Perbedaan Android TV vs Google TV, Sama-sama Smart TV Tapi Beda?

Sama-sama smart TV, ada perbedaan keduanya. Simak perbedaan Android TV vs Google TV ini.

Perbedaan Android TV vs Google TV, Sama-sama Smart TV Tapi Beda?

Hitekno.com - Smart TV memiliki banyak jenis, berdasarkan sistem operasi yang digunakannya. Seperti Android TV dan Google TV yang banyak beredar. Namun tahukah kamu perbedaan Android TV vs Google TV.

Ketahui kalau perbedaan Android TV vs Google TV sekilas tidak terlihat, namun ternyata keduanya berbeda. 

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga TCL Q725 4K QLED TV, Smart TV 43 Inch Layar Memukau 7 Perbedaan Android TV dan Smart TV, Jangan Sampai Salah Beli TV Harga dan Spesifikasi Realme Smart TV Resmi di Indonesia

Kamu tentu sering mendengar istilah Android TV dan Google TV bukan? Android TV dan Google TV menjadi dua jenis smart TV yang cukup jadi perbincangan meski tak banyak dilirik.

Tak seperti TV Digital yang booming, Android TV dan Google TV menawarkan berbagai hal yang bisa dibilang lebih canggih daripada TV Digital itu sendiri.

Meski demikian, terkadang beberapa orang kesulitan membedakan antara Android TV dan Google TV. Apalagi kedua jenis TV ini sama-sama bisa menyediakan fitur streaming melalui internet.

Padahal jika dilihat secara cermat, kedua jenis smart TV ini memiliki kinerja yang berbeda. Berikut ini adalah perbedaan Android TV vs Google TV.

Apa Itu Android TV

Smart TV - Android TV. (Polytron)
Smart TV - Android TV. (Polytron)

Android TV dan Google TV keduanya adalah smart TV yang memiliki berbagai fitur umum, namun juga menampilkan banyak fitur khusus.

Tetapi ada dua TV pintar yang berbeda, masing-masing dengan kualitas unik yang membuat menonton film atau streaming musik menjadi unik. 

Android TV adalah turunan dari sistem operasi seluler Android yang dikembangkan Google. Android TV menawarkan akses ke Google Play Store untuk aplikasi dan game di TV kamu.

Android TV  juga memberi kamu fitur praktis seperti dukungan Google Cast dan kontrol suara melalui Asisten Google.

Dengan menggunakan Android TV, maka kamu bisa menikmati hampir semua layanan yang bisa kamu nikmati di HP Android.

Kamu bisa mendownload Netflix, game, dan berbagai aplikasi yang ada di Android.

Apa itu Google TV?

Smart TV - Google TV. (TCL)
Smart TV - Google TV. (TCL)

Google TV pertama kali muncul di layar TV pada tahun 2020 ketika diluncurkan bersamaan dengan versi baru dongle streaming Google, Chromecast dengan nama yang tepat dengan Google TV.

Ini adalah antarmuka smart TV untuk TV dan set-top box baru yang diberdayakan Google yang sekarang dirilis oleh produsen besar.

Alih-alih menjadi sistem operasi baru, Google TV sebenarnya adalah lapisan perangkat lunak yang berjalan di atas Android TV.

Mirip dengan bagaimana peluncur memberikan perubahan dan fungsionalitas baru ke HP Android, Google TV menghadirkan antarmuka pengguna baru dengan tampilan dan nuansa yang berbeda.

Selain menampilkan desain yang sedikit disempurnakan, antarmuka yang lebih baru menawarkan fokus yang jauh lebih besar pada konten yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan AI, sekaligus menawarkan tab khusus untuk siaran langsung.

Secara sederhana, Google TV pada tampilan depannya akan menyajikan konten-konten dari berbagai platform dan aplikasi yang terinstal dalam smart TV tersebut. 

Hal tersebut dianggap memudahkan pengguna untuk langsung mengakses konten tanpa repot-repot masuk ke aplikasi lebih dulu.

Itulah perbedaan Android TV vs Google TV yang harus kamu ketahui. Jangan sampai salah beli antara smart TV ini.

Kontributor: Damai Lestari