Sinopsis Buya Hamka, Babak Pertama Kisah Hidup Sang Cendekiawan

Film biopik Buya Hamka terbagi menjadi tiga bagian yang bagian pertamanya tayang mulai hari ini, Selasa (19/4).

Sinopsis Buya Hamka, Babak Pertama Kisah Hidup Sang Cendekiawan
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Buya Hamka merupakan film yang mengisahkan sosok Haji Abdul Malik Karim Amrullah alias Buya Hamka, seorang pendakwah, sastrawan, serta pemikir Islam yang berpengaruh di Indonesia.

Film biopik itu terbagi menjadi tiga bagian yang akan mengisahkan momen penting dalam hidup Buya Hamka. Buya Hamka bagian pertama tayang mulai 19 April 2023.

Berikut sinopsis Buya Hamka.

Pada bagian pertama, film tersebut menampilkan berbagai momen penting kehidupan Buya Hamka (Vino G. Bastian) dalam kurun waktu 1933 hingga 1945.

Kala itu, Hamka dipercaya sebagai ketua pengurus Muhammadiyah di Makassar. Peran dan gayanya dalam memimpin berhasil memberikan berbagai kemajuan bagi organisasi hingga namanya begitu harum.

Ia juga aktif menulis berbagai karya roman, satu genre yang ditekuni kala itu. Beberapa cerita roman yang dikerjakan oleh Hamka, seperti Di Bawah Lindungan Ka'bah hingga Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.

Kehidupan Hamka semasa itu juga dipenuhi rasa syukur karena sudah berkeluarga. Istrinya, Sitti Raham (Laudya Cynthia Bella), menjadi sosok krusial di balik berbagai keputusan penting Hamka sepanjang hidupnya.

[Gambas:Video CNN]

Salah satunya ketika Hamka ditawari pekerjaan sebagai pemimpin redaksi majalah Panji Masyarakat di Medan. Hamka yang semula ragu meninggalkan Makassar akhirnya sepakat untuk menerima tawaran pekerjaan tersebut.

Keputusan tersebut juga membuat Hamka harus terpisah dengan Sitti dan anak-anak mereka yang menetap di Padang Panjang.

Kehidupan Buya Hamka kemudian beralih jadi penuh tantangan. Ia memimpin majalah progresif yang terus menyuarakan kehendak rakyat di tengah jajahan Belanda.

Ia juga merilis deretan edisi roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk melalui majalah tersebut, yang ternyata berhasil memikat pembaca.

Namun, Buya Hamka juga menghadapi ujian berat karena harus meninggalkan keluarga. Sebagai seorang ayah, ia melewatkan banyak momen penting dalam keluarga yang dia pimpin.

Berbagai peristiwa itu terus berlanjut hingga Buya Hamka mulai terlibat dalam perjuangan Indonesia sampai akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945.

Drama biopik itu disutradarai oleh Fajar Bustomi dengan naskah karya Alim Sudio dan Cassandra Massardi. Buya Hamka digadang-gadang menjadi salah satu film Indonesia dengan biaya produksi terbesar hingga mencapai puluhan miliar.

Film tersebut juga dibintangi sederet aktor papan atas Indonesia, seperti Vino G. Bastian, Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, hingga Donny Damara.

Selain itu, Buya Hamka juga menampilkan nama-nama besar lain pada bagian selanjutnya. Seperti Mawar de Jongh, Donny Kesuma, Teuku Rifnu Wikana, Mathias Muchus, Reza Rahadian, Chew Kin Wah, hingga Ayudia Bing Slamet.

Bagian pertama dari film biopik Buya Hamka tayang di bioskop mulai 19 April 2023.

[Gambas:Youtube]

(frl/pra)