Melepas Kepergian Mengejutkan Moonbin ASTRO

Moonbin ASTRO meninggal saat usianya 25 tahun, dia ditemukan di rumah sudah tak bernyawa oleh manajernya.

Melepas Kepergian Mengejutkan Moonbin ASTRO
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabar duka datang dari dunia Kpop. Moonbin ASTRO meninggal dunia pada Rabu (19/4) malam waktu Indonesia. Ia meninggal dunia pada usia 25 tahun. 

Berita Moonbin ASTRO meninggal dunia muncul beberapa jam setelah kabar rencana konsernya bersama member ASTRO yang lain, Sanha, di Indonesia dibatalkan. Rencananya, konser itu digelar pada 13 Mei 2023.

Moonbin lahir pada 26 Januari 1998. Pria kelahiran Cheongju, Chungbuk ini ditemukan meninggal di rumahnya di Gangnam, Seoul, Korea Selatan oleh manajernya yang segera menghubungi kepolisian.

Kepolisian Gangnam menduga Moonbin meninggal lantaran bunuh diri. Meski begitu, Fantagio selaku agensi belum memberikan pernyataan secara resmi.

Moonbin adalah penyanyi, aktor, dancer, dan model di bawah label Fantagio. Dia juga anggota Moonbin&Sanha yang merupakan sub unit Astro.

Karier Moonbin dimulai dari kecil pada 2004. Namanya mulai terkenal sejak muncul pada 2006 ketika muncul di video musik TVXQ sebagai versi mini U-Knoq Yunho di lagu 'Ballons'.

Akting pertama Moonbin dimulai pada 2009 ketika itu dia dapat peran di drama Korea 'Boys over Flowers'.

Debut Moonbin di Astro terjadi pada 23 Februari 2016 bersama lima anggota lainnya yang sempat menghasilkan lagu Hide & seek.

[Gambas:Video CNN]

Pada 2018, dia menjadi bagian serial The Ultimate Watchlist of Latest Trends untuk dua musim. Lalu pada 2019,Moonbin dikonfirmasi memerankan Jung Oh-je di Moments of Eighteen.

Pada 2019 Fantagio mengumumkan Moonbin absen dari promosi karena masalah kesehatan. Pada 14 Februari 2020 Moonbin muncul bersama anggota Astro lainnya mengakhiri masa kosong dia.

Dia sempat menjadi host acara musik Korea, pemeran utama di drama Korea serta jadi model sebelum akhirnya pada 14 September 2020 jadi bagian Moonbin & Sanha bersama Yoon San-ha merilis single 'Bad Idea' di album In-Out.

Pada 30 Desember 2022 Fantagio merilis pernyataan Moonbin telah memutuskan menandatangani kontrak baru.

Moonbin & Sanha sebenarnya sedang gencar promosi, pada Maret lalu mereka telah memulai Fan Con Tour: [Diffusion] dari Seoul. Setelahnya mereka ke Bangkok pada 25 Maret dan dijadwalkan ke Macau pada 22 April.

Moonbin & Sanha juga sudah diagendakan ke Taipei pada 30 April, Jakarta pada 13 Mei, Tokyo dan Osaka (Jepang) pada 20 Mei, 22 dan 23 Mei.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, promotor konser Moonbin dan Sanha ASTRO di Indonesia mengumumkan acara itu dibatalkan karena alasan yang tak disebutkan.

[Gambas:Video CNN]

Moonbin merupakan salah satu member ASTRO yang sempat berbaik hati meluangkan waktunya untuk berbagi cerita dengan penggemar dan pembaca CNNIndonesia.com beberapa kali.

Selama sejumlah proses itu pula, Moonbin meninggalkan kesan yang mendalam. Ia pun pernah berbagi soal kesukaannya, baik tentang musik maupun dalam hidupnya melalui wawancara dengan CNNIndonesia.com.

Kepergian Moonbin ASTRO yang mendadak ini pun bukan hanya meninggalkan duka bagi penggemarnya, AROHA, tetapi juga orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya.

Moonbin ASTRODalam sebuah wawancara dengan CNNIndonesia.com, Moonbin ASTRO pernah mengungkapkan betapa dukungan dari para AROHA begitu berarti bagi dirinya. (Fantagio Music)

Dalam sebuah wawancara dengan CNNIndonesia.com, Moonbin ASTRO pernah mengungkapkan betapa dukungan dari para AROHA begitu berarti bagi dirinya.

"Sebenarnya, sulit memberikan cinta tanpa syarat. Itu bukan hal mudah, bahkan untuk keluarga itu juga hal sulit," kata Moonbin pada Januari 2023.

"Namun, mereka terus mendukung kami tanpa syarat apa pun dengan menunjukkannya secara langsung atau menuliskannya, saya merasa itu sangat membantu kami." katanya.

CNNIndonesia.com mengucapkan belasungkawa mendalam kepada keluarga besar ASTRO, Fantagio, AROHA, dan pada siapapun yang merasa kehilangan atas kepergian Moonbin.

Bagi pembaca yang ingin mengenang kembali kebersamaan dengan Moonbin ASTRO melalui wawancara dengan CNNIndonesia.com, bisa dilihat di sini.

Rest in love, Moonbin. Dirimu akan selalu ada di hati kami.

(fea)