Ingin Bekerja di Industri Game & Film sebagai Animator? Simak 3 Tipsnya

Ingin jadi animator? cek tiga tips jadi animator andal di sini.

Ingin Bekerja di Industri Game & Film sebagai Animator? Simak 3 Tipsnya
image
Jakarta -

Kemajuan digital turut membuat industri animasi kian menjanjikan hingga masa depan. Ada banyak banyak studio yang membutuhkan talenta di bidang animasi, yakni seorang animator.

Saking menjanjikannya, industri animasi tak hanya sebatas di perusahaan developer game atau studi film saja. Semua perusahaan yang membutuhkan konten animasi digital, pasti akan mencari animator.

Di Indonesia sendiri, beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) hingga kampus ada yang menyediakan jurusan animasi. Untuk SMK ada SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus, SMKN 4 Madiun, SMKN 4 Malang, SMK Taruna Bhakti Depok, hingga SMKN 1 Ciomas Bogor.

Sementara untuk kampus, ada Universitas Negeri Malang (UM), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta hingga Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta.

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi seorang animator, berikut ini tipsnya yang diuraikan oleh Jessica Vanessa, seorang Business and Relation dari Infinite Learning, sebagaimana dikutip dari laman Ditjen Vokasi Kemdikbud.

3 Tips Jadi Animator

1. Percaya Diri

Menurut Jessica, hal pertama yang perlu dilatih untuk menjadi animator andal adalah kepercayaan diri. Lebih lanjut, ia menuturkan jika keterampilan teknis animasi orang-orang tidak kalah dengan talenta luar negeri.

Dengan memiliki kepercayaan diri, kamu bisa menggapai mimpi menjadi animator. Terutama bagi kamu yang sudah masuk di jurusan animasi, baik itu di SMK maupun politeknik.

2. Sungguh-sungguh dalam Belajar

Industri animasi terus berkembang dengan cepat. Untuk memiliki daya saing, penting untuk terus belajar dengan sungguh-sungguh dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri.

Kamu bisa mengikuti seminar, workshop, atau kursus online yang ditawarkan oleh para profesional animasi. Selain itu, jangan takut untuk mencoba bidang animasi baru, seperti animasi 3D atau animasi interaktif.

3. Buat Portofolio

Salah satu hal terpenting untuk menarik perhatian pengusaha atau studio animasi adalah portofolio. Kumpulkan dan kurasi karya terbaikmu dalam portofolio yang menunjukkan berbagai gaya, teknik, dan proyek yang telah dikerjakan.

Pastikan juga portofolio mudah diakses secara daring dan perbarui secara berkala dengan karya terbaru. Portofolio yang kuat akan membantu dalam mendapat kesempatan baru.

Demikian tiga tips untuk menjadi animator andal yang bisa detikers ikuti. Semoga membantu, ya!

Simak Video "Staf 'Squid Game 2' Teriak ke Pengunjung Bandara, Produser Minta Maaf "
[Gambas:Video 20detik]
(nir/faz)