Sutradara Akui Sempat Remehkan Gran Turismo

Sutradara Gran Turismo, Neill Blomkamp mengakui semula ia sempat meremehkan film itu karena tidak masuk akal.

Sutradara Akui Sempat Remehkan Gran Turismo
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Gran Turismo, Neill Blomkamp mengakui semula ia sempat meremehkan film itu karena tidak masuk akal. Apalagi, tawaran itu datang usai tak ada kejelasan dari proyek fiksi ilmiah yang ia usulkan ke studio.

"'Tidak mungkin kamu bisa membuat film dari Gran Turismo.' Itu tidak masuk akal'," ujar Blomkamp menirukan responsnya kepada petinggi Sony pada saat itu, seperti diberitakan The Wrap, Kamis (24/8).

Namun sutradara asal Afrika Selatan tersebut mulai luluh setelah ia membaca naskah yang ditulis oleh Jason Hall dan Zach Baylin. Menurut Blomkamp, ada beberapa hal yang akhirnya membuatnya tertarik.

"Saya terkesan dengan gagasan mengangkat film video gim lewat cara film Social Network menggambarkan Facebook," jelas Blomkamp. "Kamu tidak berada dalam latar belakang permainan, melainkan melihatnya dari luar,"

Blomkamp merasa, cara Hall dan Baylin untuk memetakan karakter asli Jann Mardenborough di film ini merupakan hal yang baru baginya. Selain itu, ia juga terkesan dengan pendekatan penulisan skenario film Gran Turismo yang mengedepankan positivisme.

Kesan positif tersebut yang menjadi alasan kuat lain bagi Blomkamp untuk menerima penawaran Sony agar mengerjakan film Gran Turismo.

[Gambas:Video CNN]

"Tidak pernah terpikirkan oleh saya sampai saya membaca naskah skenario ini, bahwa sebenarnya ide ini adalah tentang memberikan nilai positif kembali ke dunia," kata Blomkamp.

"Saya berpikir, 'Ya, sebenarnya itu terdengar sangat menarik.' Itulah alasan utama saya bergabung," lanjutnya.

Gran Turismo merupakan film biopik bertema olahraga tentang Jann Mardenborough, pemain video gim Gran Turismo bertalenta yang mewujudkan mimpi menjadi pembalap mobil profesional.

Jann memiliki cita-cita menjadi pembalap profesional karena begitu menyukai gim Gran Turismo. Namun, ia harus berhadapan dengan sikap ayahnya yang tidak setuju dengan cita-cita tak realistis tersebut.

[Gambas:Youtube]

Gran Turismo diangkat dari kisah nyata kehidupan Jann Mardenborough yang diperankan oleh Archie Makdewe. Film ini diarahkan Neill Blomkamp dengan naskah yang digarap Jason Hall dan Zach Baylin.

Selain Archie Makdewe, David Harbour dan Orlando Bloom juga dipercaya menjadi pemeran utama dalam film ini.Gran Turismo juga dibintangi sederet aktor lain, seperti Geri Halliwell, Darren Barnet, Djimon Hounsou, Takehiro Hira, hingga Richard Cambridge.

Gran Turismo tayang 23 Agustus di bioskop.

(far/end)