25 Film Sad Ending Terbaik dari Indonesia, Korea & Barat dengan Rating Tertinggi

Film dengan kisah sad ending berhasil meraih hati penonton dengan cerita sedih dan akhir yang tak terlupakan. Ini dia rekomendasinya, Bunda.

25 Film Sad Ending Terbaik dari Indonesia, Korea & Barat dengan Rating Tertinggi

Film-film dengan akhir sedih atau sad ending menyajikan kisah-kisah yang menggugah emosi dan seringkali mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para penonton. Meski menyisakan kesedihan di akhir film, namun film-film ini berhasil membawa kita terlibat dalam drama yang mengharukan, konflik yang mendalam, dan karakter-karakter yang menggugah simpati.

Film-film ini bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga cerminan kehidupan yang mengajarkan tentang pahitnya perpisahan, ketidakadilan, dan kekuatan manusia dalam menghadapi penderitaan. Kali ini Bubun akan memberikan film yang berhasil meraih hati penonton dengan cerita sedih dan akhir yang tak terlupakan.

Bersiaplah untuk merasakan emosi yang mendalam dari  kesan yang ditinggalkan oleh film-film sad ending ini. Berikut 25 film sad ending terbaik dari Indonesia, Korea, Jepang dan Barat yang telah mendapatkan rating tertinggi.


5 rekomendasi film Indonesia dengan cerita sad ending terbaik

Di dunia perfilman Indonesia, terdapat beberapa film dengan cerita sedih yang mampu menyentuh hati dan meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya. Film-film ini juga mampu memberikan pengalaman yang berbeda namun sama-sama menghadirkan akhir yang menguras emosi. 

Mulai dari kisah cinta yang tragis hingga perjuangan yang penuh pengorbanan, menggambarkan kehidupan yang penuh dengan liku-liku tak terduga. Ini dia lima film dengan cerita sad ending Indonesia terbaik yang tidak hanya menggugah emosi, tetapi juga menghadirkan narasi yang tak terlupakan.

1. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)/Dok.Netflix
Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)/Foto: Netflix

Berlatar tahun 1930-an, dari tanah kelahirannya Makassar, Zainuddin berlayar menuju kampung halaman ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Di sana, ia bertemu dengan Hayati, seorang gadis cantik dan keduanya jatuh cinta.

Namun, adat dan istiadat yang kuat meruntuhkan cinta mereka. Zainuddin yang dianggap tidak memiliki pertalian darah lagi dengan keluarganya di Minangkabau, ditolak keluarga Hayati, dan Hayati dipaksa menikah dengan laki-laki kaya terpandang yang lebih disukai oleh keluarga Hayati.

Kecewa, Zainuddin memutuskan untuk pergi dari ranah Minang dan merantau ke tanah Jawa. Namun ternyata kisah mereka tidak berhenti sampai di situ.

  • Genre: romantis, drama
  • Rating IMDb: 7.7/10
  • Pemain utama: Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahadian, Randy Danistha.
  • Situs atau platform menonton : Netflix, Vidio

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)/Dok.Astroshaw
Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)/Foto: Astroshaw

Angkasa, Aurora, dan Awan adalah tiga kakak beradik yang hidup dalam keluarga yang terlihat bahagia. Namun, segalanya berubah setelah Awan mengalami kegagalan besar dalam hidupnya.

Takdir membawanya bertemu dengan Kale, yang mengajarkannya tentang kehidupan yang penuh liku-liku, termasuk menghadapi kegagalan, tumbuh, merasakan kehilangan, dan menghadapi ketakutan. Namun, perubahan sikap Awan tidak disambut baik oleh orang tua mereka, yang  terus menekan dirinya untuk kembali ke kehidupan yang sebelumnya.

Tekanan ini mendorong ketiga kakak beradik ini untuk memberontak, memperlihatkan sisi gelap keluarga mereka yang tersembunyi dan trauma yang mereka simpan. 

