iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming

iQoo sebagai brand smartphone yang berfokus pada performa, belum lama ini mereka merilis smartphone bertenaga Snapdragon 782G, iQoo Z7 5G.

iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
Jakarta: iQoo belum lama ini merilis smartphone bertenaga Snapdragon 782G, iQoo Z7 5G. Smartphone ini juga sudah dibekali dengan sistem liquid cooling pada bagian belakang sehingga saat digunakan tidak terasa panas dan mengganggu pengguna.
 
Perlu diketahui, banyak yang mengatakan bahwa ini juga menjadi smartphone yang ideal untuk gaming karena performanya. Ada juga yang bilang juga bahwa iQoo Z7 5G ini mempunyai kemampuan kamera yang bagus. Berikut adalah review iQoo Z7 5G oleh Redaksi Teknologi Medcom.id.
 

Desain

iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Pada bagian belakang iQoo Z7 5G ini mempunyai dua buah kamera berukuran besar dengan bertuliskan OIS. Pada kesempatan kali ini, kami melakukan review untuk warna Metallic Grey. Terlihat smartphone ini elegan dengan warna tersebut dengan gradasi warna yang tercipta ketika pengguna menggoyangkan HP ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Bagian kanan dari iQoo Z7 5G sendiri terlihat tombol media untuk Volume suara dan Lock Button untuk mengaktifkan sleep mode. Perlu diketahui bahwa ketebalan yang dimiliki oleh smartphone ini mencapai 7.8mm dengan bobot berat 173g.
 
Bobot tersebut terkadang mengganggu ketika menggunakan smartphone ini untuk bermain game, karena terkadang tangan atau jari-jari terasa pegal untuk menopang beban dari HP tersebut.
 
Namun, bobot berat tersebut bisa terbantu karena lebar yang diberikan oleh iQoo Z7 5G. Kami merasa ketika memainkan game, HP ini terasa sedang bermain menggunakan Deck Console.
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Yang membuat iQoo Z7 5G ini menarik adalah smartphone ini masih menyediakan Audio Jack 3.5mm sebagai fitur yang memang dicari oleh para gamer. Mengingat bahwa sebagian besar gamer mempunyai headphone atau earphone gaming dengan 3.5mm jack. 
 
Selain itu, jika dilihat secara seksama terlihat speaker untuk memberikan suara tambahan. Hal ini menjadi salah satu nilai plus yang dimiliki oleh iQoo Z7 5G. Berkat hadirnya speaker tersebut maka para pengguna bisa menikmati suara dinamis yang dihasilkan oleh speaker itu sendiri.
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Pada bagian bawah terlihat satu buah port USB-C untuk melakukan pengisian daya. Selain itu, juga terdapat speaker dan slot untuk sim card. Tidak lupa bahwa terdapat mikrofon untuk menangkap suara pengguna saat melakukan panggilan telepon atau bahkan video. yang terletak pada sebelah kanan slot sim card. 
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Layar yang berukuran 6.38 inci AMOLED menjadi sebuah daya tarik tersendiri dari iQoo Z7 5G. Hadirnya layar tersebut menjadi pengalaman bermain game mobile yang nyaman untuk dilakukan dengan jangka waktu yang cukup panjang. Screen-to-body ratio nya mencapai 84 persen.
 
Puncak kecerahan mampu untuk mencapai angka 1300 nits, sehingga para pengguna tidak perlu khawatir ketika membuka handphone dengan pantulan terik sinar matahari yang akan memudarkan layar. Resolusi layar yang diberikan juga cukup maksimal karena mencapai 1080 x 2400 pixel.
 
Layar ini juga sudah menyediakan HDR+ sehingga akan sangat ideal untuk digunakan sebagai menonton film atau bahkan bermain game. Hal lain yang membuat pengalaman gaming menjadi lebih imersif adalah refresh rate yang mencapai 90Hz,  cukup tinggi untuk bermain game mobile atau bahkan untuk menonton film dengan adegan penuh action.

Antarmuka dan Fitur


iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
iQoo Z7 5G ini sendiri sudah menggunakan Android 13 dan FunTouch 13, sehingga antarmuka yang diberikan sudah cukup lengkap mulai dari jam, tanggal dan hari, serta terdapat search bar dari Google. 
 
Control center juga terlihat cukup lengkap. Terdapat indikator Wi-Fi, Bluetooth, Roation control, dan juga vibration mode. Namun, ketika pengguna menggeser kebawah, maka akan tersedia opsi yang jauh lebih lengkap seperti, silent mode, airplane mode, dan lain-lain.
 
Bisa dikatakan bahwa iQoo Z7 5G mempunyai antarmuka yang tergolong friendly dan mudah untuk dipahami. Berkat kemudahan ini, para pengguna tidak akan mengalami kendala untuk memahami antarmuka yang diberikan oleh Android 13.
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Layaknya smartphone yang berfokus pada performa gaming, iQoo Z7 5G ini menyediakan fitur Gaming Assistant sebagai cara pengguna melakukan pengaturan performa yang diinginkan.
 
Terlihat bahwa terdapat tiga pilihan mode yang bisa dipilih oleh pengguna yakni, Balance Mode ketika pengguna atau pemain ingin bermain dengan mode seimbang, Monster Mode etika pengguna ingin bermain dengan grafik dengan FPS yang selalu stabil, tetapi akan sangat memakan daya, dan yang terakhir adalah Battery Saver Mode ketika pemain ingin bermain game dengan tingkat efisiensi daya yang tinggi.

