Review Film: Enola Holmes 2

Dibandingkan dengan film pertama, Enola Holmes 2 lebih menarik dari segi plot cerita hingga akting para aktor.

Review Film: Enola Holmes 2
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak jarang film sekuel cenderung lebih "buruk" daripada film pertamanya. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Enola Holmes 2.

Dibandingkan film pertamanya, sekuel ini jauh lebih menarik, baik dari segi penceritaan, pengambilan gambar, hingga akting para aktornya. 

Jika dilihat dari segi akting, yang mesti diacungi jempol dari film Netflix ini adalah penampilan Millie Bobby Brown sebagai protagonis utama Enola Holmes.

Bobby Brown dapat menyihir penonton agar fokus terhadap dirinya di kala film ini memiliki banyak karakter yang tidak kalah menariknya. Bahkan, jika boleh spoiler sedikit, ada dua karakter yang sudah tidak asing lagi dalam semesta Sherlock Holmes muncul dalam film.

Sutradara Harry Bradbeer tidak salah ketika mengaku tak khawatir jika Sherlock Holmes yang diperankan Henry Cavill, dan karakter-karakter lain akan mendominasi film sehingga menenggelamkan Enola.

Triknya adalah--dan ternyata berhasil--dengan tetap mempertahankan teknik berbicara kepada kamera seolah-olah Enola sedang berbicara kepada penonton. Sehingga, kata Bradbeer, "Penonton menjadi bagian dari plot dan petualangan Enola".

Jujur saja film pertama Enola Holmes tidak meninggalkan kesan sama sekali. Ini berbeda dengan sekuelnya yang mampu membuat saya berucap "ih, seru deh!" ketika menonton filmnya.

Film pertama tidak begitu meninggalkan jejak dalam ingatan saya. Selain karena plotnya tidak begitu membekas, juga karena karakter Sherlock Holmes yang saya kagumi tidak begitu banyak tampil dan kurang mencolok.

Namun di film keduanya ini, kemunculan Sherlock hampir seimbang dengan Enola.

Penonton disuguhkan love-hate relationship antara Enola dan Holmes. Interaksi Enola dan Sherlock mencerminkan hubungan kakak beradik di dunia nyata; meskipun kerap berselisih pendapat, sesungguhnya tetap saling peduli satu sama lain.

Enola dan Sherlock yang sedang menangani kasus masing-masing, mesti bahu-membahu untuk memecahkan dua kasus itu.

Juga, ternyata kasus itu bukan lagi menjadi kasus hilangnya seorang buruh perempuan, melainkan mengungkap kasus korupsi yang menyebabkan nyawa orang-orang tak bersalah melayang.

Enola Holmes 2 (2022)Penampilan Millie Bobby Brown sebagai protagonis utama mesti diacungi jempol. (Foto: Netflix)

Jack Thorne sebagai penulis skenario, akhirnya mampu merangkai cerita yang lebih solid untuk Enola Holmes 2. Dibandingkan dengan film pertama, sekuelnya ini akhirnya terasa seperti film detektif dengan kasus-kasus yang nyata dan rumit.

Apalagi, bocoran lagi sedikit, Thorne bisa menarik peristiwa bersejarah menjadi bagian dari plot filmnya.

Itulah alasan yang membuat film Enola Holmes 2 semakin seru.

[Gambas:Video CNN]

Lanjut ke sebelah...

Review Film: Enola Holmes 2

BACA HALAMAN BERIKUTNYA