  • Genre: keluarga, drama
  • Rating IMDb: 7.4/10
  • Pemain utama: Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara, Donny Damara, Susan Bachtiar
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. Mika (2013)

Mika (2013)/Dok.ifi
Film Mika (2013)/Dok.ifi

Indi didiagnosis menderita penyakit scoliosis ketika masih duduk di bangku SMP. Kondisi kesehatannya mengharuskannya menggunakan besi penyangga tubuh selama 23 jam sehari. Saat berkunjung ke Jakarta dia bertemu dengan Mika.

Pertemuan itu menjadi awal persahabatan mereka yang erat. Mika, yang memiliki sifat cuek, dan santai membantu Indi menjadi gadis yang ceria dan berani menghadapi penyakitnya.

Mika selalu menemukan cara untuk menghibur Indi di tengah penyakit yang dia hadapi. Namun, Mika mengungkapkan satu rahasia tentang dirinya yang membuat Indi terpukul.

  • Genre: romantis
  • Rating IMDb: 6.8/10
  • Pemain utama:  Vino G. Bastian, Velove Vexia
  • Situs atau platform menonton: -

4. Habibie & Ainun (2012)

Habibie & Ainun (2012)/Dok.Vidio
Film Habibie & Ainun (2012)/Foto: Vidio


Rudy Habibie, seorang ahli pesawat terbang, memiliki impian besar berbakti kepada bangsa Indonesia dengan menciptakan pesawat terbang yang akan menyatukan negara. Di sisi lain, ia bertemu Ainun adalah seorang dokter muda yang cerdas.

Pada tahun 1962, kedua teman sekolah menengah pertama ini bertemu lagi di Bandung. Habibie langsung jatuh cinta pada Ainun, tetapi bagi Ainun, perasaannya tidak hanya terbatas pada cinta, tetapi juga pada visi dan mimpi Habibie. Cinta mereka tumbuh seiring perjalanan mereka dalam mewujudkan impiannya.

  • Genre: romantis, drama
  • Rating IMDb: 7.6/10
  • Pemain utama:  Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari.
  • Situs atau platform menonton: Vidio, Prime Video

5. Bumi Manusia (2019) 

Bumi Manusia (2019)/Dok.Netflix
Film Bumi Manusia (2019)/Foto: Netflix

Diangkat dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer, film ini mengisahkan pertemuan Minke dan Annelies Mellema. Keduanya saling jatuh cinta meskipun mengetahui akan banyak rintangan yang harus mereka lalui untuk terus bersama.

Ibunda Annelies, Nyai Ontosoroh turut mendukung dan menjaga hubungan mereka agar terus bersama. Namun, sebuah konflik besar terjadi yang membuat hubungan mereka kacau.

  • Genre: sejarah, drama
  • Rating IMDb: 6.9/10
  • Pemain utama: Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5 film sad ending Barat terbaik rating tertinggi dari romantis hingga drama

Film Barat tentu memiliki banyak pilihan film dengan ending yang menyedihkan. Momen-momen  mengharukan, konflik yang mendalam, dan karakter yang terjebak dalam situasi yang sulit dapat menyentuh perasaan bahkan akan meninggalkan jejak emosional yang tak terlupakan dalam hati setiap penonton.

Berikut ini Bubun telah merangkum lima film Barat terbaik dengan akhir sedih dan rating tertinggi dari berbagai genre mulai dari romantis hingga drama.

1. La La Land (2016)

la la land (2016)/dok. Lionsgate
Film La La Land (2016)/Foto: Lionsgate

Pertemuan antara Sebastian "Seb" Wilder, seorang pianis jazz, dan Amelia "Mia" Dolan, seorang calon aktris yang sedang berjuang untuk kariernya. Meskipun dihadapkan pada tantangan dan kegagalan, mereka merasakan chemistry yang kuat.

Seiring perjalanan waktu, hubungan mereka tumbuh di tengah situasi yang rumit. Kisah ini penuh dengan cinta, kegagalan, dan pengorbanan. 

