Urutan Film The Hunger Games, Kisah Katniss Everdeen Taklukkan Capitol

The Hunger Games merupakan serial film yang diangkat dari novel fiksi ilmiah karya Suzanne Collins. Simak urutan film The Hunger Games.

Urutan Film The Hunger Games, Kisah Katniss Everdeen Taklukkan Capitol
Jakarta, CNN Indonesia --

The Hunger Games merupakan serial film yang diangkat dari novel fiksi ilmiah bertema petualangan distopia dengan judul sama karya Suzanne Collins, novelis asal Amerika Serikat.

The Hunger Games dikemas menjadi trilogi alias tiga judul film. Urutan film The Hunger Games dimulai dari The Hunger Games yang rilis pada 2012.

Kemudian dilanjutkan dengan The Hunger Games: Catching Fire yang rilis pada 2013. Lalu bagian akhir bertajuk The Hunger Games: Mockingjay dirilis dalam dua bagian terpisah.

The Hunger Games: Mockingjay Part 1 rilis pada 2014. Sementara The Hunger Games: Mockingjay Part 2 rilis pada 2015.

Latar Belakang The Hunger Games

The Hunger Games: Mockingjay - Part 2 (2015)Ilustrasi. Urutan film The Hunger Games, kisah Katniss taklukkan Capitol (Lionsgate)

The Hunger Games merupakan novel fiksi tentang acara tahunan yang dibuat oleh negara distopia pascaapokalips bernama Panem di Amerika Utara.

Panem terdiri dari 12 distrik dengan ibu kota metropolis yang sangat maju bernama Capitol sebagai pemegang kendali negara. Setiap distrik harus mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti The Hunger Games.

Mereka adalah anak laki-laki dan perempuan berusia 12-18 tahun. Capitol akan mengundi siapa peserta yang akan bersaing dari masing-masing distrik.

Nantinya mereka harus saling bersaing untuk memenangkan The Hunger Games. Namun mirisnya, persaingan itu dilakukan dengan saling membunuh sesama peserta sehingga menjadi pertarungan mematikan.

Selain itu, mereka juga harus menghadapi berbagai rintangan yang diciptakan oleh Capitol. Seluruh rangkaian persaingan itu ditayangkan secara langsung di televisi sehingga masyarakat di semua distrik dapat melihat persaingan mereka.

Collins selaku penulis mengaku terinspirasi dengan mitologi Yunani, pertandingan gladiator Romawi, sampai acara televisi kontemporer dengan konten tematik yang populer pada awal era 2000-an.

Tak ketinggalan, ia juga ingin mengangkat isu kemiskinan, kelaparan, penindasan, dampak peperangan, proses bertahan hidup, hingga kekuasaan yang sewenang-wenang dalam The Hunger Games.

Urutan Film The Hunger Games dan Sinopsisnya

Berikut urutan film dilengkapi sinopsis dari masing-masing film The Hunger Games.

1. The Hunger Games (2012)

Film pembuka trilogi The Hunger Games ini menceritakan awal mula acara tahunan tersebut diselenggarakan. Mulai dari Capitol yang mengumumkan calon peserta dari masing-masing distrik.

Salah satu peserta dari Distrik 12 adalah Primrose Everdeen (Willow Shields), adik Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) yang baru berusia 12 tahun. Tak tega adiknya ikut bertarung, Katniss secara sukarela menggantikan adiknya untuk mengikuti The Hunger Games.

Katniss kemudian berpasangan dengan Peeta Mellark (Josh Hutcherson) untuk mewakili Distrik 12 di The Hunger Games. Mereka juga dibekali mentor yang merupakan mantan pemenang The Hunger Games sebelumnya, Haymitch Abernathy (Woody Harrelson).

Ketika kompetisi dimulai, Katniss dan Peeta pun harus saling bekerja sama untuk menghadapi peserta lain yang saling mengincar satu sama lain. Pada akhirnya, keduanya berhasil bertahan hidup.

