5 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Menghantui

Surabaya, memorandum.co.id - Horor jadi salah satu genre film yang cukup banyak peminatnya. Film horor yang menghadirkan sosok hantu menyeramkan sangat diminati karena bisa menimbulkan sensasi seru...

5 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Menghantui

Surabaya, memorandum.co.id – Horor jadi salah satu genre film yang cukup banyak peminatnya. Film horor yang menghadirkan sosok hantu menyeramkan sangat diminati karena bisa menimbulkan sensasi seru dan menegangkan saat menontonnya.

Belum lagi, cerita yang menyeramkan dan penuh misteri juga jadi alasan tersendiri mengapa film tentang hantu Indonesia begitu digemari. Terlebih, ada banyak rekomendasi film hantu Indonesia yang terkenal karena ceritanya yang seram.

pakuwon

Simak ulasan berikut untuk rekomendasinya

1. KKN di Desa Penari (2022)

KKN di Desa Penari telah viral sejak beberapa tahun lalu dan direncanakan untuk tayang di bioskop Indonesia sejak tahun 2020. Namun, karena pandemi yang dialami, film ini terus mendapat penundaan tayang. KKN di Desa Penari berkisah tentang enam mahasiswa yang melaksanakan KKN di sebuah desa terpencil, mereka adalah Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu yang tidak pernah menyangka kalau desa yang mereka pilih ternyata bukanlah desa biasa. Pak Prabu, sang kepala desa, memperingatkan mereka untuk tidak melewati batas gapura terlarang. Namun, satu per satu dari mereka mulai merasakan keanehan desa tersebut. Bima pun mulai berubah sikap dan program KKN mereka berantakan. Tampaknya, penghuni gaib desa tersebut tidak menyukai mereka. Film ini memecahkan rekor sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton 7 juta orang per tanggal 16 Mei 2022.

 

2. Keramat (2009)

Keramat memang termasuk film horor yang sudah cukup lama. Meski begitu, sampai saat ini Keramat masih jadi salah satu film horor Indonesia paling menyeramkan. Keramat bercerita tentang sekelompok tim produksi film yang pergi ke Yogyakarta untuk menyelesaikan proses produksi. Dalam proses produksi tersebut, tiba-tiba salah satu pemain mengalami kerasukan. Dari situlah cerita bergulir. Kejadian demi kejadian yang aneh dan ganjil terjadi. Keramat menggunakan teknik pengambilan gambar layaknya film dokumenter. Sehingga, kisah yang tersaji terasa seolah-olah nyata. Terlebih, film horor ini terbilang berani dalam memasukkan unsur-unsur mistis yang ada di masyarakat Jawa. Mulai dari penampakan hantu pocong, keranda, hingga Nyi Roro Kidul semua tersaji di film ini.

 

3. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan tahun 2017 adalah remake-prekuel lepas dari film 1980 dengan judul yang sama yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra berdasarkan cerita oleh Subagio S. Alur cerita film horor Indonesia ini mengikuti sebuah keluarga miskin dan malang, Mereka dihantui oleh kematian ibu yang meninggal setelah terbaring di tempat tidur selama 3 tahun dari penyakit aneh dan melemahkan. Setelah ibu mereka dinyatakan meninggal dunia, keanehan mulai timbul mendatangi keluarga kecil ini.

 

4. Danur (2017)

Menceritakan sebuah keluarga manis di Jawa Barat, ini menjadi salah satu film Horor Indonesia terbaik yang perlu ditonton. Risa adalah seorang gadis indigo, yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk gaib. Sejak kecil Risa merasa kesepian, ayahnya bekerja di luar negeri dan hanya berkunjung setiap 6 bulan sekali. Sementara ibunya, Elly, sibuk bekerja sebagai seorang guru di sebuah sekolah. Demi mengisi kesepiannya, ia bermain dengan makhluk tak kasat mata di rumahnya sendiri. Namun, ketika ia ingin “memanggilnya”, energi negatif mulai berdatangan ke rumah Risa.

 

5. Asih (2018)

Film horor terseram Indonesia selanjutnya adalah Asih yang merupakan spin off dari film Danur. Mengangkat latar 37 tahun sebelum cerita Danur dimulai, diceritakan Ita, seorang istri yang terpaksa melahirkan bayi perempuan lebih awal dari perkiraan. Namun bidan memperingatkan Ita untuk waspada terhadap makhluk gaib selama 40 hari ke depan. Pasalnya, santer kabar bahwa arwah Asih yang tak tenang dan mengincar bayi-bayi baru lahir untuk mengganti anaknya.

 

Itulah beberapa rekomendasi film horor Indonesia. Bagaimana pendapatmu? (mg1/gus)