Urutan Film Scream dan Sinopsisnya supaya Enggak Bingung

Scream adalah waralaba film bergenre slasher yang menampilkan sosok Ghostface yang ikonis. Simak urutan film Scream dan sinopsisnya.

Jakarta, CNN Indonesia --

Scream adalah waralaba film bergenre slasher yang banyak digemari oleh para pencinta film-film horor yang menegangkan dan sadistis.

Film yang menampilkan sosok Ghostface yang ikonis ini berisikan beberapa sekuel, prekuel, dan spin-off. Urutan film Scream yang pertama dirilis pada 1996.

Kala itu, film perdana Scream berhasil memperoleh kesuksesan besar dan membuatnya dikenal di berbagai negara. Film seri ini diproduksi dan digarap oleh sutradara yang berbeda-beda.

Sebenarnya tidak sulit mengikuti seri film ini, sebab kamu bisa mengetahui urutannya melalui penomoran yang terdapat di akhir judulnya.

Nah bagi kamu yang belum pernah menonton film ini dan bingung dari mana memulainya, simak urutan film Scream dan sinopsisnya berikut ini.

1. Scream (1996)

Scream (1996)Ilustrasi. Urutan film Scream yang pertama Scream (1996) (Dimension Films)

Sebagai pembuka, Scream perdana tayang pada 1996 disutradarai oleh Wes Craven. Film ini dibintangi oleh Neve Campbell, David Arquette, Courteney Cox, Matthew Lillard, dan Rose McGowan.

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang siswi menengah bernama Sidney Prescott di Kota Woodsboro, California. Ia mengalami banyak perubahan hingga paranoid setelah peristiwa pembunuhan sang ibu.

Suatu hari pembunuhan misterius oleh Ghostface mulai meneror satu per satu kawan Sidney di sekolah. Kabar juga menyebutkan kalau kasus pembunuhan ibu Sidney ada kaitannya dengan Ghostface.

2. Scream 2 (1997)

Masih disutradarai oleh Wes Craven dan dibintangi Neve Campbell, David Arquette, Courteney Cox, film kedua Scream ini menyuguhkan aksi pembunuhan dengan bumbu komedi.

Kisahnya bermula saat Ghostface kembali meneror dan berusaha membunuh Sidney. Sebuah fakta pun terungkap jika Ghostface mengincar orang-orang yang memiliki kesamaan dengan korban di Woodsboro.

3. Scream 3 (2000)

Scream 3 masih disutradarai Wes Craven dan diperankan oleh aktor dan aktris kenamaan yang sama. Akan tetapi pada seri ketiganya ini tidak sebrutal dua film sebelumnya.

Film ketiganya ini lebih fokus pada alur misteri dan memberikan elemen komedi yang lebih banyak. Selain itu, beberapa karakter baru juga dihadirkan sehingga membuat cerita lebih segar dan menarik.

Film ini menceritakan tentang Sidney yang memutuskan untuk mengasingkan diri dari masa lalu. Nemun Ghostface terus menerornya.

4. Scream 4 (2011)

Scream 4 (2011)Ilustrasi. Urutan film Scream yang keempat Scream 4 (2011) (Dimension Films)

Wes Craven masih menduduki kursi sutradara di seri keempat Scream. Film ini masih juga dibintangi oleh trio David Arquette, Neve Campbell, dan Courteney Cox.

Scream 4 mengisahkan tentang kembalinya Sidney ke Woodsboro untuk mempromosikan bukunya. Namun, ia kembali dihadapkan dengan teror Ghostface.

Satu demi satu orang yang dikenalnya tewas dengan cara yang mengenaskan dan sadis. Bahkan, Ghostface juga berusaha mengincar putri dari sepupunya yang bernama Jill Roberts.

5. Scream 5 (2022)

Seri kelima film Scream tidak lagi disutradarai oleh Wes Craven. Film ini digarap oleh Matt Bettinelli Olpin dan Tyler Gillett.

Kali ini Melissa Barrera, Mason Gooding, Jenna Ortega, Jack Quaid, dan Marley Shelton dipilih sebagai pemeran utamanya. Sementara trio Courteney Cox, David Arquette, dan Neve Campbell tampil singkat sebagai kameo.

Plotnya berlatar sekitar 20 tahun setelah pembunuhan di Woodsboro. Ghostface baru mulai bermunculan dan menargetkan sekelompok remaja yang memiliki hubungan darah dengan para pembunuh asli di masa lalu.

6. Scream 6 (2023)

Film Scream 6 (2023)Ilustrasi. Urutan film Scream yang keenam Scream 6 (Paramount Pictures via YouTube)

Melanjutkan kisah sebelumnya, Scream 6 dirilis satu tahun setelahnya dan kembali disutradarai oleh oleh Matt Bettinelli Olpin dan Tyler Gillett.

Scream 6 menceritakan kehidupan Sam dan Tara Carpenter setelah mereka selamat dari tragedi Woodsboro. Mereka memutuskan untuk pindah ke New York. Namun, Ghostface masih terus menghantui keduanya.

Film ini dibintangi oleh Melissa Barrera, Jasmin Savoy Brown, Jack Champion, dan Jenna Ortega sebagai pemeran utamanya. Courteney Cox juga muncul sebagai Gale Weathers dan membuat penampilan khusus di film ini.

Spin-Off Film Scream

Selain enam film di atas yang berisikan sekuel dan prekuel, Scream juga memiliki film spin-off. Lantas apa itu spin-off?

Spin-off merupakan film yang biasanya lepas dari cerita utamanya. Film spin-off lebih mengedepankan salah satu tokoh atau karakter dari film. 

Adapun spin-off dari film Scream di antaranya Stab (2011) dan Scream Returns (2018). Film Stab disutradarai oleh  Joshua Dudley dan dibintangi Mark Haggett, Rachel Alexandria Arnold, dan Mandi Russell.

Sementara film Scream Returns digarap oleh sutradara Jad Charaf. Untuk pemain di spin-off ini ada Arthur Lang, Florian Faure, dan Matthieu Brugot.

Demikian urutan film Scream dilengkapi dengan sinopsisnya. Selamat menonton film-film Scream!

(juh)

[Gambas:Video CNN]