Melalui Layar: 5 Film Indonesia yang Menggali Isu Kesehatan Mental

Film dengan isu kesehatan mental sangat diminati saat ini, karena banyak hal yang mulai disadari, yang membuat penonton merasa relate dengan isu yang diangkat.

Melalui Layar: 5 Film Indonesia yang Menggali Isu Kesehatan Mental
image

SUKABUMIUPDATE.com - Industri film Indonesia kini telah banyak menggali tema-tema yang sangat kompleks dan mendalam, termasuk isu-isu kesehatan mental yang seringkali dianggap tabu. Berbagai film Indonesia telah mencoba mengangkat isu kesehata mental dengan cara yang beragam, memberikan pandangan baru dan pencerahan tentang kompleksitas kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa film Indonesia yang berhasil menggali isu kesehatan mental dengan berbagai pendekatan.

1. A Copy Of My Mind (2015)

Film ini diarahkan oleh Joko Anwar yang menyajikan sebuah cerita cinta yang sangat dramatis karena terjalin ditengah ketegangan politik di Jakarta. Meskipun bukan film yang secara eskplisit membahas isu kesehatan mental, “A Copy Of My Mind” ini secara implisit menggambarkan beban psikologi yang dialami oleh para tokoh di tengah suasana kota yang tidak menentu.

Kesulitan hidup dan tekanan eksternal dapat memberikan pandangan tentang bagaimana kondisi sosial dan politik yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

2. Terbang Menembus Langit (2018)

Film ini mengangkat sebuah kisah nyata dari kehidupan seorang pilot yang memiliki gangguan kesehatan mental yaitu bipolar. Dengan penuh empati, film “Terbang menembus Langit” ini menyajikan perjalanan hidup yang sangat berliku, dan juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh seseorang yang berjuang dengan gangguan mental.

Film ini tidak hanya memberikan pemahaman lebih mendalam tentang bipolaritas, tetapi juga menunjukan pentingnya dukungan sosial dalam pemulihan penderitanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Dokumenter Yang Wajib Ditonton, Kisah Nyata Inspiratif!

3. Filosofi Kopi 2: Ben &Jody (2017)

Film ini merupahkan sekuel dari “Filosofi Kopi,” dalam sekuel ini lebih menggali lebih dalam karakter Ben, yang hidupnya diwarnai oleh rahasia kelam dan perjuangan dengan trauma masa lalu.

Meskipun secara utama berkisah tentang perjalanan karakter, “Filosofi Kopi 2” menyentuh isu-isu psikologi yang kompleks, menyoroti bagaimana pengalaman masa lalu dapat membentuk kondisi kesehatan mental seseorang.

4. Melancholy Is A Movement (2015)

Film ini menceritakan bagaimana kisah seorang perempuan yang merasakan kehampaan hidup dan kesepian di tengah hirup pikuk kota metropolita Jakarta. “Melancholy Is a Movement” ini juga mencoba untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya mendengarkan dan memahami perasaaan orang lain.

Dengan menggambarkan keseharian dari tokoh utamanya, film ini berhasil untuk mengajak penonton merenung tentang kesehatan mental yang terjadi di tengah kompleksitas kehidupan modern.

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film ini lebih dikenal dengan teman dan biopik tokoh perjuangan nasional, namun dibalik itu, film ini berhasil menyentuh sisi psikologi dari si tokoh utama yaitu Tjokroaminoto. Di sini perjuangannya ditunjukan dalam melawan penjajahan, film “Guru Bangsa:Tjokroaminoto” juga memberikan gambaran tentang sebuah tekanan dan konflik internal yang di alaminya.

Dari sisi lain, film juga berhasil menunjukan sisi emosional dan psikologis tokoh utama yang dapat memberikan refleksi kesehatan mental dalam menghadapi tantangan besar. .
Ada lebih banyak lagi film-film indonesia yang membahas kesehatan mental dan memberikan keberagaman perspektif dalam pendekatan para sineas untuk menyampaikan pesan mereka. Dari kisah cinta hingga perjuangan sejarah, setiap film tentunya akan membawakan nuansa yang unik dalam merangkai narasi kesehatan mental.

Tentu, diharapkan eksplorasi isu-isu ini bisa menjadi suatu langkah positif dalam mengurangi stigma negatif terkait kesehatan mental dan membuka pintu untuk dialog yang lebih luas di masyarakat.