Seharian Traveling di Pangandaran, Ini Itinerary dan Estimasi Budgetnya

Pangandaran jadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Jawa Barat. Tertarik one day trip di kota tersebut? Simak itinerary dan estimasi budgetnya di sini, Superfriends.

Seharian Traveling di Pangandaran, Ini Itinerary dan Estimasi Budgetnya

Pangandaran merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis ini merupakan top of mind kawasan pantai di Jawa Barat. Gimana nggak, lokasinya yang berbatasan langsung sama Samudra Hindia di sisi selatan bikin Pangandaran punya banyak pantai dan lautan yang seru banget buat lo eksplorasi.

 

Jarak Jakarta menuju Pangandaran kurang lebih 340 km atau sekitar 7 jam perjalanan naik mobil via tol. Nggak terlalu jauh untuk jadi tujuan road trip, kan? Lo bisa berangkat siang atau sore dari Jakarta, lalu langsung check-in di hotel untuk istirahat. Keesokan harinya, lo bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata seharian full. Kira-kira, bisa ke mana aja, ya? Simak itinerary-nya berikut ini, Superfriends.

 

Itinerary One Day Trip Pangandaran

Main Body Rafting di Green Canyon

Green Canyon
Green Canyon. Image: Google Maps/Rianie Mbem

Mumpung masih pagi, matahari belum terlalu panas, dan udara masih sejuk, paling enak sih main air di sungai. Eits, jangan main air doang, Cuy. Sekalian dong cobain body rafting di Green Canyon.

 

Destinasi wisata yang mulanya bernama Cukang Taneuh tersebut merupakan aliran sungai yang menembus gua dan diapit dua tebing bebatuan yang menjulang tinggi. Sebutan ‘Green Canyon’ dipopulerkan oleh seorang turis mancanegara bernama Bill John. Doi bilang kalau tempat tersebut mirip sama Grand Canyon di Amerika Serikat yang membelah Sungai Colorado.

 

Untuk mencoba pengalaman ini, lo perlu membayar paket body rafting mulai dari Rp200 ribu per orang. Harga tersebut udah termasuk tiket masuk, peralatan keamana, pemandu, perahu jemputan, dokumentasi, dan konsumsi.

 

Surfing di Pantai Batu Karas

Ilustrasi surfing
Ilustrasi surfing. Image: Renan Brun/Puxabay

Puas main body rafting di Green Canyon, saatnya bergeser ke Pantai Batu Karas. Pantai ini cukup populer di kalangan peselancar karena punya ombak yang cukup tinggi. Cocok banget nih buat lo yang suka main surfing. Selain itu, aktivitas lain yang bisa lo lakukan di Pantai Batu Karas yaitu main banana boat, hiking bukit karang yang ada di bibir pantai, dan menyantap aneka seafood yang menggugah selera.

 

Untuk tiket masuknya, lo akan dikenakan biaya Rp10 ribu per orang dan biaya parkir mobil sebesar Rp60 ribu.

 

Mengunjungi Penangkaran Penyu dan Lihat Sunset di Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
Pantai Batu Hiu. Image: Wikipedia

Lo bisa mengunjungi Pantai Batu Hiu sebagai penutup perjalanan lo di Pangandaran, Superfriends. Pantai ini berada sekitar 14,7 km atau sekitar 30 menit perjalanan dari Pantai Batu Karas. Diberi nama ‘batu hiu’ karena di bagian tengah lautnya terdapat batu karang yang bentuknya seperti ikan hiu. Selain itu, pantai ini juga punya batu karang yang menjorok ke tengah laut seperti Tanah Lot, Bali

 

Di pantai tersebut, lo bisa mengunjungi penangkaran penyu. Nggak cuma lihat-lihat aja, pengunjung juga diperbolehkan untuk memberi makan dan berfoto bareng penyu, lho. Kalau beruntung, lo juga bisa ikut pelepasan anak penyu ke laut.

 

Setelah puas main sama penyu, waktunya bersantai sembari menunggu sunset di Pantai Batu Hiu. Lo bisa menikmati hamparan Samudra Hindia yang terpampang di depan mata sambil bersantai di atas rerumputan hijau yang ada di tepi pantai. Biar lebih syahdu, lo bisa pasang hammock di antara pohon kelapa yang rindang.

 

Tiket masuk Pantai Batu Hiu yaitu Rp9.000 dan tiket masuk mobil sebesar Rp50 ribu.

 

Estimasi Budget One Day Trip Pangandaran

Pantai Batu Karas
Pantai Batu Karas. Image: Indonesia Kaya

- Body rafting Green Canyon: Rp200.000

- Tiket masuk Pantai Batu Karas: Rp10.000

- Parkir mobil Pantai Batu Karas: Rp60.000

- Tiket masuk Pantau Batu Hiu: Rp9.000

- Parkir mobil Pantai Batu Hiu: Rp50.000

Total: Rp329.000

 

Estimasi budget tersebut cuma buat keperluan di tempat wisata ya, belum termasuk harga hotel, makan, bensin, dan kebutuhan lainnya. Namun, kalau lo menerapkan frugal travel alias liburan hemat, lo mungkin nggak bakal habis sampai Rp700 ribu.

 

Tertarik one day trip di Pangandaran, Superfriends? (arpd)