Mengulik Makna di Balik Film Pendek 'Tilik': Melambangkan Kebudayaan Sosial Orang Indonesia?

Secara keseluruhan, film Tilik merupakan film yang menarik dan kaya akan makna. Film ini dapat menjadi sarana refleksi bagi kita.

Mengulik Makna di Balik Film Pendek 'Tilik': Melambangkan Kebudayaan Sosial Orang Indonesia?
image

Meskipun hanya berdurasi kurang dari 30 menit, film Tilik sarat dengan makna dan pesan yang dapat kita refleksikan. Beberapa makna yang dapat kita temukan dalam film ini adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Anxiety Triggers : 7 Pemicu Kecemasan yang Memperburuk Rasa Cemasmu

Kebersamaan dan solidaritas: Film ini menunjukkan bagaimana kuatnya rasa kebersamaan dan solidaritas antar sesama anggota masyarakat.

Ibu-ibu desa yang dikisahkan dalam film ini rela menempuh perjalanan jauh untuk menjenguk salah satu anggota mereka yang sedang sakit.

Sikap kepedulian dan gotong royong: Film ini juga menunjukkan bagaimana pentingnya sikap kepedulian dan gotong royong dalam masyarakat.

Baca Juga: Indigo Itu Penyakit Atau Apa Sih? Simak Ini Dia Penjelasannya Menurut Medis

Ibu-ibu desa yang dikisahkan dalam film ini saling membantu dan mendukung satu sama lain, baik dalam suka maupun duka.

Kekuatan media sosial: Film ini juga menunjukkan bagaimana kekuatan media sosial dapat digunakan untuk menyebarkan informasi dan pesan.

Cerita tentang Bu Lurah yang sakit yang dibagikan oleh Bu Tejo melalui WhatsApp menjadi viral dan membuat warga desa berbondong-bondong untuk menjenguknya.