Kamera

iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Membahas kamera, iQoo Z7 5G sudah dibekali dengan 64MP sekaligus dengan teknologi OIS, serta 2MP untuk Depth Camera yang akan membantu kamera utama. Berkat semua teknologi yang sudah tertanam pada kamera iQoo Z7 5G sendiri, mampu menciptakan foto yang sangat maksimal.
 
Terlihat pada foto tersebut bahwa kamera berhasil menjepret dengan hasil yang sangat maksimal, terlebih lagi foto tersebut juga mendapatkan cahaya natural dari matahari. Selain itu, foto lautan yang dihasilkan juga memberikan kejernihan berkat adanya HDR.
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Untuk mengabadikan foto dengan pencahayaan yang minim, iQoo Z7 5G ini juga bisa diandalkan. Terlihat pada foto tersebut menghasilkan foto yang maksimal, tidak ada blurry atau noise yang berlebih pada cahaya dengan warna yang berbeda dari lingkungan tersebut. Selain itu, hal istimewa lainnya adalah shutter speed dan aperture dari kamera tersebut menyesuaikan pencahayaan yang ada, sehingga mampu untuk menghasilkan foto yang maksimal.
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Jika digunakan untuk memotret lingkungan dengan lampu-lampu yang cukup banyak di malam hari, iQoo Z7 5G mampu untuk memberikan foto yang maksimal. Hal ini kurang lebih sama dengan apa yang sudah dilakukannya pada pencahayaan yang minim, aperture dan shutter speed menyesuaikan pencahayaan dari lingkungan tersebut.
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Jika digunakan untuk selfie, kamera berukuran 16MP tersebut mampu untuk memberikan hasil yang maksimal. Kamera selfie tersebut mempunyai kemampuan untuk bisa mendeteksi lebih dari satu wajah, sehingga untuk melakukan group selfie iQoo Z7 5G bisa diandalkan. Selain itu, hasil dari selfie tersebut tidak adanya blurry dan mampu untuk fokus kepada setiap object yang ada.
 
iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Ini merupakan hasil paling pamungkas yang kami jepret. Hadirnya pencahayaan yang maksimal juga membantu menghasilkan foto bokeh yang ada. Namun, kamera dari iQoo Z7 5G ini memang sangat memadai untuk memotret foto bokeh, atau foto yang hanya berfokus pada objek utama pada frame. Terlihat pada foto tersebut yang hanya berfokus pada objek utama, dan background dari objek tersebut blur. Hasil ini merupakan salah satu hasil yang tergolong maksimal.

Performa dan Baterai


iQoo Z7 5G, HP Mid-Range Ideal untuk Gaming
 
Soal spesifikasi, baterai tidak akan pernah luput jika membahas tentang smartphone. iQoo Z7 5G ini mempunyai kapasitas baterai hingga 4.500 mAh dengan pengisian daya 44W fast charging. Baterai ini sudah tergolong cukup memadai ketika digunakan untuk produktivitas pengguna, di luar gaming.
 
Terlihat dari hasil yang dilakukan oleh PCMark Battery Performance membuahkan hasil ketahanan baterai hingga 19 jam 22 menit.
 
Kami juga melakukan gaming test dengan bermain game Genshin Impact dan PUBG Mobile. Saat bermain Genshin Impact, kami menggunakan graphic Ultra dengan 60FPS. Kami sangat terkejut bahwa saat bermain game tersebut, tidak adanya drop FPS serta temperatur HP masih sangat stabil.
 
Bisa dikatakan HP ini sangat bisa diandalkan untuk melakukan Hardcore Gaming. Karena memang iQoo Z7 5G ini bisa menopang beban yang diberikan oleh game tersebut. Jika digunakan untuk produktivitas, HP ini sangat bisa diandalkan dari kekuatan baterai, sehingga para pengguna tidak perlu khawatir jika kehabisan baterai.

Kesimpulan

Secara umum, iQoo Z7 5G ini merupakan handphone yang bisa diandalkan untuk keperluan prodduktivitas seperti mengedit, atau mendukung pekerjaan harian pengguna karena ketahanan baterai yang kuat.
 
Bahkan, smartphone ini juga bisa diandalkan untuk keperluan gaming para pengguna karena memang performa yang diberikan cukup maksimal dan jauh dari kata kurang. Para pengguna juga bisa bermain game dengan nyaman dan sudah didukung dengan graphic yang super.
 
Namun, para pengguna akan merasa pegal pada bagian jari-jari yang menopang iQoo Z7 5G, karena bobot dari smartphone ini tergolong agak berat, Sehingga para pengguna harus mengistirahatkan sejenak jari-jari jika menggunakan iQoo Z7 5G dengan waktu yang lama.
Untuk membuat konten, iQoo Z7 5G ini mampu untuk memberikan hasil konten yang maksimal.
 
Karena memang smartphone ini mempunyai kelebihan dari kamera sehingga mampu untuk memberikan hasil yang cukup memuaskan. Jadi, untuk para konten kreator iQoo Z7 5G ini bisa dikatakan menjadi andalan. (Christopher Louis)
 
Spesifikasi  iQoo Z7 5G 
Prosesor Snapdragon 782G
GPU Mali-G68 MC4
OS Android 13/FunTouch 13 
RAM 8GB
Memori Internal  128GB
Kamera Belakang 64MB + 2MP
Depan 16MP
Baterai 4.500mAh, 44W Fast Charge
Layar 6,38 inci AMOLED
Harga  Rp4.299.000
 
iQoo Z7 5G
  • NFC
  • Kamera bagus
  • Baterai awet
  • Dual speaker
  • Performa
  • Bobot agak berat