Muncul Fenomena Baru Nonton Konser, Taylor Swift Raup Rp1,5 T

Film konser Taylor Swift "The Eras Tour" ditayangkan di 102 negara.

Muncul Fenomena Baru Nonton Konser, Taylor Swift Raup Rp1,5 T

Jakarta, CNBC Indonesia - Nonton konser dari bioskop kini jadi tren yang marak diperbincangkan, sederet musisi Internasional mulai dari Taylor Swift hingga Bangtan Sonyeondan (BTS) pun turut mewarnai tren ini. Bahkan, film konser Taylor Swift disebut-sebut paling laris di era ini.

Paling baru ada film konser "Taylor Swift: The Eras Tour" yang tayang perdana mulai kemarin, Jumat (3/11/2023) di Indonesia. FIlm ini rencananya bakal tayang selama satu bulan penuh pada November setiap akhir pekan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu di bioskop XXI, CGV, maupun Cinepolis.

Sebagai informasi, "Taylor Swift: The Eras Tour" merupakan sebuah film konser yang diproduksi oleh dirinya sendiri, singer-songwriter terkenal, Taylor Swift dan disutradarai oleh Sam Wrench. Film tersebut berdurasi 2 jam 48 menit ini mendokumentasikan tur konser "The Eras Tour" yang berlangsung di SoFi Stadium, Los Angeles, AS pada bulan Agustus 2023 lalu. Dengan tampilan visual dan suara yang mengagumkan, para penonton akan menyaksikan penampilan Taylor Swift yang membawakan 40 lagu dari konser yang luar biasa ini.

Menariknya, konser itu sendiri hingga kini masih berlangsung dan baru berakhir pada 2024.

Sebenarnya premier Taylor Swift : The Eras Tour telah digelar di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada 12 Oktober 2023 lalu. Kemudian terdapat 102 negara yang turut menayangkan film ini setelah perilisannya.

Pada film konser tersebut, para swifties bakal diperbolehkan kebebasan untuk bergerak seperti ikut serta suasana konser, mengikuti tarian, dan bernyanyi sepuasnya, berbeda dengan menonton bioskop pada umumnya yang terkesan fokus.

Bioskop juga bakal menyediakan bucket popcorn edisi istimewa khusus untuk film konser The Eras Tour, di dalamnya terdapat poster dan tumbler eksklusif untuk semakin memeriahkan suasana. .

Swifties juga biasanya akan mengenakan gelang persahabatan, atau sering disebut sebagai "friendship bracelet," yang mereka buat sendiri dan kemudian ditukar satu sama lain, mengikuti tradisi yang biasa terjadi dalam konser sungguhan.

Seperti yang ditulis Taylor Swift melalui unggahannya di Instagram, "Eras attire, friendship bracelets, singing and dancing encouraged" ucapnya.

Taylor Swift attends a premiere for Taylor Swift: The Eras Tour in Los Angeles, California, U.S., October 11, 2023. REUTERS/Mario AnzuoniFoto: REUTERS/MARIO ANZUONI
Taylor Swift attends a premiere for Taylor Swift: The Eras Tour in Los Angeles, California, U.S., October 11, 2023. REUTERS/Mario Anzuoni


Taylor Swift Cetak Rekor Film Konser Paling Laris

Pada hari pertama penayangan, film tur konser Taylor Swift berhasil meraup pendapatan US$ 39 juta atau setara Rp612,41 juta. Di pasar AS dan Kanada, melansir dari Comscore Inc. mengatakan film The Eras Tour menghasilkan pemasukan sekitar US$96 juta (Rp 1,5 triliun) dari penjualan tiket di bioskop di sepanjang pekan pertama.

Hasil yang fantastis tersebut menjadikan Taylor Swift, The Eras Tour sebagai film konser paling laris sepanjang masa, mengalahkan Justin Bieber dan mendiang Michael Jackson.

Sebagai perbandingan, film konser Justin Bieber, Never Say Never, yang diproduksi tahun 2011 memegang rekor penjualan tiket terbanyak sebelumnya dengan pemasukan US$29,5 juta di minggu pembuka. Sementara film Michael Jackson, This Is it, mencatat pemasukan US$23,2 juta pada 2009.

Jangan Lewatkan Film Konser BTS, Bakal Tayang di Prime Video 

Beralih ke film konser lainnya, pada 9 November 2023 di Prime Video bakal tayang perdana film konser dari boyband kondang asal Korea Selatan yakni Bangtan Sonyeondan (BTS).

Film konser bertajuk "BTS: Yet to Come" menghadirkan tujuh member yakni RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jungkook, saat tampil di Busan, Korea Selatan pada Oktober 2022. Film konser tersebut diproduksi oleh HYBE, CJ 4DPlex, dan Trafalgar Releasing ini akan menampilkan 19 lagu-lagu ternama BTS.

Members of South Korean K-pop band BTS, also known as Bangtan Boys, pose on the red carpet during Mnet Asian Music Awards (MAMA) in Hong Kong, China December 2, 2016. REUTERS/Bobby YipFoto: Boy band BTS (REUTERS/Bobby Yip)
Members of South Korean K-pop band BTS, also known as Bangtan Boys, pose on the red carpet during Mnet Asian Music Awards (MAMA) in Hong Kong, China December 2, 2016. REUTERS/Bobby Yip

Pada Februari lalu, BTS : Yet to Come juga telah hadir dalam versi bioskop. Film konser "BTS: Yet to Come" menjadi kado manis para Army, fans setia BTS. Pasalnya, konser tersebut merupakan yang terakhir kali sebelum Jin melaksanakan wajib militer pada 13 Desember 2022 lalu.

Menariknya, film konser ini juga merupakan bagian dari ajang promosi Busan sebagai tuan rumah World Expo 2030 dimana BTS menjadi Brand Ambassadornya. World Expo 2030 di Busan diselenggarakan dengan tema "Transforming Our World, Navigating Toward a Better Future." BTS menyajikan penampilan spesial dalam konser yang diselenggarakan secara gratis ini dengan dihadiri 100 ribu penonton dan sekitar 50 juta penonton Weverse.

CNBC INDONESIA RESEARCH

(tsn/tsn)
[Gambas:Video CNBC]