Profil Ogud Tom Tam, Pelawak Legendaris Indonesia Era 1980an

Berikut profil Ogud Tom Tam, pelawak legendaris era 1980-an yang juga kakak mendiang komedian Jimmy Gideon.

Profil Ogud Tom Tam, Pelawak Legendaris Indonesia Era 1980an
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelawak senior Rosihan Anwar alias Ogud Tom Tam meninggal dunia pada Minggu (19/2) pukul 09.45 WIB. Ia merupakan salah satu anggota grup lawak legendaris Tom Tam Grup yang hit pada era 1980 hingga 1990an.

Kabar duka tersebut dikonfirmasi melalui pesan singkat yang disampaikan oleh pelawak senior Nurul Qomar.

"Jenazah dimakamkan di TPU Bojong Nangka, Tangerang," tulis Qomar dalam pesan singkat, seperti diberitakan Antara pada Minggu (19/2).

"Semoga (Almarhum) ditempatkan pada makam yang mulia dan hidup dalam Surga Allah SWT. Keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, kesabaran dan keikhlasan dalam menerima duka Keluarga," tutup Qomar dalam pesan singkatnya.

Sosok Ogud Tom Tam dikenal sebagai komedian senior yang kerap tampil di layar kaca pada era 1980 hingga 1990an. Ia merupakan kakak dari mendiang pelawak Jimmy Gideon yang meninggal dunia pada 2021.

Kakak beradik itu aktif sebagai komedian lewat grup lawak yang dibentuk masing-masing. Jimmy bergabung dengan grup lawak Gideon, sementara Ogud bergabung dengan Tom Tam Grup.

Tom Tam Grup merupakan grup kuartet lawak yang mulai meramaikan layar televisi mulai '80-an. Grup ini beranggotakan Kimung, Ogud, Firman, dan Komar.

Popularitas Tom Tam Grup melejit ketika Ogud Cs membintangi sederet film pada masa itu. Salah satunya Sama Sama Senang (1984), film komedi yang dibintangi keempat komedian.

Film arahan Haryadi Siswanto itu merupakan salah satu film paling sukses pada masanya. Penampilan Tom Tam Grup kala itu juga berhasil membuat sang kuartet dilirik TVRI.

[Gambas:Video CNN]

Sejak saat itu, mereka mulai menjadi pilar utama program-program komedi di stasiun televisi tersebut. Salah satu yang paling dikenang adalah Aneka Ria Safari, program yang hit pada akhir 1980-an.

Tom Tam juga digadang-gadang menjadi salah satu grup lawak paling populer di Indonesia kala itu. Mereka bersanding dengan trio Warkop DKI yang melejit berkat sederet film komedi hit.

Tak hanya itu, Tom Tam juga menjadi grup lawak yang menginspirasi para pelawak muda yang tengah merintis karier di industri hiburan. Eksistensi Tom Tam melahirkan banyak grup lawak lain yang turut meramaikan berbagai acara komedi di stasiun televisi.

Karier Ogud bersama Tom Tam Grup kemudian mulai digantikan oleh pelawak yang lebih muda seiring perkembangan zaman.

Hingga kemudian, grup lawak tersebut hanya menyisakan Nurul Qomar setelah kepergian Ogud baru-baru ini. Kimung telah lebih dahulu berpulang pada 2016, sedangkan Firman Tom Tam juga meninggal dunia pada 2019.

(frl/chri)