Timo Tjahjanto Ungkap Misi Pribadi Buat Pulau Bersi di The Big 4

Timo Tjahjanto mengaku ada misi pribadi di balik membuat pulau fiksi, Pulau Bersi, untuk film The Big 4.

Timo Tjahjanto Ungkap Misi Pribadi Buat Pulau Bersi di The Big 4
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Timo Tjahjanto mengungkapkan alasan membuat Pulau Bersi, pulau tropis fiktif yang menjadi latar utama The Big 4. Menurutnya, itu adalah misi pribadi yang disalurkan lewat film terbarunya yang mengusung genre laga komedi.

Meski mengaku tak banyak, Timo Tjahjanto ingin menampilkan sisi lain dari Indonesia yang bukan hanya berkutat di Pulau Jawa.

"Juga memang misi gue dari pertama adalah gue ingin sedikit memperkenalkan bahwa Indonesia bukan Jawa aja, tapi ada bagian dari timurnya juga," kata Timo Tjahjanto dalam konferensi pers The Big 4 di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (15/12).

Misi itu yang kemudian ia tuangkan dalam proses kreatif pembuatan Pulau Bersi untuk The Big 4. Keberagaman pulau di Indonesia dengan keindahannya masing-masing disatukan menjadi Pulau Bersi.

Di sisi lain, pulau itu juga dibuat berdasarkan kecintaannya pada urban decay, kemerosotan kota yang dapat disebabkan oleh konflik atau kehancuran kota secara bertahap.

"Gue suka banget dengan urban decay, jadi kayak bikin film yang berlatar di kota yang penuh dengan keabu-abuan segala macam," tutur Timo.

"Untuk ini gue ingin bikin yang fresh, yang mana sebenarnya sedikit banyak tentang keindahan Indonesia. Tapi gue sendiri enggak ingin bilang kayak secara spesifik bahwa ini daerah Tasikmalaya atau apa," lanjutnya.

Oleh sebab itu, Pulau Bersi menyisipkan sejumlah detail dengan referensi daerah-daerah di Indonesia agar mendapatkan kesan tropis, termasuk para warga yang menampilkan karakteristik masing-masing.

"Gue pengin menciptakan sebuah kumpulan daerah Indonesia yang akhirnya mendapatkan feel yang tropis dan colorful," tutur Timo.

"Akhirnya terjadilah Pulau Bersi ini, yang mana walaupun fiksi tetapi kami sedikit ambil dari Bali, dari Timor. Jadi kayak orang-orang yang menghabitasi pulau ini pun ada warnanya tersendiri," lanjutnya.

The Big 4 merupakan film Indonesia terbaru arahan Timo Tjahjanto yang mengusung genre laga-komedi. Film itu mengisahkan empat mantan pembunuh bayaran dan seorang detektif terlibat dalam misi mengungkap kasus pembunuhan.

Selain menjadi sutradara, Timo juga bertindak sebagai produser bersama Wicky V. Olindo dan penulis skenario bersama Johanna Wattimena.

Sederet aktor Indonesia bergabung dalam film laga-aksi ini, seperti Abimana Aryasatya, Arie Kriting, Lutesha, Kristo Immanuel, dan Putri Marino.

Selain itu, film ini juga dibintangi Marthino Lio, Michelle Tahalea, Willem Bevers, Andri Mashadi, Michael Kho, dan Budi Ros.

The Big 4 tayang 15 Desember dan bisa ditonton di Netflix. 

[Gambas:Youtube]

(frl/chri)

[Gambas:Video CNN]