Namun Capitol ingin satu pemenang saja. Mereka tak saling tega untuk membunuh sehingga berencana makan buah beri beracun. Akhirnya, Capitol berubah pikiran dan menetapkan mereka berdua sebagai pemenang.

2. The Hunger Games: Catching Fire (2013)

Pada sekuel kedua ini, Katniss dan Peeta harus mengikuti rangkaian tur kemenangan yang diselenggarakan Capitol. Namun tiba-tiba muncul pemberontakan dari berbagai distrik.

Untuk meredam pemberontakan, Capitol kembali menggelar The Hunger Games edisi khusus bertajuk Quarter Quell yang diselenggarakan setiap 25 tahun sekali.

Pada edisi ini, The Hunger Games akan diikuti oleh para pemenang kompetisi dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk Katniss dan Peeta. Mereka harus menghadapi para seniornya yang sudah lebih berpengalaman.

Namun rupanya, Presiden Coriolanus Snow (Donald Sutherland) tak hanya ingin meredam pemberontakan di berbagai distrik dengan penyelenggaraan The Hunger Games edisi khusus.

Rupanya ia juga ingin melenyapkan para pemenang The Hunger Games. Katniss dan Peeta pun berusaha bertahan hidup agar semangat pemberontakan justru terus menyala.

3. The Hunger Games: Mockingjay Part 1 (2014)

Setelah selamat dari The Hunger Games Quarter Quell, Katniss kini bergabung dengan kelompok pemberontak yang menentang Capitol. Kelompok itu dipimpin oleh Presiden Alma Coin (Julianne Moore).

Bahkan, Katniss menjadi Mockingjay, simbol perlawanan para pemberontak dan membuat berbagai propaganda untuk menyalakan semangat pemberontak di distrik-distrik lain.

Propaganda Katniss yang berbunyi 'If we burn, you burn with us!' rupanya mampu menyalakan semangat para pemberontak di berbagai distrik.

Para pemberontak pun dapat menghancurkan bendungan yang menjadi sumber pembangkit listrik Capitol untuk melumpuhkan sistem keamanan mereka.

Bahkan dengan serangan itu, Katniss dapat bertemu lagi dengan Peeta yang ditahan oleh Capitol setelah berakhirnya The Hunger Games Quarter Quell. Namun, Peeta justru menyerang Katniss karena Capitol telah mencuci otaknya.

4. The Hunger Games: Mockingjay Part 2 (2015)

The Hunger Games: Mockingjay Part 2 melanjutkan kisah Katniss yang baru saja pulih dari serangan Peeta. Keduanya kemudian dipulihkan dan bergabung dalam Squad 451 yang berencana menyerang Capitol habis-habisan.

Namun berbagai serangan dari Capitol secara cepat menghujani Squad 451, termasuk ledakan bom yang menewaskan Prim, adik Katniss yang gagal diselamatkan olehnya.

Setelah pulih dari ledakan bom, Katniss mendengar kabar bahwa Capitol menyerah dan Presiden Snow ditangkap. Ia pun menemui Presiden Snow. Namun Presiden Snow mengatakan kepada Katniss bahwa ledakan bom merupakan manipulasi dari Presiden Alma Coin.

Katniss akhirnya menyadari bahwa Presiden Alma Coin hendak mengambil kekuasaan Capitol dengan menyingkirkan Presiden Snow melalui gerakan pemberontak. Katniss kemudian meminta agar dapat mengadili Presiden Snow.

Ketika hari pengadilan, Katniss membelokkan anak panah dari Presiden Snow ke Presiden Alma Coin sehingga ia tewas. Setelah itu, Capitol dipimpin oleh Komandan Paylor yang terpilih menjadi presiden baru.

Sementara Katniss hidup damai bersama Peeta di Distrik 12. Mereka kemudian memiliki anak dan Katniss dapat mengubur mimpi buruknya di masa lalu.

Itulah penjelasan mengenai urutan film The Hunger Games dan sinopsisnya. Semoga bermanfaat dan selamat menonton kembali serial film The Hunger Games!

(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]