Urutan Film Narnia, Kisah Petualangan Fantasi bersama Aslan

Narnia adalah dunia fiksi yang diciptakan oleh Clive Staples Lewis alias C.S. Lewis, novelis asal Inggris. Berikut urutan film Narnia.

Urutan Film Narnia, Kisah Petualangan Fantasi bersama Aslan
Jakarta, CNN Indonesia --

Narnia adalah dunia fiksi yang diciptakan oleh Clive Staples Lewis alias C.S. Lewis, novelis asal Inggris. Kisah petualangan di dunia Narnia dituangkan dalam beberapa novel bertajuk The Chronicles of Narnia.

Namun, Walt Disney Pictures mengadaptasi kisah di negeri Narnia menjadi film berseri. Urutan film Narnia pertama dirilis pada 2005.

Sebenarnya, C.S. Lewis menciptakan kisah di negeri Narnia dalam novel berseri. Totalnya, ada tujuh seri novel bertajuk The Chronicles of Narnia.

Berikut urutan novel Narnia.

  1. The Lion, the Witch, and the Wardrobe (1950)
  2. Prince Caspian (1951)
  3. The Voyage of The Dawn Treader (1952)
  4. The Silver Chair (1953)
  5. The Horse and His Boy (1954)
  6. The Magician's Nephew (1955)
  7. The Last Battle (1956)

Urutan Film Narnia

The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader (2010)Urutan film Narnia, kisah petualangan fantasi bersama Aslan (Fox 2000 Pictures via Imbd)

Ketika diadaptasi menjadi film, rangkaian kisah Narnia hanya dituangkan dalam tiga judul film saja. Berikut masing-masing judul film dan tahun rilisnya.

  1. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005)
  2. The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008)
  3. The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader (2010)

Film-film Narnia yang tayang berdasarkan urutan kisah yang ada di seri novel. Artinya, sebagian kisahnya belum dituangkan ke dalam film.

Kabarnya, ada penurunan pendapatan sehingga rangkaian film Narnia tidak dilanjutkan, meski keuntungan yang didapat masih menutup pengeluaran untuk produksi film.

Sinopsis Film Narnia

Setelah mengetahui urutan film Narnia berdasarkan tahun rilisnya, berikut sinopsis dari masing-masing film.

1. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005)

Film pertama dari rangkaian kisah Narnia ini mengisahkan awal mula dimulainya petualangan di negeri Narnia.

Mulanya, empat orang kakak beradik harus mengungsi dari rumah mereka ke rumah Profesor Digory Kirke karena dampak Perang Dunia II.

Mereka adalah Peter (William Moseley), Susan (Anna Popplewell), Edmund (Skandar Keynes), dan Lucy (Georgie Henley).

Suatu hari, mereka bermain petak umpat dan Lucy ingin bersembunyi di dalam sebuah lemari. Ketika membuka pintu lemari tersebut, Lucy justru masuk ke Narnia.

Ia bertemu dengan seorang faun bernama Mr. Tumnus (James McAvoy) yang menceritakan bahwa Narnia adalah sebuah negeri yang tengah dikutuk mengalami musim dingin selama 100 tahun oleh Penyihir Putih (Tilda Swinton).

Setelah itu, Lucy kembali membuka pintu lemari dan masuk ke kehidupan nyata lagi. Ia menceritakan kisah Narnia kepada saudara-saudaranya. Setelah itu, mereka mengunjungi Narnia dan memulai petualangan bersama.

Mulai dari berkemah di Narnia, diserang serigala, bertemu singa penguasa Narnia bernama Aslan (Liam Neeson), menyelamatkan Edmund dari Penyihir Putih, hingga akhirnya dinobatkan menjadi Raja dan Ratu Narnia.

2. The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008)

Pada film kedua ini, Peter, Susan, Edmund, dan Lucy beranjak dewasa. Suatu ketika, mereka berangkat sekolah menggunakan kereta, tapi tiba-tiba terowongan kereta lenyap dan berubah menjadi gerbang menuju Narnia.

Rupanya, mereka terpanggil masuk ke Narnia karena terpanggil oleh Pangeran Caspian (Ben Barnes) yang meniup terompet Susan. Pangeran Caspian meminta bantuan Raja dan Ratu Narnia untuk melawan Lord Miraz, pengkhianat yang membunuh Raja Telmarine.

Pangeran Caspian adalah anak dari Raja Telmarine yang seharusnya mewariskan tahta, tetapi direbut oleh Lord Miraz. Mereka pun berusaha membantu Pangeran Caspian untuk merebut kembali kekuasaan dari Lord Miraz.

Mereka pun membuat kesepakatan untuk bertarung satu lawan satu dengan Lord Miraz. Peter yang maju melawan Lord Miraz dapat memenangi pertarungan, lalu memberikan pedangnya kepada Pangeran Caspian untuk membalas dendam.

Namun, Pangeran Caspian tidak tega untuk membunuh Lord Miraz. Ketika Lord Miraz lolos, tangan kanannya Lord Sopespian justru menikamnya dan menuduh bangsa Narnia yang membunuh Lord Miraz.

Pasukan mereka pun menyerang Peter dan kawan-kawan sampai akhirnya datang pertolongan dari Aslan yang menggerakkan seluruh pepohonan dan air sungai untuk melawan pasukan Lord Sopespian.

Setelah itu, Aslan membuat pintu baru yang dapat mengantarkan Peter, Susan, Edmund, dan Lucy kembali ke dunia nyata.

3. The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader (2010)

Kisah petualangan di negeri Narnia berlanjut ketika Edmund dan Lucy sudah dewasa. Peter dan Susan sudah hidup terpisah dari mereka.

Sementara Edmund dan Lucy tinggal di rumah sepupu mereka, Eustace (Will Poulter) yang menjengkelkan karena suka mengolok-olok mereka tentang Narnia.

Suatu ketika, sebuah lukisan di rumah Eustace yang mirip dengan pemandangan Narnia mengeluarkan air hingga membuat Edmund, Lucy, dan Eustace tenggelam.

Ketika mereka berusaha mencapai permukaan air tersebut, mereka justru muncul di lautan Narnia. Pangeran Caspian kemudian menyelamatkan mereka dan menceritakan kondisi terbaru Narnia.

Rupanya, Pangeran Caspian tengah mencari tujuh bangsawan Telmarine yang hilang. Para bangsawan diduga hilang di Lone Island.

Mereka pun memulai petualangan di Lone Island dengan menguak kisah misterius tentang asap hijau yang menghilangkan para bangsawan. Untuk mencari para bangsawan, mereka berusaha mengumpulkan pedang tujuh bangsawan yang menjadi penuntun mereka.

Itulah penjelasan mengenai urutan film Narnia dan sinopsisnya. Semoga bermanfaat dan selamat menonton kembali film-film Narnia!

(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]