Refund AirAsia Belum Cair Setelah Lebih dari Enam Bulan

Pada tanggal 3 September 2022, saya memesan tiket penerbangan AirAsia untuk 2 (dua) orang,  dari Bandung (BDO) ke HongKong (HKG) pulang pergi (penerbangan..

Refund AirAsia Belum Cair Setelah Lebih dari Enam Bulan

Pada tanggal 3 September 2022, saya memesan tiket penerbangan AirAsia untuk 2 (dua) orang,  dari Bandung (BDO) ke HongKong (HKG) pulang pergi (penerbangan terkoneksi yang dijamin AirAsia dari Bandung 17-Des-2022 via Kuala Lumpur KUL lalu ke HongKong, demikian pula kembalinya 14-Jan-2022). Pesanan telah dibayar lunas menggunakan kartu kredit, senilai (IDR) Rp10.945.847. Adapun konfirmasi pemesanannya  adalah PNR: K1I37P (terlampir screenshot travel itinerary yang diterima via email).

Pada tanggal 14 Oktober 2022, saya mendapat email bahwa penerbangan QZ172 dari Bandung ke Kuala Lumpur (KUL) dan QZ173 dari Kuala Lumpur ke Bandung DIBATALKAN oleh AirAsia (terlampir screenshot dari email yang saya terima), setelah sebelumnya ada juga pemberitahuan penjadwalan ulang penerbangan (terlampir screenshot dari email yang saya terima).

Mengingat kedua penerbangan yang dibatalkan tersebut merupakan bagian dari connecting flight BDO-HKG dan HKG-BDO, maka pada tanggal 15 Oktober 2022 saya membatalkan pesanan dengan kode PNR: K1I37P itu seluruhnya dan mengajukan pengembalian dana ke kartu kredit, yang sebelumnya digunakan untuk membayar pesanan tersebut. Adapun case number: 112685996 (terlampir screenshot dari email 112685996 – Refund Request Validated K1I37P).

Pada tanggal 9 November 2022, saya menerima email dengan subjek “Credit request successful (Booking no: K1I37P)“, yang menyatakan bahwa “your credit account request successful“. Padahal saya mengajukan pengembalian dana ke kartu kredit yang sebelumnya digunakan dan tidak ada pengembalian dana ke credit account saya dan status laporan “payment made to bank“, tapi dananya tidak kunjung masuk.

Setelah mencoba berkali-kali untuk menghubungi staf via chatbot (AVA waktu itu) dan setelah menunggu cukup lama dalam antrean, akhirnya pada tanggal 21 Februari 2023 saya berhasil berkomunikasi via chat, dengan agen yang menggunakan nama Yoshi. Namun kembali diminta untuk menunggu lagi jawaban via email.

Status case number tersebut berubah dari “Payment made to Bank” menjadi “Invalid detail in submission“. Oleh karenanya saya mencoba kembali berkali-kali melalui chatbot BO, berputar-putar tanpa hasil dan tidak menemukan cara berkomunikasi dengan agen sebagaimana sebelumnya.

Saya pun telah mengirimkan email mengenai hal ini ke [email protected] sebanyak dua kali. Namun jawabannya selalu diarahkan menggunakan chatbot BO. Selain itu saya pun telah mengirimkan email yang sama ke [email protected] dan [email protected]. Namun sampai surat/artikel ini dibuat tidak ada tanggapan, demikian pula halnya melalui telepon ke nomor +622129270880, yang hanya dilayani oleh mesin penjawab dan diminta menyampaikan nama dan no telepon yang dapat dihubungi. Namun sampai surat/artikel ini dibuat tidak ada tindaklanjutnya. Sepertinya jalur komunikasi resmi dengan AirAsia telah buntu.

Oleh karenanya saya mencoba untuk menggunakan surat terbuka/artikel di mediakonsumen.com agar pengembalian dana dari AirAsia dapat segera saya terima.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah berkenan untuk mempublikasikan keluhan saya sebagai konsumen.

Judea J. Jarden
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AirAsia:
[Total:0    Rata-Rata: 0/5]