  • Genre: romantis
  • Rating IMDb: 8/10
  • Pemain utama:  Ryan Gosling, Emma Stone 
  • Situs atau platform menonton: Netflix

2. A Star Is Born (2018)

A Star Is Born (2018)/Dok.Warner Bros
Film A Star Is Born (2018)/Foto: Warner Bros

Jackson "Jack" Maine adalah seorang penyanyi rock country terkenal berusia 43 tahun. Jack pergi minum-minum dan mengunjungi bar drag di mana ia melihat Ally, seorang pelayan dan penyanyi sekaligus penulis lagu berusia 31 tahun.

Jack terkesan dengan bakatnya. Ia mengundang Ally untuk tampil di acara berikutnya. Meskipun awalnya enggan, Ally datang dan, dengan dorongan Jack, mereka menyanyikan Shallow bersama di atas panggung.

Jack mengajak Ally untuk ikut tur dengannya, dan mereka menjalin hubungan romantis. Selama tur, Ally bertemu dengan Rez, seorang produser rekaman yang menawarinya kontrak. Namun di tengah kesuksesan Ally terjadi sesuatu pada Jack.

  • Genre: romantis
  • Rating IMDb: 7.4/10
  • Pemain utama:  Bradley Cooper, Lady Gaga
  • Situs atau platform menonton: Apple Tv

3. The Time Traveler's Wife (2009)

The time traveler's wife (2009)/Dok.Warner Bros
Film The Time Traveler's Wife (2009)/Foto: Warner Bros

Pada awal 1970-an, Henry DeTamble mengalami kecelakaan mobil yang membunuh sang ibunda. Tetapi ia memiliki kemampuan perjalanan waktu yang tidak disengaja.

Ia bertemu dengan versi dirinya yang lebih tua yang juga melakukan perjalanan waktu. Henry bertemu dengan Clare Abshire di perpustakaan dan mereka jatuh cinta. Mereka menjalin hubungan yang penuh tantangan karena perjalanan waktu Henry yang tidak teratur. 

  • Genre :  romantis
  • Rating IMDb: 7.1/10
  • Pemain utama:  Eric Bana, Rachel McAdams
  • Situs atau platform menonton: -

4. Seven (1995)

Seven (1995)/Dok.FilmFlex
Film Seven (1995)/Foto: FilmFlex

Detektif William Somerset bekerja sama dengan Detektif David Mills untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan sadis yang terkait dengan tujuh kasus mematikan. Somerset yang akan pensiun dalam seminggu merasa kecewa dengan keadaan kota tersebut.

Mereka menemukan korban-korban yang terbunuh dengan cara yang mengerikan, dan pembunuhnya selalu meninggalkan kata-kata yang terkait dengan dosa tertulis di tempat kejadian. Somerset curiga bahwa pembunuhan ini didasarkan pada konsep tujuh dosa mematikan.

  • Genre: thriller, misteri
  • Rating IMDb: 8.6/10
  • Pemain utama:  Brad Pitt, Morgan Freeman, Gwyneth Paltrow
  • Situs atau platform menonton: Appletv

5. The Notebook (2004)

The Notebook (2004)/Dok.New Line Cinema
Film The Notebook (2004)/Foto: New Line Cinema

Mengisahkan pertemuan antara Noah dan Allie di sebuah karnaval kecil. Keduanya tak sengaja jatuh cinta pada pandangan pertama, meskipun awalnya mendapatkan penolakan dari Allie.

Saat keduanya menjalani hubungan serius, Noah tidak mendapatkan restu dari orang tua Allie dan hal itu membuat keduanya bertengkar hebat. Belum lagi yang Allie dipaksa ikut pindah ke kota lain oleh orang tuanya.

Noah yang masih tidak bisa melupakan Allie membuat sebuah kenangan dan ternyata tak sengaja bertemu lagi bersama Allie.

