Urutan Film The Conjuring Universe Sesuai Linimasa Sebelum Nonton The Nun II

The Nun II akhirnya mengakhiri penantian penikmat film Indonesia dengan resmi tayang di bioskop pada 6 September 2023 mendatang.

Urutan Film The Conjuring Universe Sesuai Linimasa Sebelum Nonton The Nun II
image

 

JawaPos.com - The Nun II akhirnya mengakhiri penantian penikmat film Indonesia dengan resmi tayang di bioskop pada 6 September 2023 mendatang. Film ini merupakan sekuel dari film The Nun pertama yang rilis lima tahun lalu tepatnya 5 September 2018 oleh Warner Bros Pictures dan juga menjadi film kesembilan dalam waralaba The Conjuring Universe.

Film ini di sutradarai oleh Michael Chaves yang sudah tidak asing lagi dengan The Conjuring Universe, sebab ia juga pernah menyutradarai dua judul film sebelumnya yakni The Curse of La Llorona yang rilis pada 2019 dan The Conjuring: The Devil Made Me Do It yang rilis pada 2021. Selain itu, sama dengan film The Nun pertama, Taissa Fermiga kembali menjadi pemeran utama dalam film tersebut sebagai Suster Irene. Sedangkan aktris Bonnie Aarons memerankan karakter hantu berwujud biarawati bernama 'Valak'.

The Nun II berlatar tahun 1956, lompat empat tahun setelah kejadian di film pertama. Setelah kejadian di film pertama, Suster Irene menjadi seorang pengajar di sekolah berasrama terpencil di pedesaan Prancis. Namun, suasana damai itu terganggu oleh kematian misterius seorang pendeta di sekolah tersebut akibat teror iblis jahat berwujud biarawati bernama Valak. Sehingga Suster Irene sekali lagi harus menghadapi kekuatan jahat yang sangat kuat dari sang iblis demi kedamaian hidupnya serta orang-orang di sekitarnya. 

The Conjuring Universe dimulai dengan film perdananya dengan judul The Conjuring yang rilis pada 2013 silam. Berkat kepopulerannya, cerita dari film tersebut terus dikembangkan hingga melahirkan beberapa prekuel, sekuel maupun spin-off, termasuk The Nun II. Namun yang unik dari film-film The Conjuring Universe ada pada urutan filmnya. Jika film-film tersebut diurutkan berdasarkan linimasa yang melatarbelakangi film tersebut, urutan film itu tidak sama dengan tahun perilisan. Atau bisa dibilang lompat-lompat namun tetap memiliki jalan cerita yang saling berkaitan.

Maka dari itu agar penonton tidak bingung, ada baiknya untuk mengetahui atau menonton ulang film-film The Conjuring Universe berurutan sesuai dengan linimasa-nya sebelum menonton film terbarunya yakni The Nun II. Berikut urutannya :

1. The Nun (1952)

Iblis berwujud biarawati berwajah seram bernama 'Valak' ini pertama kali muncul di film The Conjuring 2The Enfield Poltergeist yang rilis pada Juni 2016. Ia bukan satu-satunya sosok hantu dalam film tersebut, namun kemunculan perdananya yang dalam demonologi Kristen disebut sebagai Pemimpin Agung Neraka mampu mencuri perhatian penonton.

Film ini merupakan spin off dari sosok Valak. Meski rilis di 2018, namun The Nun pertama ini berlatar tahun 1952 di Biara Carta, Rumania dan menjadi awal mula dari seluruh kisah The Conjuring Universe

2. Annabelle : Creation (1955)

Film yang rilis pada Agustus 2017 ini merupakan prekuel dari film Annabelle yang rilis pada 2014. Sedangkan sosok Annabelle sendiri pertama kali muncul pada film The Conjuring pertama yang rilis pada 2013.

Film ini mengambil latar tahun 1955 dan berfokus pada cerita ketika boneka Annabelle pertama kali dibuat. Keluarga Mullins yang terdiri dari pasangan suami istri bernama Samuel dan Esther, memiliki anak berumur tujuh tahun bernama Annabelle. Suatu hari Annabelle tewas tertabrak mobil tepat di hadapan kedua orang tuanya.