5 Game Android yang Memperlihatkan Sisi Pilu Peperangan, Bikin Haru

Cukup bisa menyampaikan pesan perdamaian!

5 Game Android yang Memperlihatkan Sisi Pilu Peperangan, Bikin Haru

Industri game sering kali mengangkat tema perang. Mempunyai kesempatan menjadi prajurit dan berperan heroik membela tanah air memang mengasyikkan. Tapi, apakah kamu pernah mempertimbangkan sisi lain dari perang?

Bagi para gamer, menjadi seorang prajurit yang beraksi memang seru, namun kenyataannya, perang membawa derita bagi warga sipil yang terperangkap di dalamnya. Berikut ini deretan game Android yang memperlihatkan sisi pilu peperangan. Bisa membuka mata kamu tentang realitas perang!

1. This War of Mine

5 Game Android yang Memperlihatkan Sisi Pilu Peperangan, Bikin HaruGameplay dari This War of Mine (dok. 11bit Studio/This War of Mine)

This War of Mine adalah salah satu game survival paling populer yang tersedia di banyak platform gaming dari konsol Playstation, PC hingga Android. Game bergenre survival ini menceritakan tentang perjuangan warga sipil yang harus bertahan hidup di tengah perang sipil yang menjadikan kota sebagai medan perang.

Game karya 11 Bit Studio ini menuai banyak pujian karena berhasil menangkap atmosfer kelam dan mencekam yang mirip dengan situasi yang sesungguhnya. Kamu harus mengontrol 2 sampai 4 survivor yang tinggal dalam sebuah shelter. Tugasmu adalah memastikan mereka bertahan hidup sampai perang berakhir dan memenuhi kebutuhan mereka seperti makan, minum, tidur bahkan kondisi mental harus dijaga. Kamu bisa eksplorasi beberapa bagian kota untuk mencari makanan, senjata atau bahkan rekan baru.

This War of Mine bukanlah sekedar game melainkan sebuah simulasi tentang susahnya hidup di tengah perang. Apa kamu sanggup mengawal para survivor untuk mendapat ending terbaik dalam game ini?

2. Last War: Army Shelter

5 Game Android yang Memperlihatkan Sisi Pilu Peperangan, Bikin HaruGameplay game Last War: Army Shelter(dok. TinyBytes/Last War: Army Shelter)

Game ini menggambarkan perjuangan para tentara untuk membangun kembali peradaban mereka hanya hampir musnah oleh peperangan. Game dari developer TinyBytes ini bergenre survival simulation di mana kamu harus membangun base kamu dan memperkuatnya dari serangan musuh. 

Game yang berlatar semasa Perang Dunia II ini menggambarkan usaha para tentara dan warga sipil untuk kembali bangkit dari kekalahan dan mencoba memakmurkan kehidupan mereka yang telah porak poranda. Banyak variasi gameplay yang akan selalu bikin kamu terhibur mulai dari misi penyelamatan sandera, sabotase senjata, penyerangan ke markas musuh serta simulasi manajemen bunker.

3. Valiant Hearts

5 Game Android yang Memperlihatkan Sisi Pilu Peperangan, Bikin HaruGameplay dari Valiant Hearts (dok. Ubisoft/Valiant Hearts)

Perang bisa memisahkan seseorang dari keluarga dan orang terkasih. Bukan hanya warga sipil saja namun para tentara juga menjadi korban, mereka harus berjuang demi negara jauh dari pelukan hangat keluarga. Lebih buruk lagi bila keluarga mereka tinggal di wilayah musuh. Game Valiant Hearts adalah game side-scrolling puzzle adventure dari Ubisoft yang menuai banyak pujian karena ceritanya yang kuat dan emosional.

Kamu akan memainkan 4 karakter dalam game ini: tentara Prancis bernama Emile dan menantunya Karl yang adalah seorang Nazi dan bertempur di kubu yang berseberangan. Seorang tentara Amerika bernama Freddy dan seorang perawat bernama Anna. Keempat karakter tersebut punya cerita epik nan mengharukan yang bakal mengajakmu menaiki roller coaster emosi.

Baca Juga: 8 Game MMORPG Bertema Anime Terbaik di Android, Ada Genshin Impact!

4. Reconstruccion: war is not a game

5 Game Android yang Memperlihatkan Sisi Pilu Peperangan, Bikin HaruGameplay dari Reconstruccion: war is not a game (dok. Pathos Audiovisual/Reconstruccion: war is not a game)

Reconstruccion: war is not a game adalah game graphic adventure yang dari developer Pathos Audiovisual. Seperti game buatan Telltale Games, game ini berfokus pada narasi cerita dengan pilihan ganda untuk menentukan arah cerita sesuai keinginan. Tentu saja berlatar di pertengahan konflik peperangan bakal sering memaksa kamu bikin keputusan sulit.

Mengambil cerita dan latar saat terjadinya Perang Kolombia tahun 1964. Kamu berperan sebagai Victoria, seorang gadis dengan kemampuan supranatural yang harus dipaksa terlibat dalam peperangan karena keadaan. Kamu harus memilih keputusan terbaik untuk menyelamatkan tidak hanya dirimu namun juga rekan dan bahkan musuhmu.

Nilai plus lain dari game ini adalah banyaknya easter eggs berupa informasi dan referensi nyata dari sejarah. Jadi gak hanya main game, kamu juga bisa sekalian belajar kan? Menang banyak kan!

5. Final Fantasy Tactics: War of the Lions

5 Game Android yang Memperlihatkan Sisi Pilu Peperangan, Bikin HaruGameplay dari Final Fantasy Tactics: War of the Lions (dok. Square Enix/Final Fantasy Tactics: War of the Lions)

Kalau game yang satu ini pasti sudah gak asing di telinga. Yup, Final Fantasy adalah franchise RPG dari Square Enix yang sudah mendunia. Final Fantasy Tactics adalah spin-off bergenre strategi yang dulunya jadi salah satu game andalan jaman PS1, sebelum akhirnya di-porting ke Android.

Game ini menceritakan tentang peperangan, ada banyak intrik dan drama dalam game ini seolah sedang menonton drama kolosal. Tidak seperti Final Fantasy pada umumnya yang bernuansa cheerful dan penuh motivasi, game ini memberikan cerita kelam dan suram dari perang yang gak ada faedahnya. Game ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal untuk pasar Android namun gameplay dan cerita yang disajikan benar-benar worth it, kok!

Game dapat menjadi media yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan kebaikan dan pesan anti perang. Melalui gameplay dan cerita yang disajikan, gamer dapat merasakan secara langsung dampak dari konflik dan perang, serta memahami pentingnya perdamaian dan kemanusiaan. Di antara game Android yang memperlihatkan sisi pilu peperangan di atas, mana yang sudah kamu mainkan?

Baca Juga: 8 Game Life Simulation di Android, Bisa Kerja dan Bangun Keluarga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.