Lengkap, 10 Negara dengan Penduduk IQ Tertinggi dan Terendah di Dunia

Mana saja 10 negara dengan IQ tertinggi dan terendah di dunia?

image

TEMPO.CO, JakartaIntelligence Quotient (IQ) adalah ukuran tingkat kecerdasan manusia yang diukur melalui serangkaian tes. Kebanyakan orang memiliki skor IQ antara 85 dan 115. Semakin tinggi skor IQ seseorang, itu artinya semakin cerdas pula orang tersebut. Skor IQ juga mencerminkan kualitas pendidikan dan sumber daya suatu wilayah atau negara

Beberapa peneliti bahkan menggunakan IQ untuk menentukan negara terpintar di dunia. Sebuah riset tahun 2019 yang dilakukan Richard Lynn dan David Becker dari Ulster Institute, memperoleh hasil 10 negara yang memiliki skor IQ tertinggi di dunia. Skor tersebut diperoleh dari rata-rata responden selama riset. Lebih jelasnya, berikut daftar 10 negara dengan IQ tertinggi di dunia melansir dari World Population Review. 

Daftar Negara Dengan Penduduk IQ Tertinggi

  1. Jepang

Jepang menempati urutan pertama sebagai negara dengan penduduk IQ tertinggi di dunia. Penduduk Jepang rata-rata memiliki IQ 106,49. Sistem pendidikan Jepang sering disebut sebagai faktor kunci dalam tingginya IQ dan tingkat melek huruf di negara itu. Namun ada juga faktor budaya dan sosial lainnya yang berkontribusi pada kesuksesan intelektual negara Jepang.

  1. Taiwan

Sebagai negara dengan penduduk IQ tinggi kedua di dunia, rata-rata penduduk Taiwan memiliki IQ 106,47. Selain dikenal dikenal dengan kemajuan dan inovasi teknologinya, tingginya rata-rata IQ penduduk Taiwan membuktikan bahwa negara tersebut memiliki komitmen kuat terhadap pendidikan dan pengajaran intelektual. 

  1. Singapura

Skor IQ rata-rata penduduk Singapura adalah 105,89. Fokus negara pada bidang pendidikan tercermin dalam sekolah-sekolah di negara tersebut yang secara konsisten menempati peringkat terbaik di dunia.

  1. Hong Kong (Tiongkok) 

Rata-rata penduduk Hong Kong memiliki IQ 105,37. Populasi penduduk Hong Kong dikenal memiliki pikiran tajam dan pemikiran cepat. Maka tidak heran jika Hong Kong terus menjadi salah satu kota paling dinamis dan inovatif di dunia.

  1. China

Dengan IQ penduduk rata-rata 104,1, Cina menempati urutan ke-5 negara dengan IQ tertinggi di dunia. Sistem pendidikan yang digunakan memang sangat kompetitif karena siswa harus menghadapi tekanan kuat untuk berprestasi secara akademik. Tetapi hal tersebut telah menghasilkan budaya ketekunan, kegigihan, dan keunggulan akademik yang dibuktikan dengan rata-rata IQ-nya