5 Film yang Harus Ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Tempat Menontonnya

Guardians of the Galaxy Vol. 3 tayang di bioskop di seluruh Indonesia besok, Rabu (3.5). Sebelum menonton film ini, sebaiknya menonton beberapa film sebelumnya....

5 Film yang Harus Ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Tempat Menontonnya

loading...

Guardians of the Galaxy Vol. 3 tayang di bioskop di seluruh Indonesia besok, Rabu (3/5). Sebelum menonton film ini, sebaiknya menonton beberapa film sebelumnya. (Foto: Disney Plus)

Guardians of the Galaxy Vol. 3 resmi tayang di bioskop di seluruh Indonesia besok, Rabu (3/5). Film ini akan menandai akhir perjalanan anggota asli tim superhero kosmik Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebut. Makanya, penggemar pun sudah tidak sabar ingin menyaksikannya.

Sebagai sebuah penutup, Guardians of the Galaxy Vol. 3 jelas akan jadi sangat emosional, terutama bagi penontonnya. Selain itu, film ini akan menutup sejumlah busur cerita karakter yang pernah diperkenalkan di sepanjang franchise ini. Sehingga, menonton film sebelum seri ketiga ini akan membantu memahami lebih dalam cerita dan karakter di Vol. 3.

Sejak diperkenalkan pada 2014, tim Guardians setidaknya telah tampil di 6 film di MCU, yang terdiri atas 2 film solo, 2 film Avengers, dan satu FTV di Disney+. Mereka juga pernah tampil sebagai cameo di Thor: Love and Thunder. Dari semua penampilan itu, tim ini telah menampilkan kesan yang mendalam. Sementara, Guardians of the Galaxy Vol. 3 akan menutup perjalanan tim asli Guardians, ada sejumlah film yang harus ditonton untuk lebih memahami perjalanan para karakter di franchise ini. Apa saja film yang harus ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3? Simak rekomendasi dan tempat menontonnya berikut!

1. Guardians of the Galaxy — 2014

5 Film yang Harus Ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Tempat Menontonnya

Foto: Disney Plus

Guardians of the Galaxy pertama dirilis pada 2014. Film ini memperkenalkan penonton kepada lima anggota asli tim superhero kosmik MCU itu. Mereka adalah Peter Quill alias Star-Lord (Chris Pratt), Gamora (Zoe Saldana), Drax the Destroyer (Dave Bautista), Rocket Raccoon (Bradley Cooper), dan Groot (Vin Diesel). Film ini adalah asal usul terbentuknya tim tersebut.

Selain itu, film pertama ini juga membawa penonton untuk mengenal Ravagers, sindikat kriminal antargalaksi. Tokoh yang ditampilkan di film ini adalah Yondu Udonta (Michael Rooker) dan Kraglin (Sean Gunn). Selain itu, Thanos (Josh Brolin) pun tampil di film ini bersama anaknya, Nebula (Karen Gillan).

Guardians of the Galaxy pertama ini bertanggung jawab memperkenalkan sederet karakter yang kemudian punya peranan penting di MCU. Asal usul karakternya pun dikisahkan secara singkat, padat, dan jelas, kecuali Rocket Raccoon. Film ini juga sukses meroketkan popularitas tim Guardians of the Galaxy yang sebelumnya tidak terlalu dikenal, bahkan di kalangan pecinta komik Marvel. Guardians of the Galaxy bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

2. Guardians of the Galaxy Vol. 2 — 2017

5 Film yang Harus Ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Tempat Menontonnya

Foto: Disney Plus

Seri kedua Guardians of the Galaxy ini melanjutkan kisah petualangan tim Guardians setelah mereka melenyapkan Ronan the Accuser dan menyelamatkan Xandar dari kehancuran. Di film ini, Guardians diburu The Sovereign setelah Rocket mencuri batere mereka. Di sisi lain, Peter bertemu ayah kandungnya, Ego (Kurt Russell). Film ini juga memperkenalkan penonton pada Mantis (Pom Klementiff).

Dalam perjalanannya, Peter akhirnya tahu kalau Ego sama sekali tidak berniat baik kepadanya. Dia pun terpaksa mengakhiri hidup Ego. Tapi, Peter harus membayar mahal usahanya itu karena sosok ayah yang selama ini mendampinginya, Yondu, harus tewas dalam peristiwa itu. Kematian Yondu adalah salah satu adegan paling emosional di Guardians of the Galaxy dan MCU. Film ini juga menyaksikan perubahan sikap Nebula. Guardians of the Galaxy Vol. 2 bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

3. Avengers: Infinity War — 2018

5 Film yang Harus Ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Tempat Menontonnya

Foto: Disney Plus

Avengers: Infinity War berkisah tentang para Pahlawan Terkuat Bumi menghadapi ancaman Thanos yang hendak mengumpulkan 6 Batu Keabadian. Usaha ini kemudian melibatkan tim Guardians of the Galaxy. Thanos membawa pergi Gamora dan menumbalkannya untuk mendapatkan Batu Jiwa.

Kematian Gamora mempengaruhi jiwa Peter Quill. Sebelum Gamora dibawa pergi Thanos, Peter dan Gamora sama-sama saling mengakui perasaan mereka. Peter begitu terpukul saat tahu kalau Gamora sudah mati di Vormir. Akibatnya, serangan di Planet Titan yang sudah direncanakan matang-matang berantakan. Thanos akhirnya mampu mendapatkan 6 Batu Keabadian dan melenyapkan separuh populasi alam semesta. Avengers: Infinity War bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

4. Avengers: Endgame — 2019

5 Film yang Harus Ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Tempat Menontonnya

Foto: Disney Plus

Avengers: Endgame memperlihatkan dampak jentikan jari Thanos terhadap alam semesta. Jentikan itu melenyapkan hampir semua anggota Guardians, kecuali Rocket dan Nebula. Kedua orang ini kemudian punya peranan penting dalam menemukan Thanos dan menghabisinya.

Mereka pun kembali terlibat dalam usaha mengembalikan keadaan dengan melakukan perjalanan menembus waktu. Lewat perjalanan inilah, Gamora kembali hadir. Tapi, Gamora yang hadir ini bukanlah Gamora yang pernah dikenal anggota Guardians of the Galaxy. Dia adalah Gamora versi 2014 yang belum mengenal Peter dan teman-temannya. Di akhir film itu, Gamora pergi sendirian dan Guardians of the Galaxy bertekad mencarinya. Mereka pergi bersama Thor. Avengers: Endgame bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

5. Guardians of the Galaxy Holiday Special — 2022

5 Film yang Harus Ditonton sebelum Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Tempat Menontonnya

Foto: Disney Plus

Sebelum merilis Guardians of the Galaxy Vol. 3, MCU meluncurkan Guardians of the Galaxy Holiday Special untuk mengobati kerinduan penggemar tim superhero kocak ini. FTV ini mengisahkan kegiatan tim Guardians pasca-Endgame. Di sini, mereka menjadi penguasa Knowhere dan mengubah tempat itu menjadi sebuah tempat yang layak huni.

Di tengah kedamaian yang mereka rasakan, Mantis merasa ada yang kurang dalam hidup Peter. Dia dan Drax kemudian pergi ke bumi untuk mencari kado Natal untuk Peter. Tak tanggung-tanggung, mereka membawa Kevin Bacon sebagai kado Natal istimewa bagi Peter. Di FTV ini terungkap kalau Mantis adalah adik tiri Peter. Film ini punya signifikansi di Guardians of the Galaxy Vol. 3 karena setting tempatnya. Guardians of the Galaxy Holiday Special bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

(alv)