Wisatawan Indonesia Bebas Visa Liburan ke Pulau Jeju, Ini Waktu Terbaik Buat ke Sana

Salah satu cara yang ditempuh pemerintah Korsel untuk menggaungkan kembali pariwisatanya adalah membebaskan visa untuk berkunjung ke Pulau Jeju.

Wisatawan Indonesia Bebas Visa Liburan ke Pulau Jeju, Ini Waktu Terbaik Buat ke Sana
Wisatawan Indonesia Bebas Visa Liburan ke Pulau Jeju, Ini Waktu Terbaik Buat ke Sana pemandangan Pulau Jeju, Korea Selatan. © unsplash.com/Ji Seongkwang

Merdeka.com - Membangkitkan sektor pariwisata yang sempat terpuruk saat pandemi COVID-19 merupakan tugas yang berat bagi banyak negara, termasuk Korea Selatan. Saat ini, Negeri Ginseng sedang berupaya untuk mempromosikan kembali keindahan Pulau Jeju melalui berbagai upaya.

Salah satu cara yang ditempuh pemerintah Korsel untuk menggaungkan kembali pariwisatanya adalah membebaskan visa untuk berkunjung ke Pulau Jeju. Menurut Yang Su Bae, Direktur Kantor Jakarta Korea Tourism Organization (KTO), pemerintah tengah menggalakkan kampanye "Visit Korea Year 2023-2024".

taboola mid article

Melalui kampanye tersebut, pemerintah Korea Selatan bermaksud memperkenalkan 100 destinasi dan 100 festival sepanjang tahun yang wajib dikunjungi.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Wisata Pulau Jeju, Lokasi Drama dan Film Terpopuler di Korea Selatan

pemandangan pulau jeju korea selatan

Terkenal sebagai lokasi drama dan film, Jeju memiliki pemandangan alam yang alami, kebudayaan yang unik, dan beragam destinasi wisata. © unsplash.com/xamong_photo_

Direktur Departemen Pemasaran Global Jeju Tourism Organization (JTO) Kang Bong Seok menjelaskan bahwa Jeju adalah pulau terbesar yang ada di Korea. Pulau ini, katanya, memiliki pemandangan alam yang alami, kebudayaan yang unik, dan beragam destinasi wisata. Jeju juga terkenal sebagai lokasi drama dan film.

"Selain itu, banyak sekali wisatawan asal Indonesia yang sudah mengunjungi Pulau Jeju sebelum pandemi dikarenakan adanya kebijakan bebas visa," terangnya.

Selama pandemi, pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk membuka border dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur dan mengembangkan berbagai destinasi wisata untuk para wisatawan dari ASEAN.

"Selain itu, sejak dibukanya border setelah pandemi, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jeju tidak menunjukkan peningkatan angka kunjungan wisata. Makanya, delegasi dari JTO datang ke Indonesia untuk kembali menggaungkan Jeju sebagai destinasi di Korea yang mempunyai kebijakan bebas visa," jelasnya.

Kang Bong Seok menjelaskan kalau pihaknya juga berniat mengembangkan paket tur bersama travel agent dari Indonesia.

3 dari 4 halaman

Kemudahan Wisata yang Ditawarkan Pulau Jeju, Akomodasi untuk Setiap Anggaran

pemandangan pulau jeju korea selatan

Pulau Jeju memiliki ragam akomodasi yang dapat jadi pilihan wisatawan, mulai dari hotel hingga Airbnb. © unsplash.com/Jieun Lim

Deputi Direktur Departemen Pemasaran Global JTO, Ian Rhee menyebut Jeju memiliki beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan wisatawan.

"Kami punya bus, Jeju City Tour Bus dalam wilayah kota dengan 22 pemberhentian, ini adalah cara paling nyaman untuk bepergian di dalam area kota," terang Ian.

Selain transportasi, Ian menyebut Pulau Jeju juga memiliki ragam akomodasi yang dapat jadi pilihan wisatawan, mulai dari hotel hingga Airbnb. "Berapa pun anggaran Anda, Anda akan menemukan akomodasi yang layak di Pulau Jeju," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Waktu Terbaik untuk Liburan ke Pulau Jeju

pemandangan pulau jeju korea selatan

Bulan-bulan terbaik untuk wisata ke Jeju adalah April hingga awal Juni atau September hingga pertengahan November. © unsplash.com/Kaylyn Mok

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Jeju? Ian Rhee menyarankan, "Kalau saya pribadi disuruh menjawab, setiap bulannya kalau bisa datang ke Jeju. Tapi, bulan-bulan terbaik dalam setahun, adalah dari April hingga awal Juni atau dari September hingga pertengahan November."

Menurut Rhee, suhu dan cuaca pada bulan-bulan yang disarankannya sangat mendukung wisatawan untuk beraktivitas di luar ruangan. Ian juga menginformasikan kalau wisatawan sebaiknya menghindari musim panas untuk berlibur ke Jeju.

"Saya ingin menginformasikan, di musim panas di Jeju lebih panas dari Jakarta. Jadi, saya rasa kalau musim panas di Jeju bukan waktu terbaik. April ke awal Juni dan September hingga pertengahan November, ini merupakan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Jeju."

Wisatawan yang ingin melihat Korea Selatan di musim salju juga tak ia sarankan untuk mengunjungi Jeju. "Tapi pada saat musim dingin di sana, terkadang ada lima hari kita bisa lihat salju atau mungkin beruntung bisa lihat 10 hari. Tapi lebih baik pergi ke Gangwon daripada ke Jeju."

Reporter: Putu Elmira
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Tak Hanya Terkenal sebagai Kota Apel, Begini Serunya Wisata Petik Jeruk di Kota Batu
Wisata Ujung Kulon yang Wajib Dikunjungi saat Liburan, Dijamin Anti-Mainstream