Rekomendasi 7 Film Indonesia yang Tayang Juli 2023

Di bulan Juli 2023 ini kita akan kedatangan banyak film Indonesia yang bakal tayang di bioskop maupun OTT. Dari daftar ini, mana yang masuk watchlist kamu?

Rekomendasi 7 Film Indonesia yang Tayang Juli 2023

Kamu bisa menyaksikan film Indonesia berbagai genre, dari film horor, komedi sampai drama


Separuh 2023 sudah terlewati. Memasuki bulan Juli, ada banyak tawaran tontonan film yang cukup ditunggu oleh banyak orang. Di bulan ini ada beberapa film Hollywood calon box office yang bersiap tayang.Mulai dari Oppenheimer, Barbie sampai Mission Imposible.

Enggak cuma film impor yang sudah punya jadwal tayang. Film Indonesia juga sudah siap sedia meramaikan khasanah tontonanmu. Di bawah ini adalah sederet film Indonesia yang akan tayang di bioskop serta platform digital dan mungkin bakal jadi pilihan tontonanmu bulan ini. Yuk, simak daftarnya!

Film Indonesia tayang Juli 2023

1. Tari Kematian

Rekomendasi Film Indonesia tayang Juli 2023
Rekomendasi Film Indonesia tayang Juli 2023 Via Id

Setelah beberapa film horor telah tayang dalam enam bulan terakhir 2023. Kini ada satu film Indonesia bergenre horor lagi yang siap meramaikan bioskop dalam negeri. Tari Kematian, sebuah film karya sutradara Bram Ferino ini rencananya akan tayang pada 6 Juli mendatang. Film ini dibintangi oleh Claricie Cutie,Lilis Suganda juga Leon Dozan.

 Film Tari Kematian berkisah tentang seorang remaja yang bercita-cita menjadi seorang penari. Namun, orang tua nya enggak menyetujuinya. Bahkan orang-orang terdekatnya juga menghindarinya. Hingga akhirnya ia mengenal sebuah tarian kuno dan mencoba mempelajarinya. Lambat laun ia jadi mahir dan disukai banyak orang karena kepiawaiannya dalam menari. Sayang setiap ia melenggang dalam tarian selalu saja ada orang yang mati. 

2. Kejar Mimpi Gaspol!

Rekomendasi film Indonesia 2023.
Rekomendasi film Indonesia 2023. Via Istimewa

Asri Welas, Tora Sudiro dan Michelle Zudith tergabung dalam sebuah proyek bersama dalam film Kejar Mimpi Gaspol!. Film ini menunjuk sutradara Hasto Broto untuk menukangi filmnya. Kejar Mimpi Gaspol! sendiri akan tayang perdana di seluruh bioskop tanah air pada tanggal 6 Juli nanti.

Film ini punya premis yang cukup menarik, tentang seorang single mother bernama Fifi yang bekerja sebagai sopir jeep di wilayah Bromo. Padahal, Fifi punya bakat menulis yang selama ini ia pendam dan enggak berani ia wujudkan. Film ini akan menyuguhkan keindahan alam Gunung Bromo di hadapan penonton. Selain itu, film ini juga memberikan kesempatan pada Asri Welas untuk berperan sebagai karakter utama.

3. Kutukan Peti Mati

Film Indonesia Juli 2023.
Film Indonesia Juli 2023. Via Istimewa

Selain film Tari Kematian, ada juga film horor lain yang siap tayang pada Juli 2023, film Kutukan Peti Mati bersiap menghantui penonton dalam negeri ketika tayang di bioskop pada 20 Juli mendatang. Kutukan Peti Mati membawa serta aktor Aliff Alli, Yoriko Angeline juga Christina Danilla untuk memvisualkan cerita yang disturadarai oleh Irham Acho.

Film ini berkisah tentang Bram, seorang anak muda yang terobsesi dengan sebuah pulau bernama Onrust. Pulau ini ditengarai menyimpan banyak sekali peninggalan pada masa kolonial dulu. Benar saja, ketika Bram berangkat ke sana, Bram menemukan buku yang akhirnya mengubah hidup Bram menjadi jauh lebih mengerikan karena selalu mendapat teror dari hal-hal yang di luar nalar. 

4. Jendela Seribu Sungai

Rekomendasi film Indonesia 2023.
Rekomendasi film Indonesia 2023. Via Istimewa

Sebuah film yang diangkat dari novel best seller tayang juga di bulan Juli ini. Film tersebut bertajuk Jendela Seribu Sungai. Film ini diangkat dari novel karya Miranda Seftiana. Rencananya film garapan sutradara Jay Sukmo itu akan tayang pada 20 Juli mendatang. Ada aktor cilik Bima Sena,Halisa Naura dan Sheryl Drisanna yang ditemani oleh Agla Artalidia dalam film ini.

Jendela Seribu Sungai berkisah tentang tiga anak kecil yang punya mimpi besar namun enggak didukung oleh orang tua mereka. Sampai akhirnya mereka bertemu dengan seorang guru yang dirasa tepat untuk menerjemahkan apa yang selama ini mereka inginkan. Jendela Seribu Sungai mengambil latar di Banjarmasin dan akan menyuguhkan pemandangan kota seribu sungai itu pada penonton.

5. Ketika Berhenti di Sini

Rekomendasi film Indonesia 2023.
Rekomendasi film Indonesia 2023. Via Istimewa

Film Ku Kira Kau Rumah jadi debut yang manis untuk sutradara muda Umay Shahab. Racikannya dalam merangkai cerita film tersebut patut diacungi jempol. Kala itu ia bekerjsama dengan Prilly Latuconsina. Nah kini, Umay kembali menarik Prily untuk memainkan film keduanya yang berjudul Ketika Berhenti di Sini. Film ini juga dibintangi oleh Refal Hadi dan Bryan Domani yang akan tayang pada 27 Juli nanti.

Film ini mengikuti cerita tentang Dita yang dipenuhi rasa bersalah setelah mantan kekasihnya meningal dalam sebuah perjalan. Ia membuka hati pada orang lain namun pikirannya masih membeku pada peristiwa yang dihadapi mantannya. Ketika Berhenti di Sini jadi film yang sepertinya akan mengungguli beberapa film Inodnesia lain yang rilis pada Juli tahun ini.

6. Mantra Surugana

Via Istimewa

Penghujung Juli , bioskop Indonesia juga kedatangan satu lagi film horor berjudul Mantra Surugana. Film ini akan tayang pada 27 Juli mendatang. Film Mantra Surugana berkisah tentang seorang mahasiswi bernama Tantri yang dihantui oleh iblis karena sebuah mantra yang baru saja dilafalkan . Kisah tentang Tantri yang berjibaku untuk melawan iblis jahat ini akan jadi sajian utama cerita film Mantra Surugana.

7. Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti

Via Istimewa

Setelah menelurkan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dan sekuelnya Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang. Semesta ini kembali melanjutkan cerita tentang drama keluarga dalam sebuah film berjudul Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti. Masih disutradarai oleh Angga Sassongko dan masih dibintangi oleh Rio Dewanto, Dony Damara dan Rachel Amanda. Film ini rencananya akan rilis secara daring di Netflix pada 27 Juli

Film ini punya latar yang sedikit mundur karena akan menceritakan tentang kisah cinta antara Ajeng dan Narendra. Dua orang berbeda status sosial yang akhirnya berjodoh dan memiliki tiga orang anak.

                                                                    ***

Itu tadi sederet film Indonesia yang tayang sepanjang Bulan Juli, dari deretan film tersebut film mana yang kamu pastikan akan tonton?