Vietnam Boikot Barbie Gara-Gara Peta yang Bikin Konflik

Baru-baru ini, Vietnam telah mengeluarkan larangan terhadap film keluaran Warner Bros, Barbie.

Vietnam Boikot Barbie Gara-Gara Peta yang Bikin Konflik
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, Vietnam telah mengeluarkan larangan terhadap film keluaran Warner Bros, Barbie. Hal itu lantaran adanya sebuah adegan yang menampilkan peta yang menunjukkan wilayah yang diklaim secara sepihak oleh China di Laut China Selatan.

"Sembilan garis putus-putus" berbentuk U digunakan pada peta China untuk menggambarkan klaimnya atas wilayah yang luas di Laut China Selatan, termasuk petak-petak wilayah yang dianggap sebagai landas kontinen Vietnam, di mana China telah memberikan konsesi minyak.

Melansir CNN Internasional, Barbie adalah film terbaru yang dilarang di Vietnam karena menggambarkan sembilan garis kontroversial China, yang ditolak dalam keputusan arbitrase internasional oleh pengadilan di Den Haag pada tahun 2016. Namun China menolak untuk mengakui keputusan tersebut.

Pada 2019, pemerintah Vietnam telah menarik film animasi DreamWorks berjudul Abominable, dan tahun lalu melarang film aksi Unchartered karena alasan yang sama. Netflix juga menghapus drama mata-mata Australia, Pine Gap, pada tahun 2021.

Film Barbie, yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling, awalnya dijadwalkan tayang di Vietnam pada 21 Juli, tanggal yang sama dengan di Amerika Serikat, menurut surat kabar Tuoi Tre.

"Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika Barbie untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," demikian keterangan surat kabar itu, mengutip Vi Kien Thanh, kepala Departemen Perfilman, sebuah badan pemerintah.

Kendati demikian, hingga saat ini Warner Bros belum mengeluarkan komentar apapun.

Seperti diketahui, sudah sejak lama Vietnam dan China memiliki konflik terkait teritorial atas wilayah yang berpotensi kaya energi di Laut China Selatan. Bahkan Vietnam berulang kali menuduh bahwa kapal China melanggar kedaulatannya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Margot Robbie & Ryan Gosling Tampil Serba Pink di Film Barbie


(hsy/hsy)