Yeay! Developer Indonesia Luncurkan Game MMORPG Collector-X di Android

Bara Games telah merilis permainan MMORPG terbarunya bernama Collector-X di platform Android.

Yeay! Developer Indonesia Luncurkan Game MMORPG Collector-X di Android
image
Vaporlax Indogamers Mobile Legends Championship Season 1 2024

Indogamers.com - Sebuah studio game asal Indonesia, Bara Games telah merilis permainan MMORPG terbarunya bernama Collector-X di platform Android.

Collector-X adalah game MMORPG untuk platform mobile pertama yang dikembangkan oleh para pengembang Indonesia.

MMORPG sendiri adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game, yang menggabungkan elemen RPG dengan pemain dapat menaikkan level karakter dan menjelajahi dunia luas, serta elemen MMO yang memungkinkan pemain berinteraksi dengan banyak pemain lain.

Baca Juga: Bikin Penasaran! Ini Spesifikasi dan Harga Casing HP Spigen Cyro Armor yang Bikin iPhone Utuh Meski Jatuh dari Pesawat Terbang

Dalam Collector-X, semua pemain akan berada dalam peta X-World yang sama. Bahkan ketika pemain sedang offline, server tetap aktif dan berjalan.

Dari segi gameplay, game Indonesia ini mengajak pemain untuk berburu monster dengan sudut pandang orang ketiga.

Ketika berhasil mengalahkan monster, pemain dapat naik level dan mendapatkan berbagai item yang dapat digunakan atau digabungkan (crafting) menjadi item yang lebih kuat. Setiap naik level, pemain akan mendapatkan satu Skill Point dan tiga Level Point.

Baca Juga: iPhone Jatuh dari Pesawat Ketinggian 16.000 Kaki Ternyata Masih Utuh dan Bisa Menyala, Casing HP Ini Rahasianya

Skill Point digunakan untuk meningkatkan kemampuan (skill), seperti meningkatkan damage atau mengurangi cooldown serangan. Sementara Level Point memungkinkan pemain untuk meningkatkan atribut seperti health points (HP).

Setelah mencapai level 150, pemain dapat menukar X-DNA, membuka buff dan tampilan karakter yang berbeda. Pemain juga akan mendapatkan bonus status untuk jangka waktu tertentu.

Dalam hal item, Collector-X memperkenalkan mekanisme Chip yang memberikan bonus atribut khusus untuk meningkatkan kekuatan pemain.

Pemain yang ingin menukar item dapat membuka stan penjual otomatis, yang juga dapat digunakan untuk barter saat pemain offline hingga 12 jam. Pemain dapat membagikan item melalui sistem Mailbox.

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara Asia Tenggara Paling Banyak Rilis Game di Steam, Jauh Lampaui Thailand di Peringkat Kedua

Game dengan genre MMORPG biasanya tidak hanya menawarkan mekanisme pertarungan dan dungeon, tetapi juga aktivitas sampingan. Dalam Collector-X, aktivitas tersebut mencakup memancing, bercocok tanam, dan merawat hewan peliharaan.

Selain itu, ada fitur merawat hewan peliharaan ala Tamagotchi. Pemain perlu menjaga dan merawat hewan peliharaan seperti Valkyrie, Phoenix, Dragon, Tiger, Cat, Owl, dan Demon, dengan memberi mereka makan.

Seiring berjalannya waktu, hewan peliharaan akan berevolusi dan mendapatkan skill unik.

Fitur pendukung lainnya mencakup mode antarmuka dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D), serta dukungan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Collector-X sudah dapat diunduh secara gratis di platform Android melalui Google Play Store. Meskipun gratis, game indie ini menawarkan pembelian dalam game (in-app purchases/IAP) dengan rentang harga mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 1,6 juta.

image
Vaporlax Indogamers Mobile Legends Championship Season 1 2024