Susul BlackRock, Dimensional Getol Borong Saham Batu Bara BUMI, ITMG dkk

Dimensional Fund tidak mau ketinggalan dengan BlackRock yang rajin memborong saham-saham batu bara Indonesia.

Susul BlackRock, Dimensional Getol Borong Saham Batu Bara BUMI, ITMG dkk
image

Bisnis.com, JAKARTA — Manajer investasi asal Amerika Serikat (AS), Dimensional Fund Ltd, berbelanja saham-saham batu bara  seperti BUMI hingga ITMG dengan total jutaan lembar pada awal kuartal IV/2022.

Dimensional saat ini berstatus sebagai salah satu manajer investasi terbesar di dunia. Sampai dengan Maret 2022, mereka telah mengelola aset senilai total US$659 miliar untuk seluruh investor yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Dimensional tercatat telah berdiri sejak 1981. Selama empat abad berkiprah, mereka menawarkan beberapa produk di antaranya berbagai strategi ekuitas dan fixed income didesain untuk mencapai return yang lebih tinggi. 

Dimensional kini tercatat memegang saham sederet emiten Indonesia tidak terkecuali sektor batu bara. Berdasarkan data Bloomberg, mereka terpantau mengakumulasi sejumlah saham batu bara awal kuartal IV/2022.

Perusahaan manajemen investasi yang dibidani oleh David Booth itu tercatat kembali mengakumulasi saham batu bara Grup Bakrie, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI).

Data Bloomberg menunjukkan Dimensional memborong 4,99 juta lembar saham BUMI pada 6 Oktober 2022. Dengan demikian, posisi kepemilikan mereka terkini naik menjadi 111,19 juta.