5 Rekomendasi Film Indonesia yang Tidak Kalah Keren dari Versi Novel

Nonton film adaptasi novel tapi bikin kecewa? Berikut, 5 film Indonesia yang gak kalah keren dari versi novelnya! Apa saja ya?

5 Rekomendasi Film Indonesia yang Tidak Kalah Keren dari Versi Novel

Bagi para pembaca novel, kerap kali mendapati buku yang kita baca kemudian dijadikan sebuah film. Hal ini selalu memicu reaksi yang berbeda dari kalangan pembaca. Ada yang menyambut dengan baik karena tokoh-tokoh favorit dalam buku yang disukai bisa dilihat secara visual.

Namun tak jarang pula pembaca menunjukkan reaksi skeptis hingga kekecewaan berat karena telah menghancurkan imajinasi mereka. Hal ini disebabkan oleh banyaknya alur yang dipotong, jalan cerita yang banyak berubah, hingga sosok aktor atau aktris yang jauh dari bayangan mereka. Tapi, ada juga film adaptasi yang lebih popular dari versi bukunya.

Berikut, 5 film Indonesia yang gak kalah keren dari versi novelnya! 

3600 Detik (IMDb)
3600 Detik (IMDb)

Meski terbilang film lama, siapapun yang menonton film ini tentu setuju jika chemistry dan alur ceritanya ngena abis. Tak seperti kebanyakan film sekolah yang mengangkat pemeran utama lelaki dan perempuan, di film 3600 Detik adegan romansa tipis banget. Tak condong menonjolkan sisi itu, justru hal tersebut yang bikin film ini keren abis. 

Bumi Manusia (IMDb)
Bumi Manusia (IMDb)

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer ini juga booming pada masanya. Mulai dari pemilihan para casting hingga suasana yang diharapkan begitu apik, tentu film ini gak bikin penonton kecewa. 

3. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (IMDB)
Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (IMDB)

Disebut sebagai Titanic versi lokal, film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck merupakan film romansa yang cukup bikin hati tercabik. Kisah Zainudin dan Hayati yang tak semulus jalan tol Pandaan Malang, memang bikin hati teremas dan ikut merasakan kegalauannya. 

4. Imperfect

Imperfect series (imdb)
Imperfect series (imdb)

Diadaptasi dari kisah nyata yang dialami si penulis, film Imperfect punya gaya unik sendiri dengan komedinya yang segar dan natural abis. Filmnya bahkan dijadikan versi series karena penonton yang gagal move on dari filmnya yang keren abis. 

Dilan 1990 (IMDb)
Dilan 1990 (IMDb)

Menempati salah satu posisi film paling populer di Indonesia, Dilan 1990 yang diperankan oleh Iqbal Dhiafakhri Ramadhan memang ikonik abis. Bahkan outfit ala Dilan pernah menjadi trendsetter pada masanya. Siapa nih yang ikut teracuni kata-kata Dilan? Bahkan muncul juga versi duplikasi Dilan cepmek yang ikonik dengan raungan rawrrr. Wah ini sih parah abis impactnya! 

Sekian ulasan tentang 5 film Indonesia yang gak kalah keren dari novelnya. Mana favorit kamu?