  • Genre: romantis, drama 
  • Rating IMDb: 7.8/10
  • Pemain utama:  Ryan Gosling, Rachel McAdams 
  • Situs atau platform menonton: Apple tv

5 film Korea Selatan yang sad ending dengan rating tertinggi

Dalam dunia perfilman Korea Selatan, terdapat beberapa film yang dikenal dengan akhir yang menyedihkan, namun film-film ini seringkali  berhasil memikat hati penonton. Meskipun menghadirkan ending yang tidak biasa dan terkadang penuh dengan emosi, film-film ini berhasil mencapai rating tertinggi dan meninggalkan kesan mendalam bagi para penontonnya.

Bubun akan membagikan lima film Korea Selatan dengan akhir yang menyedihkan namun berhasil meraih rating tertinggi, menggugah perasaan penonton.

1. Sunny (2011)

Sunny (2011)/Dok.CJ Entertainment
Film Sunny (2011)/Foto: CJ Entertainment

Im Na Mi adalah seorang ibu rumah tangga. Dia menjalani rutinitas harian yang tampak sempurna. Namun saat mengunjungi ibundanya di rumah sakit, Na Mi melewati kamar pasien yang diberi label Ha Chun Hwa dan mengingat masa SMA-nya.

Dan benar saja itu adalah sahabatnya saat SMA. Ha Chun Wa menceritakan penyakitnya pada Na Mi meminta sebuah permintaan untuk mengumpulkan sahabat-sahabat mereka saat SMA dahulu. Mereka adalah Kim Jang Mi, Hwang Jin Hee, Seo Geum Ok, Ryu Bok Hee, Jung Su Ji, dan seorang wanita cantik lainnya yang diceritakan menghilang. Akankah Na Mi berhasil bertemu sahabat-sahabatnya?

  • Genre: drama, komedi
  • Rating IMDb: 7.8/10
  • Pemain utama: Jin Hee Kyung, Kim Min Young
  • Situs atau platform menonton: -

2. Be With You (2018)

Be with you (2018)/Dok.TvN
Film Be With You (2018)/Foto: tvN


Film Be with You mengisahkan tentang Soo Ah, seorang wanita yang sebelum meninggal membuat janji kepada suaminya Woo Jin untuk kembali setahun kemudian di awal musim hujan. Woo Ji berjuang merawat putra mereka, Ji Ho, setelah kematian Soo Ah. S

uatu hari, saat hujan turun, Ji Ho yakin bahwa ibunya akan datang kembali. Meskipun sulit dipercaya, Soo Ah benar-benar muncul kembali, tetapi tanpa ingatan tentang kehidupan sebelumnya. Meski bisa bersatu kembali, kebahagiaan mereka tidak berlangsung lama.

  • Genre: romantis
  • Rating IMDb: 7.7/10
  • Pemain utama:  So Ji Sub, Son Ye Jin
  • Situs atau platform menonton: IQIYI

3. The Preparation (2017)

The Preparation (2017)/Dok.Opus Pictures
Film The Preparation (2017)/Foto: Opus Pictures

Film ini menggambarkan perjalanan Ae Soon dalam menghadapi kehidupan dengan keteguhan dan tekad yang luar biasa untuk memberikan yang terbaik bagi Yong Wook, sang anak yang memiliki keterbelakangan mental. Namun, kehidupan Ae Soon berubah drastis ketika dia didiagnosis menderita kanker stadium akhir.

Ia mengetahui bahwa waktunya terbatas dan harus bersiap-siap untuk meninggalkan keluarga dan anaknya Yong Wook. The Preparation menghadirkan cerita yang penuh emosi dan menginspirasi tentang seorang bunda yang berjuang untuk memberikan masa depan yang terjamin bagi anaknya.

