6 Film Horor Indonesia Tentang Santet dan Kerasukan, Sewu Dino hingga Qorin

6 film horor Indonesia tentang santet dan kerasukan, ada Sewu Dino hingga Qorin. Film tersebut menawarkan pengalaman menakutkan yang tak terlupakan.

TEMPO.CO, JakartaFilm horor masih menjadi favorit banyak orang karena mampu menghadirkan kisah menegangkan dan tampilan visual yang menggelegar, hingga dijamin bikin bulu kuduk merinding. Film horor terbaru 2023 yang tayang menjelang libur lebaran seperti Sewu Dino dan sekuel film Makmum yang berjudul Khanzab.

Film horor 2023 bukan hanya datang dari kisah urban legend, tapi juga kisah nyata yang mengerikan. Film horor Indonesia ini dianggap lebih mengerikan, karena karakter hantu yang ditampilkan sangat familiar di perfilman Indonesia. Mari simak 6 film horor Indonesia tentang santet dan kerasukan yang harus ditonton sekarang juga.

1. Sewu Dino (19 April 2023)

Sewu Dino mengisahkan kisah nyata yang terjadi di sebuah desa. Seseorang bernama Sri, ditugaskan bersama Erna dan Dini dalam sebuah gubuk terpencil di tengah hutan untuk memandikan dan merawat seorang bernama Dela Atmojo, yakni cucu Mbah Karsa Atmojo yang terkena kutukan santet Sewu Dino. Sewu Dino merupakan santet yang harus ditebus dengan ritual sampai 1000 hari, apabila gagal maka nyawa adalah taruhannya.

imagePoster film Sewu Dino. Foto: Instagram @sewudinomovie.

2. Khanzab (19 April 2023)

Khanzab merupakan spin off film Makmum 1 dan 2 yang tayang pada 2019 dan 2021. Film Khanzab ini mengisahkan seorang gadis bernama Rahayu yang memiliki trauma masa lalu melihat ayahnya dipenggal oleh dukun santet pada 1998. Ayah Rahayu merupakan salah satu korban pembantaian dukun, yang membuat ia dan ibunya pulang ke kampung halamannya.

Namun ternyata, keluarga Rahayu dikucilkan karena dianggap sebagai keluarga penyembah setan yang bekerja sama dengan dukun. Sebab itulah, Rahayu berusaha mencari ketenangan dengan melakukan salat. Tapi ternyata, salat yang dijalani membuatnya tidak khusyu karena Rahayu kerap diganggu makhluk astral bernama Khanzab.

3. Iblis dalam Darah (16 Maret 2023)

Iblis dalam Darah mengisahkan seorang perempuan berusia 23 tahun bernama Haruni. Ia selalu merasa bahwa dirinya digerakkan dari dalam oleh sesuatu yang tidak ia pahami. Ternyata Haruni dirasuki oleh makhluk astral yang mampu mempengaruhi sikap dan membuatnya kerap menyakiti dirinya sendiri. 

Kemudian, dokter muda ahli mata batin bernama Ahmad mengetahui kabar tersebut dan berusaha mengobati Haruni, yang diduga mengalami kerasukan yang berhubungan dengan sebuah kasus bunuh diri. Semenjak itu, keduanya melakukan investigasi dan berusaha mengusir roh jahat dari tubuh Haruni.

4. Qorin (1 Desember 2022)

Qorin mengisahkan teror jin bernama Qorin yang menghantui sebuah pesantren. Berawal dari seorang ustadz yang mengajak santrinya mengadakan ritual pemanggil Qorin, namun justru membahayakan nyawa banyak orang. Sebab, jin mirip manusia ini berusaha mengajak santri berbuat dosa hingga salah satu siswi teladan bernama Zahra harus menanggung akibat dari tindakan siswi bernama Yolanda. 

imagePoster film Qorin. Foto: Wikipedia.

5. Qodrat (27 Oktober 2022)

Qodrat mengisahkan ilmu ruqyah dan kehidupan seorang ustad bernama Qodrat. Ustad Qodrat gagal menyelamatkan anaknya yang bernama Alif Al-Fathonah setelah dirasuki setan bernama Assuala. Sejak kegagalannya tersebut, ustad Qodrat berusaha mendalami ilmu ruqyah namun ternyata setelah belajar ilmu ruqyah dan kembali ke pesantren, sang ustad baru menyadari bahwa pesantrennya telah berbeda karena diisi oleh berbagai macam gangguan gaib.

6. Waktu Maghrib (9 Februari 2023)

Waktu Maghrib mengisahkan mitos populer di Indonesia untuk tidak keluar rumah saat waktu magrib karena banyak makhluk gaib mengincar nyawa manusia. Dalam kisah ini, menceritakan sosok Adi dan Saman yang selalu dimarahi oleh Bu Woro karena terlambat masuk, hingga keduanya selalu mendapat hukuman. Saat menjelang magrib, Adi dan Saman menyumpahi Bu Woro agar segera meninggal.

Sadisnya, sumpah tersebut menjadi kenyataan. Bu Woro meninggal dalam sebuah kecelakaan tragis dan berakhir membuat Adi dan Saman terkejut sekaligus ketakutan. Di sisi lain, Ayu berpamitan kepada Ayahnya untuk sholat maghrib di Masjid. Kemudian, ayahnya mengingatkan Ayu untuk pulang setelah shalat maghrib. 

Di perjalanan menuju masjid, Ayu melihat sosok perempuan dengan wujud menakutkan yang mirip sekali dengan Bu Woro. Ternyata, makhluk tersebut merupakan arwah misterius yang berusaha mengganggu banyak orang di waktu maghrib. Begitupun dengan Adi dan Saman yang lebih dulu mendapatkan teror mengerikan dari makhluk astral tersebut.

Nah, itu dia 6 film horor Indonesia tentang santet dan kerasukan mulai dari Sewu Dino hingga makmum. Film mana yang ingin Anda tonton secepatnya?

NUR QOMARIYAH

Pilihan Editor: 7 Rekomendasi Film Horor Thailand, Cocok untuk Mengisi Waktu Libur

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.