Unik, Medali Asian Para Games 2018 Keluarkan Suara

BREAKINGNEWS.CO.ID – Panitia pelaksana perhelatan pesta olahraga Asian Para Games 2018, Inapgoc, pada akhirnya resmi memperkenalkan medali Asian Para Games (APG) 2018 kepada para awak media. Medali Asian Para Games 2018 terbuat dari bahan besi solid dan dilapisi emas dengan tehnik semprot. Design ukiran medali dirancang langsung oleh Wakil Sekretaris Jenderal Inapgoc (Panitia Pelaksana Asian Para…

Unik, Medali Asian Para Games 2018 Keluarkan Suara

BREAKINGNEWS.CO.ID – Panitia pelaksana perhelatan pesta olahraga Asian Para Games 2018, Inapgoc, pada akhirnya resmi memperkenalkan medali Asian Para Games (APG) 2018 kepada para awak media. Medali Asian Para Games 2018 terbuat dari bahan besi solid dan dilapisi emas dengan tehnik semprot. Design ukiran medali dirancang langsung oleh Wakil Sekretaris Jenderal Inapgoc (Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018), Ferry Kono.

Di bagian depan medali ada logo Asian Para Games 201 serta slogan bertuliskan “The Inspiring Spirit and Energy Of Asia”. Sementara itu, pada bagian belakang ada logo Asian Paralympic Committee (APC) serta kode yang menggunakan huruf braille (huruf dengan sistem tulisan sentuh untuk penyandang tuna netra).

“Pembuatannya tidak terlalu lama, hanya sekitar 4 bulan. Kami membuatnya di Guangzhou, Cina,” ujar Fanny Riawan, Direktur Sport Inapgoc, di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (5/10/2018). Menariknya, medali Asian Para Games 2018 tersebut juga bisa menghasilkan suara apabila digoyang-goyangkan.

Suara itu berasal dari bola-bola kecil yang terdapat di dalam kepingan medali. Medali emas berisikan 26 bola-bola kecil, sedangkan perak 20 bola-bola kecil dan perunggu 16 bola-bola kecil. Medali sengaja diciptakan seperti itu untuk memudahkan atlet tuna netra dalam mengenali medali yang dia raih.

“Kami terinsipirasi dari medali Paralimpiade Rio 2016 yang menghasilkan suara apabila digoyangkan. Ide awal untuk mewujudkannya dari Tarek Souei (CEO Asian Paralympic Committee),” ucap Fanny. “Kebetulan atlet powerlifting kita, Ni Nengah Widiasih, pernah mendapatkan medali perunggu Paralimpiade Rio, Brasil 2016 lalu. Kami ambil contoh dari medali milik Ni Nengah. Kami sampai harus ambil dulu ke Bali (daerah asal Ni Nengah),” tutur dia.

Medali Asian Para Games 2018 akan diperebutkan oleh sekitar 2.762 atlet dalam 512 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga yang ada. Para peraih medali nantinya akan mendapatkan boneka maskot Asian Para Games 2018, Momo, yang memuat flash disk serta power bank untuk baterai smartphone.