5 Film Indonesia 2024 Tayang di Festival Internasional

Film-film kebanggaan Indonesia

5 Film Indonesia 2024 Tayang di Festival Internasional

Beberapa film tahun ini ditunggu-tunggu oleh penikmati film Indonesia. Sederet film-film unggulan yang tayang di bioskop juga muncul di festival internasional. Ada yang tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival hingga Festival Film Internasional Busan. Berikut lima film Indonesia yang tayang dan di ajang internasional.

1. Pemukiman Setan

5 Film Indonesia 2024 Tayang di Festival InternasionalPemukiman Setan (dok. Rapi Films / Pemukiman Setan)

Pertama ada Pemukiman Setan, sempat tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2023. Film yang tayang di bioskop sejak 25 Januari, menceritakan aksi perampokan sebuah rumah tua oleh sekelompok anak muda yang berujung pada teror yang mengancam keselamatan nyawa.

Kisahnya berpusat pada karakter utama yang diperankan oleh Maudy Effrosina, yang berperan sebagai Alin. Memiliki keluarga yang berantakan hingga terlilit utang besar, Alin memilih bergabung untuk merampok sebuah rumah besar, bersama beberapa orang yang baru dia kenal. Namun, di rumah tersebut rupanya menyimpan misteri hingga pembalasan dendam dari seorang perempuan, yang sempat meninggal secara tidak wajar.

Pemukiman Setan dibintangi oleh Maudy Effrosina, Adinda Thomas, Bhisma Mulia, Daffa Wardhana dan Ashira Zamita. Sedangkan untuk rating dari IMDB sendiri, mendapatkan score 7,6/10.

2. Women from Rote Island

5 Film Indonesia 2024 Tayang di Festival InternasionalWomen from Rote Island (dok. Bintang Cahaya Sinema / Women from Rote Island)

Memiliki judul lain Perempuan Berkelamin Darah, Women from Rote Island sebelumnya telah tayang di Festival Film Internasional Busan. Mengusung isu yang cukup sensitif, Women from Rote Island menjadi film terbaik di ajang FFI 2023.

Di bawah arahan Jeremias Nyangoen, Women from Rote Island menceritakan tentang kisah perempuan di Pulau Rote yang kerap mendapat perlakukan diskriminasi, difokuskan pada karakter Orpa. Ia bekerja sebagai imigran gelap, yang menjadi korban kekerasan seksual hingga tidak mendapatkan upah dari pekerjaanya.

Baca Juga: 7 Film Horor Hollywood Nonremake Paling Ditunggu pada 2024

3. Ali Topan

5 Film Indonesia 2024 Tayang di Festival InternasionalAli Topan (dok. Visinema Pictures / Ali Topan)

Dibintangi oleh Jefri Nichol dan Lutesha, ada film Ali Topan. Film ini tayang di BUSAN International Film Festival 2023. Sedangkan di bioskop Indonesia dimulai 14 Februari 2024.

Ali Topan yang merupakan remake dari film legendaris berjudul sama era 70-an, menceritakan seorang anak muda bernama Ali Topan, yang memiliki kehidupan cukup bebas, bahkan hidup di jalanan. Hingga suatu ketika, Ali bertemu dengan seorang perempuan yang terlahir dari keluarga kaya, diperankan oleh Lutesha. Mereka berdua, memutuskan untuk menjalin kisah asmara, hingga keliling Indonesia hanya dilakukan berdua saja.

4. 24 Jam bersama Gaspar

5 Film Indonesia 2024 Tayang di Festival Internasional24 Jam Bersama Gaspar (dok. Visinema Pictures / 24 Bersama Gaspasr)

Akan tayang secara eksklusif di Netflix, ada 24 Jam bersama Gaspar. Film ini tayang di Festival Film Internasional Busan 2023, memiliki alur cerita yang sangat unik, yakni tentang Gaspar yang segera meninggal dalam kurun waktu 24 jam, karena memiliki penyakit yang sangat berbahaya.

Tidak ingin waktu yang tersisa terbuang secara sia-sia, Gaspar memilih untuk mengajak beberapa sahabatnya, melakukan aksi pencurian. Selain itu, Gaspar juga memiliki sebuah misi khusus, untuk bertemu kembali salah satu sahabat masa kecilnya yang diduga menghilang hingga diculik saat berusia belasan tahun.

5. Monster

5 Film Indonesia 2024 Tayang di Festival InternasionalMonster (dok. Falcon Pictures / Monster)

Akan tayang juga di Netflix, kali ini ada film terbaru yang dibintangi Marsha Timothy, ada Monster. Sebelumnya film ini tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2023, Uniknya film Monster tidak memiliki dialog

Monster, menceritakan terjebaknya dua anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar, di rumah tua tengah hutan. Mereka berdua, merupakan sahabat yang kerap menghabiskan waktu untuk bermain di tepi sungai, sepulang sekolah. Namun hingga suatu ketika, dua anak kecil ini diculik oleh seorang psikopat, yang sangat berbahaya.

Film-film di atas tayang secara internasional, bisa kita tonton di tahun di tahun ini. Jangan lewatkan kesempatan ini. 

Baca Juga: 5 Cerita Mistis di Gunung Lawu, Pasar Setan Paling Terkenal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.