Perkenalkan Budaya Lewat Film, JFF 2022 Berkontribusi Bagi Persahabatan Indonesia dan Jepang

Jakarta (pilar.id) - Dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian dan persahabatan antara Indonesia dan Jepang diharapkan Direktur General The Japan Foundation, Jakarta Takahashi Yuichi atas gelaran Japanese Film Festival (JFF) 2022 yang malam ini resmi dibuka. "Hari ini juga bertepatan dengan hari libur nasional di Jepang sebagai hari kebudayaan biasanya diperingati dengan festival budaya. Semoga Japanese

Perkenalkan Budaya Lewat Film, JFF 2022 Berkontribusi Bagi Persahabatan Indonesia dan Jepang
image

Jakarta (pilar.id) – Dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian dan persahabatan antara Indonesia dan Jepang diharapkan Direktur General The Japan Foundation, Jakarta Takahashi Yuichi atas gelaran Japanese Film Festival (JFF) 2022 yang malam ini resmi dibuka.

“Hari ini juga bertepatan dengan hari libur nasional di Jepang sebagai hari kebudayaan biasanya diperingati dengan festival budaya. Semoga Japanese Film Festival dapat memberikan kontribusi baik bagi perdamaian dan persahabatan antara Indonesia dan Jepang,” terangnya saat membuka JFF 2022 di Jakarta, Kamis malam.

Takahashi menyadari saat pertama kali menyelenggarakan JFF secara daring setahun lalu, masyarakat Indonesia merespon positif film Jepang. Dia pun mengaku tak sabar dapat melihat kegembiraan para penonton di Indonesia secara langsung.

Ia menjelaskan The Japan Foundation sebagai lembaga pertukaran kebudayaan salah satunya memiliki misi memperkenalkan kebudayaan Jepang, salah satunya melalui film. Dia meyakini film dapat menyampaikan budaya secara lebih mudah.

Tahun ini, JFF akan menghadirkan 14 film dari beragam genre mulai dari drama hingga animasi. Film-film ini dilengkapi teks bahasa Indonesia dan Inggris.

“Penonton bisa mengetahui kondisi masyarakat dan isu sosial di Jepang lewat film-film ini,” urainya.

Salah satu film yang dihadirkan yakni “And So Baton Is Passed”. Menurut Takahashi, film ini berkisah tentang pasang surut kehidupan dan selalu ada kebaikan dan kasih sayang yang diterima oleh setiap manusia. Film yang disutradarai Maeda Tetsu ini diproduksi saat pandemi.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Kanasugi Kenji mengaku senang gelaran JFF 2022 dapat digelar di bioskop, kondisi yang tak bisa terlaksana sejak dua tahun lalu akibat pandemi COVID-19. Dia mengatakan, daftar film tahun ini bervariasi mulai dari drama misteri hingga animasi.

“Saya senang bila Anda dapat belajar tentang Jepang dengan menonton film-film,” cetusnya.

JFF 2022 akan berlangsung hingga 4 Desember 2022 di Jakarta, Makassar dan Bandung. Di Jakarta, penonton JFF dapat menonton sambil bergaya atau sekadar berkeliling area festival dalam balutan yukata, salah satu pakaian tradisional Jepang dalam program MoveeYukata.

Selain itu, penonton yang ingin mengenal bahasa Jepang juga bisa mengikuti program Pelajaran Bahasa Jepangku yang Pertama yang akan dibimbing langsung oleh Tim Pengajar dari The Japan Foundation, Jakarta.

Sementara bagi yang sudah cukup mahir berbahasa Jepang juga bisa berpartisipasi di program Ayo Ngobrol Bahasa Jepang! dan akan ditemani oleh NIHONGO Partners (penutur asli). (din/antara)