  • Genre:  drama
  • Rating IMDb : 8.2/10
  • Pemain utama: Go Doo Shim, Kim Sung Kyun
  • Situs atau platform menonton: -

4. On Your Wedding Day (2018)

On Your Wedding Day (2018)/Dok.Netflix
Film On Your Wedding Day (2018)/Foto: Netflix

Mengisahkan kisah cinta antara Woo Yeon, seorang siswa SMA yang nakal yang bertemu Seung Hee, seorang siswa baru. Woo Yeon jatuh cinta pada Seung Hee dan dengan rela berpura-pura menjadi kekasihnya, meskipun sebenarnya ia sungguh-sungguh menyukai Seung Hee.

Namun, pada suatu hari, mereka terpaksa berpisah karena masalah keluarga yang dihadapi oleh Seung Hee. Meskipun harus berpisah, waktu terus berlalu dan Woo Yeon tak sengaja melihat foto Seung Hee dalam lembaran promosi dari Universitas Hankook. Ia kembali berusaha untuk bertemu Seung Hee.

  • Genre: romantis, komedi
  • Rating IMDb: 7/10
  • Pemain utama: Park Bo Young, Kim Young Kwang, Kang Ki Young, Yoo Hee Je
  • Situs atau platform menonton: IQIYI, Netflix

5. Hello Ghost (2010)

Hello Ghost (2010)/Dok.Next Entertainment World
Film Hello Ghost (2010)/Foto: Next Entertainment World


Film yang tengah menjadi sorotan di Indonesia belakangan ini ternyata merupakan adaptasi dari film Korea dengan judul yang sama yaitu Hello Ghost. Dalam versi Korea, film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Sangman yang mencoba mengakhiri hidupnya.

Suatu hari, kejadian aneh menimpa Sangman. Ia tak sadar bertemu dengan beberapa hantu unik dengan kepribadian aneh. Namun, ketika Sangman sengaja bertemu dengan seorang paranormal untuk menanyakan gangguan dari hantu-hantu ini. Sangman kemudian diberitahu untuk meminjamkan tubuhnya kepada beberapa hantu yang ia temui.

  • Genre: komedi, drama
  • Rating  IMDb: 7,5/10
  • Pemain utama: Cha Tae Hyun, Ye Won, Ko Chang Seok, Jang Young Nam
  • Situs atau platform menonton: -

5 film sad ending Jepang dari romantis, drama hingga anime Netflix

Ketika menonton film kita seringkali mencari cerita yang menyentuh hati dan meninggalkan kesan mendalam. Di dunia perfilman Jepang, ada beberapa film dengan akhir yang menyedihkan, menghadirkan emosi yang rumit dan memikat penonton dari awal hingga akhir.

Netflix, merupakan platform streaming yang populer, tidak hanya menawarkan pilihan film-film Jepang yang menarik, tetapi juga menghadirkan kisah-kisah yang penuh emosi dan berakhir dengan sedih. Berikut ini rekomendasi lima film sad ending Jepang dari genre romantis, drama, hingga anime yang dapat menyentuh hati dengan akhir yang menguras air mata.

1. Whisper of the Heart (1995) 

Whisper of the Heart (1995)/Dok.Netflix
Film Whisper of the Heart (1995)/Foto: Netflix

Shizuku Tsukishima, seorang siswi 14 tahun di Tokyo, memiliki minat menulis. Dia bertemu dengan Seiji, cucu pemilik toko barang antik, dan mereka berdua menginspirasi satu sama lain untuk mengejar impian mereka.

Shizuku menulis cerita dan mendapatkan pengakuan dari Nishi. Setelah melewati stres, Shizuku memutuskan untuk terus belajar menulis dan berjanji untuk bersama dengan Seiji di masa depan.

  • Genre: drama, keluarga
  • Rating IMDb : 7.9/10
  • Pemain utama:  Yoko Honna, Issei Takahashi, Takashi Tachibana
  • Situs atau platform menonton: Netflix

2. Snow Flower (2019)

Snow Flower (2019)/Dok.Netflix
Film Snow Flower (2019)/Foto: Netflix

Snow Flower adalah sebuah film Jepang yang mengisahkan tentang seorang wanita bernama Miyuki yang telah menderita penyakit sejak kecil. Kondisi fisiknya yang lemah membuatnya diberi vonis bahwa hidupnya tak akan berlangsung lama.

