of God: A Holy Betrayal (2023)Rekomendasi film dan serial dokumenter tentang sekte sesat, salah satunya In The Name of God A Holy Betrayal (Netflix)

In the Name of God A Holy Betrayal merupakan serial dokumenter karya sutradara Cho Sung Hyun. Penonton akan dibawa untuk melihat seperti apa empat orang pemimpin di Korea Selatan yang mengaku sebagai nabi.

Empat kultus di Korea yang diceritakan dalam dokumenter ini, yakni JMS, Five Oceans, The Baby Garden, dan Manmin Central Church beserta pimpinannya In The Name of God: A Holy Betrayal.

9. AUM: The Cult at the End of the World (2023)

Dokumenter tentang sekte sesat selanjutnya adalah AUM: The Cult at the End of the World. Disutradarai oleh Ben Braun dan Chiaki Yanagimoto, dokumenter ini mengisahkan tentang peristiwa yang terjadi pada 20 Maret 1995 di Tokyo.

Kala itu, terjadi serangan gas mematikan di kereta bawah tanah yang membuat negara dan rakyatnya panik. Rupanya serangan itu dilakukan oleh kultus kiamat Aum Shinrikyo, grup yang didirikan Shoko Asahara, seorang mantan ahli akupunktur.

Demikian sembilan rekomendasi film dan serial dokumenter tentang sekte sesat. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]