20 Ide Konsep Panggung Hiburan 17 Agustus yang Seru dan Kreatif

Berikut 20 ide konsep panggung hiburan untuk acara 17 Agustus yang detikBali rangkum khusus untuk Detikers.

20 Ide Konsep Panggung Hiburan 17 Agustus yang Seru dan Kreatif
image

Daftar Isi

Denpasar -

Hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus tinggal menghitung hari. Kemerdekaan Indonesia akan memasuki usia ke-78 tahun. Berbagai jenis perayaan biasanya dilakukan untuk memeriahkan hari jadi negara tercinta.

Konsep dekorasi panggung tentu tidak boleh luput dari hiasan-hiasan yang berbau kemerdekaan. Berikut 20 ide konsep panggung hiburan untuk acara 17 Agustus yang detikBali rangkum khusus untuk Detikers.

1. Hiasan Gelas Plastik

Gelas plastik bekas dapat dipakai sebagai hiasan dengan dicat menggunakan warna merah dan putih. Susunlah gelas dengan posisi selang-seling antara warna merah dan putih. Hiasan dari gelas plastik ini dapat dijadikan hiasan gantung maupun dirangkai menyerupai bunga.

2. Hiasan Ketupat

Membuat hiasan panggung dari ketupat bisa menjadi ide selanjutnya. Rangkailah ketupat menggunakan pita merah dan putih untuk menambah suasana kemerdekaan.

3. Hiasan Lampion

Hiasan lampion bisa menjadi ide konsep panggung yang anti mainstream. Kamu bisa membuat lampion dari kertas layangan maupun dari plastik yang berwarna merah dan putih.

4. Hiasan Gapura

Hiasan gapura di atas panggung bukanlah hal yang asing lagi. Untuk memeriahkan kemerdekaan, kamu dapat membuat gapura dari triplek yang yang dibentuk dan dilukis dengan warna merah dan putih.

5. Hiasan dari Payung

Payung berwarna merah putih juga bisa dijadikan ide praktis dalam mendekorasi panggung. Payung-payung tersebut bisa disusun sedemikian rupa ataupun digantung secara selang seling antara warna merah dan putih.

6. Hiasan dari Spanduk

Menghias panggung dengan spanduk sangatlah praktis. Kamu hanya perlu membuat desainnya sesuai keinginan. Gambar burung garuda bisa dijadikan pilihan tepatnya, dibubuhi juga dengan kalimat ucapan hari kemerdekaan.

7. Hiasan Bendera Plastik

Tak pernah dilewatkan, dekorasi perayaan hari kemerdekaan yang simpel dan menarik adalah menggunakan bendera merah putih dari plastik. Bendera plastik dapat diikatkan dengan benar kasur dan digantungkan untuk menghias panggung.

8. Hiasan Bunga dari Sedotan

Pilihlah berwarna merah dan putih sehingga bisa menggambarkan arti kemerdekaan. Agar lebih menarik, sedotan dapat dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk, seperti dijadikan bunga atau digunting dan dianyam.

9. Hiasan Burung Garuda

Burung garuda adalah lambang negara Indonesia. Untuk menjadikan gambar burung garuda sebagai dekorasi, dapat dibuat menggunakan kertas karton. Bentuk dan lukislah karton tersebut menyerupai burung garuda.

10. Hiasan Origami

Origami merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Kamu bisa membuat origami berbentuk burung dengan warna merah dan putih. Origami ini kemudian bisa digantung untuk menghiasi panggung.

11. Hiasan dari Balon

Balon sudah menjadi pilihan untuk menghias panggung di berbagai jenis perayaan, termasuk hari kemerdekaan. Balon dengan warna merah dan putih dapat dipilih untuk mempercantik panggung. Pilihlah balon berbahan lateks agar tidak mudah meletus dan kempes.

12. Panggung bertemakan Musik

Kurang lengkap rasanya jika sebuah perayaan tanpa adanya musik yang mengiringi. Untuk mendukung kemeriahan acara ini, kamu bisa membuat dekorasi panggung dengan berbagai alat musik nusantara.

13. Panggung Mewah Elegan

Penggunaan konsep elegan juga dapat digunakan untuk perayaan kemerdekaan, khusus untuk acara di dalam ruangan. Gunakanlah warna merah maroon agar terlihat elegan namun masih memberikan suasana kemerdekaan.

14. Panggung bertemakan sebuah Film

Dekorasi panggung menggunakan konsep sebuah film bisa menjadi ide cemerlang untuk menghias panggung. Pilihlah film yang mengusung tema perjuangan ataupun kemerdekaan. Tidak hanya itu, dengan dekorasi yang sudah sedemikian rupa, pertunjukkan drama juga sangat dapat menghidupkan suasana.

15. Panggung berkonsep Membaur

Panggung dengan konsep saling membaur artinya antara pengisi acara yang tampil di panggung dengan audiens yang menikmati acara berada pada satu ketinggian yang sama. Namun, konsep ini akan lebih cocok jika digunakan untuk acara yang ada di dalam ruangan atau indoor.

Sederhananya, kamu dapat menambahkan layar proyektor, yang menampilkan hiburan bertema kemerdekaan.

16. Hiasan Kain Klasik Sederhana

Kesederhanaan akan tetap memberikan kesan yang elegan dan terlihat klasik. Kamu bisa memanfaatkan kain dengan satu atau dua warna saja yang besar sebagai background. Kamu bisa memadukan warna merah dan putih untuk menambah kesan kemerdekaan.

17. Hiasan dari Lampu

Lampu hias atau string lamp, atau yang juga sering dikenal dengan nama lampu Tumblr ini juga sangat cocok digunakan untuk menghias panggung. Pilihlah warna lampu merah dan putih untuk menyesuaikan dengan tema perayaan kemerdekaan.

18. Hiasan bertema medan perang

Buatlah dekorasi panggung bagaikan berada di medan perang. Tambahkan juga berbagai barang yang berkaitan dengan perang, seperti bambu runcing dan senjata api.

19. Hiasan Figur Pahlawan

Kemerdekaan Indonesia tentu tidak dapat dicapai tanpa adanya sosok pahlawan yang begitu berani. Untuk mengenang jasa-jasanya, buatlah figur-figur pahlawan untuk menghiasi panggung yang terbuat dari triplek maupun kertas karton.

20. Hiasan bertema kepulauan Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan, jajaran kepulauan Indonesia tentu akan sangat cantik ketika digunakan sebagai hiasan panggung. Hiasan ini bisa dibuat dari gabus, karton, dan sebagainya.

Itulah 20 ide konsep panggung hiburan untuk acara 17 Agustus. Semoga bermanfaat!

Simak Video "Putri Ariani Diminta Jokowi Tampil di Upacara HUT ke-78 RI "
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)