Miyuki memiliki impian untuk pergi ke Finlandia dan melihat aurora, dan di saat itulah ia jatuh cinta pada Yusuke, seorang anak yatim piatu yang telah menjalin kontrak dengan Miyuki.

Suatu ketika, Miyuki menjadi korban perampokan dan diselamatkan oleh seorang pria asing bernama Yusuke. Dari pertemuan itu, timbul perasaan suka di antara keduanya.

  • Genre: romantis,drama
  • Rating IMDb: 6.1/10
  • Pemain utama:  Hiroomi Tosaka, Ayami Nakajo Saki Takaoka, Kenta Hamano
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. The Wind Rises (2013) 

The Wind Rises (2013)/Dok.Netflix
Film The Wind Rises (2013)/Foto: Netflix

Pada tahun 1916, Jiro Horikoshi bermimpi menjadi seorang pilot, tetapi rabun jauhnya menghalanginya. Dia bertemu dengan idolanya, Giovanni Battista Caproni, yang mengatakan bahwa membuat pesawat lebih penting daripada menerbangkannya.

Beberapa tahun kemudian, Jiro belajar teknik penerbangan di Tokyo dan bertemu dengan Nahoko, seorang gadis muda. Mereka berdua saling tertarik, tetapi Nahoko ternyata menderita suatu penyakit.

  • Genre: drama, romantis
  • Rating IMDb: 7.7/10
  • Pemain utama: John Krasinski, Hideaki Anno, Martin Short
  • Situs atau platform menonton: Netflix

4. We Couldn't Become Adults (2021)

We Couldn't Become Adults (2021)/Dok.Netflix
Film We Couldn't Become Adults (2021)/Foto: Netflix

Cerita ini mengisahkan kehidupan Makoto yang berfokus pada karier dan hubungan masa lalunya. Cerita bergerak maju-mundur antara tahun 2020 dan 1998.

Makoto mengingat hubungannya dengan mantan kekasih, Megumi, dan menyimpan kartu pos dari sang mantan. Dia merenungkan kehidupan dan kariernya, yang banyak dihabiskan untuk bekerja dan memiliki hubungan yang gagal.

Dia menyadari perbedaan antara kehidupan mereka. Makoto bertemu dengan Nanase, mantan manajernya, di masa sekarang. Mereka berdua berada duduk bersama dan menceritakan hubungannya dengan Kaori dan merenungkan tentang kedewasaannya yang belum sepenuhnya tercapai.

  • Genre: drama, romantis
  • Rating IMDb: 6.5/10
  • Pemain utama:  Mirai Moriyama, Sairi Ito
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5. Mother (2020)

Mother (2020)/Dok.Netflix
Film Mother (2020)/Foto: Netflix

Film ini mengisahkan Akiko, seorang ibu tunggal yang membesarkan anaknya, Shuhei, sendirian. Akiko terlibat dalam perilaku egois, sering berjudi, mabuk-mabukan.

Dia terus meminjam uang dari keluarganya. Pada suatu hari, Akiko dan Shuhei bertemu dengan Ryo. Akiko membawa Ryo ke tempat tinggalnya dan mereka terlibat dalam hubungan romantis. Akiko selalu meminta Shuhei untuk mengurus urusan rumah sendirian.

  • Genre: psychological, drama
  • Rating IMDb: 6.8/10
  • Pemain utama: Nagasawa Masami, Gunji Sho
  • Situs atau platform menonton: Netflix

Film-film tadi berhasil menarik perhatian penonton dengan cerita yang mendalam dan emosional. Momen-momen menyayat hati dan twist tak terduga dalam alur cerita menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta film yang suka terbawa suasana. Selamat menonton, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)